Proposal Usaha Kopi Bubuk ~ Untuk memulai usaha kopi bubuk ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan, salah satunya adalah proposal usaha. Dengan adanya proposal usaha yang bagus akan memudahkan Anda untuk menarik minat investor.
Hal yang perlu diperhatikan ketika menyusun proposal usaha adalah kelengkapan informasi, penjabaran informasi yang jelas terkait usaha yang ingin Anda bangun, dan sebagainya. Berikut adalah contoh proposal usaha kopi bubuk yang bisa Anda download.
Download Proposal Usaha Kopi Bubuk
Proposal Usaha Kopi Bubuk Arabika Khas Bali
BAB 1 : Pendahuluan
Latar Belakang
Melihat masyarakat Indonesia yang gemar minum kopi membuat kami tertarik untuk mengembangkan bisnis di sektor perkopian, khususnya untuk memproduksi kopi bubuk.
Pasalnya, kopi bubuk bisa dijual secara fleksibel dengan menggunakan kemasan yang kekinian. Oleh sebab itu, kami berasumsi bahwa berbisnis kopi bubuk akan memberikan keuntungan tersendiri.
Selain itu, alasan utama kami ingin mendirikan usaha kopi bubuk adalah target pasarnya cukup luas. Hampir semua masyarakat Indonesia gemar minum kopi, baik itu dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua.
Dengan membuat kopi bubuk berkualitas, tentu kami yakin bahwa produk kopi yang kami buat akan mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.
Kopi bubuk yang kami kembangkan adalah kopi bubuk Arabika yang berasal dari Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.
Kopi bubuk Arabika Kintamani dipilih karena memiliki citarasa yang khas, yakni bercita rasa jeruk. Selain itu, Kopi bubuk Arabika Kintamani juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, khususnya untuk masyarakat Bali.
Selain untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, usaha ini juga bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran dengan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dengan optimal.
Konsep Usaha
Konsep usaha ini adalah memproduksi kopi bubuk Arabika khas Kintamani dengan biji kopi pilihan, serta proses pengolahan yang modern dan mengedepankan kualitas produksi.
Visi Misi
Untuk membuat usaha ini berkembang dengan pesat, tentu kami memiliki tujuan dan harapan pada usaha ini yang dituangkan ke dalam visi misi perusahaan. Adapun visi misi dari usaha ini adalah sebagai berikut.
Visi
Membuat Kopi Bubuk Arabika Khas Bali bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas sehingga membuat usaha ini bisa berkembang dengan pesat.
Misi
- Meningkatkan penjualan yang maksimal.
- Meningkatkan kualitas produksi yang sesuai dengan standar mutu kelayakan.
- Memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua konsumen.
- Mendapatkan keuntungan yang maksimal.
- Memanfaatkan sumber daya yang ada dengan optimal.
BAB 2 : Analisis SWOT
Strength (Kekuatan)
- Memiliki citarasa yang khas, yakni bercita rasa jeruk.
- Kualitas produksi yang baik dan dijamin higienis.
- Bahan untuk memproduksi kopi bubuk sangat berlimpah.
- Kami menggunakan kemasan kekinian yang ramah lingkungan.
Weakness (Kelemahan)
- Modal untuk mengembangkan usaha ini masih terbatas.
- Alat produksi masih seadanya sehingga jumlah produksinya belum maksimal.
Opportunity (Peluang)
- Target pasar cukup luas dan bisa menjangkau hampir semua wilayah yang ada di Indonesia.
- Permintaan terhadap Kopi Bubuk Arabika Kintamani cukup banyak dan belum bisa terpenuhi secara maksimal.
- Banyak masyarakat dari berbagai kalangan yang gemar minum kopi.
Threat (Ancaman)
- Harga kopi yang fluktuatif cenderung membuat cost produksi tidak menentu.
- Persaingan antar kompetitor juga semakin ketat.
- Kompetitor yang memiliki modal berlebih bisa dengan mudah mengungguli bisnis ini.
BAB 3 : Rencana Usaha
Nama Usaha :
Nama usaha yang kami pilih adalah “Kopi Bubuk Arabika Khas Bali”. Nama tersebut dipilih sebagai branding produk agar konsumen lebih gampang mengenali.
Produk yang Dihasilkan :
Produk yang dihasilkan dari usaha ini adalah kopi bubuk Arabika khas Kintamani dengan beberapa varian berdasarkan roast level, yakni light roast, medium roast, dan, dark roast.
Harga yang Ditawarkan :
- Kopi bubuk light roast : Rp 20.000
- Kopi bubuk Medium roast : Rp 25.000
- Kopi bubuk Dark roast : Rp 30.000
Target Market :
Target market yang kami sasar adalah para pemuda yang berusia 20 tahun hingga orang dewasa yang berusia 40 tahun.
Strategi Pemasaran :
Berikut adalah promosi yang kami terapkan untuk mendongkrak penjualan dari Kopi Bubuk Arabika Khas Bali.
- Banner dan brosur : Untuk menambah ketertarikan pada konsumen yang berada di sekitar lokasi.
- Sosial media : Untuk membuat konten dan branding produk.
- Fb ads : Facebook Ads diperlukan untuk bisa mempromosikan kepada calon konsumen dengan jangkauan yang lebih luas.
Sistem Usaha :
Usaha ini dipasarkan secara offline dan online. Bagi masyarakat atau konsumen yang berada di sekitar lokasi bisa langsung datang ke outlet untuk membeli Kopi Bubuk Arabika Khas Bali.
Kami juga menjual Kopi Bubuk Arabika Khas Bali di beberapa e-commerce seperti Lazada dan Tokopedia. Tujuannya untuk memudahkan konsumen yang berada di luar kota untuk membeli Kopi Bubuk Arabika Khas Bali.
Sistem Pembagian Hasil :
Karena usaha ini masih cukup awal, kami ingin mengajak Bapak/Ibu untuk bekerja sama dalam membangun usaha ini menuju arah yang lebih baik. Sistem kerja sama yang kami tawarkan adalah patungan.
Estimasi modal awal yang dibutuhkan untuk membangun usaha ini adalah Rp 50.000.000. Untuk konsep patungannya bisa 50% – 50% dari total modal yang dibutuhkan.
Pembagian hasil akan dilakukan setiap satu bulan sekali berdasarkan laba bersih yang diperoleh pada tiap bulannya.
BAB 4 : Analisis Keuangan
Modal yang Dibutuhkan :
Peralatan
Keterangan | Harga |
Etalase | Rp 2.000.000 |
Kursi | Rp 400.000 |
Meja | Rp 400.000 |
Lainnya | Rp 500.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Biaya |
Sewa Tempat | Rp 4.000.000 |
Renovasi | Rp 2.000.000 |
Karyawan
Keterangan | Biaya |
Tim Produksi | Rp 6.000.000 |
Pramuniaga | Rp 4.000.000 |
Bahan
Keterangan | Harga |
Biji Kopi | Rp 2.000.000 |
Gula | Rp 400.000 |
Garam | Rp 300.000 |
Kemasan | Rp 1.000.000 |
Bahan lainnya | Rp 500.000 |
Operasional Outlet
Keterangan | Harga |
Listrik | Rp 100.000 |
Peralatan kebersihan | Rp 50.000 |
Lain-lain | Rp 400.000 |
Promosi
Keterangan | Harga |
Banner | Rp 200.000 |
Brosur | Rp 500.000 |
FB Ads | Rp 2.000.000 |
Harga Pokok Produksi (HPP)
Produk | HPP | Harga Jual | Keuntungan |
Kopi Bubuk Light Roast | Rp 10.000 | Rp 20.000 | Rp 10.000 |
Kopi Bubuk Medium Roast | Rp 11.000 | Rp 25.000 | Rp 14.000 |
Kopi Bubuk Dark Roast | Rp 12.000 | Rp 30.000 | Rp 18.000 |
Perkiraan Keuntungan
Produk | Target Penjualan Per Hari | Profit Kotor Per Hari |
Kopi Bubuk Light Roast | 60 Pcs | Rp 600.000 |
Kopi Bubuk Medium Roast | 50 Pcs | Rp 700.000 |
Kopi Bubuk Dark Roast | 30 Pcs | Rp 540.000 |
Total | 140 Pcs | Rp 1.840.000 |
Estimasi Balik Modal
Keterangan | Rincian Estimasi |
Profit Kotor Bulanan | Rp 55.200.000 |
Biaya Operasional | Rp 20.000.000 |
Profit Bersih Bulanan | Rp 35.200.000 |
BAB 5 : Penutup
Demikian proposal usaha ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Saya sangat berharap bahwa Bapak/Ibu tertarik dengan usaha ini dan bisa bekerja sama untuk mengembangkan, serta memajukan usaha Kopi Bubuk Arabika Khas Bali.