Contoh Proposal Usaha Kopi Bubuk (Download DOC)

Proposal Usaha Kopi Bubuk ~ Untuk memulai usaha kopi bubuk ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan, salah satunya adalah proposal usaha. Dengan adanya proposal usaha yang bagus akan memudahkan Anda untuk menarik minat investor.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menyusun proposal usaha adalah kelengkapan informasi, penjabaran informasi yang jelas terkait usaha yang ingin Anda bangun, dan sebagainya. Berikut adalah contoh proposal usaha kopi bubuk yang bisa Anda download.

Download Proposal Usaha Kopi Bubuk

Proposal Kopi Bubuk

(Download DOC)


Proposal Usaha Kopi Bubuk Arabika Khas Bali

BAB 1 : Pendahuluan

Latar Belakang

Melihat masyarakat Indonesia yang gemar minum kopi membuat kami tertarik untuk mengembangkan bisnis di sektor perkopian, khususnya untuk memproduksi kopi bubuk.

Pasalnya, kopi bubuk bisa dijual secara fleksibel dengan menggunakan kemasan yang kekinian. Oleh sebab itu, kami berasumsi bahwa berbisnis kopi bubuk akan memberikan keuntungan tersendiri.

Selain itu, alasan utama kami ingin mendirikan usaha kopi bubuk adalah target pasarnya cukup luas. Hampir semua masyarakat Indonesia gemar minum kopi, baik itu dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua.

Dengan membuat kopi bubuk berkualitas, tentu kami yakin bahwa produk kopi yang kami buat akan mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.

Kopi bubuk yang kami kembangkan adalah kopi bubuk Arabika yang berasal dari Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Kopi bubuk Arabika Kintamani dipilih karena memiliki citarasa yang khas, yakni bercita rasa jeruk. Selain itu, Kopi bubuk Arabika Kintamani juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, khususnya untuk masyarakat Bali.

Selain untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, usaha ini juga bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran dengan membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dengan optimal.

Konsep Usaha

Konsep usaha ini adalah memproduksi kopi bubuk Arabika khas Kintamani dengan biji kopi pilihan, serta proses pengolahan yang modern dan mengedepankan kualitas produksi.

Visi Misi

Untuk membuat usaha ini berkembang dengan pesat, tentu kami memiliki tujuan dan harapan pada usaha ini yang dituangkan ke dalam visi misi perusahaan. Adapun visi misi dari usaha ini adalah sebagai berikut.

Visi

Membuat Kopi Bubuk Arabika Khas Bali bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas sehingga membuat usaha ini bisa berkembang dengan pesat.

Misi

  • Meningkatkan penjualan yang maksimal.
  • Meningkatkan kualitas produksi yang sesuai dengan standar mutu kelayakan.
  • Memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua konsumen.
  • Mendapatkan keuntungan yang maksimal.
  • Memanfaatkan sumber daya yang ada dengan optimal.

BAB 2 : Analisis SWOT

Strength (Kekuatan)

  • Memiliki citarasa yang khas, yakni bercita rasa jeruk.
  • Kualitas produksi yang baik dan dijamin higienis.
  • Bahan untuk memproduksi kopi bubuk sangat berlimpah.
  • Kami menggunakan kemasan kekinian yang ramah lingkungan.

Weakness (Kelemahan)

  • Modal untuk mengembangkan usaha ini masih terbatas.
  • Alat produksi masih seadanya sehingga jumlah produksinya belum maksimal.

Opportunity (Peluang)

  • Target pasar cukup luas dan bisa menjangkau hampir semua wilayah yang ada di Indonesia.
  • Permintaan terhadap Kopi Bubuk Arabika Kintamani cukup banyak dan belum bisa terpenuhi secara maksimal.
  • Banyak masyarakat dari berbagai kalangan yang gemar minum kopi.

Threat (Ancaman)

  • Harga kopi yang fluktuatif cenderung membuat cost produksi tidak menentu.
  • Persaingan antar kompetitor juga semakin ketat.
  • Kompetitor yang memiliki modal berlebih bisa dengan mudah mengungguli bisnis ini.

BAB 3 : Rencana Usaha

Nama Usaha : 

Nama usaha yang kami pilih adalah “Kopi Bubuk Arabika Khas Bali”. Nama tersebut dipilih sebagai branding produk agar konsumen lebih gampang mengenali.

Produk yang Dihasilkan : 

Produk yang dihasilkan dari usaha ini adalah kopi bubuk Arabika khas Kintamani dengan beberapa varian berdasarkan roast level, yakni light roast, medium roast, dan, dark roast.

Harga yang Ditawarkan : 

  • Kopi bubuk light roast : Rp 20.000
  • Kopi bubuk Medium roast : Rp 25.000
  • Kopi bubuk Dark roast : Rp 30.000

Target Market : 

Target market yang kami sasar adalah para pemuda yang berusia 20 tahun hingga orang dewasa yang berusia 40 tahun. 

Strategi Pemasaran : 

Berikut adalah promosi yang kami terapkan untuk mendongkrak penjualan dari Kopi Bubuk Arabika Khas Bali.

  • Banner dan brosur : Untuk menambah ketertarikan pada konsumen yang berada di sekitar lokasi.
  • Sosial media : Untuk membuat konten dan branding produk.
  • Fb ads : Facebook Ads diperlukan untuk bisa mempromosikan kepada calon konsumen dengan jangkauan yang lebih luas.

Sistem Usaha : 

Usaha ini dipasarkan secara offline dan online. Bagi masyarakat atau konsumen yang berada di sekitar lokasi bisa langsung datang ke outlet untuk membeli Kopi Bubuk Arabika Khas Bali.

Kami juga menjual Kopi Bubuk Arabika Khas Bali di beberapa e-commerce seperti Lazada dan Tokopedia. Tujuannya untuk memudahkan konsumen yang berada di luar kota untuk membeli Kopi Bubuk Arabika Khas Bali.

Sistem Pembagian Hasil : 

Karena usaha ini masih cukup awal, kami ingin mengajak Bapak/Ibu untuk bekerja sama dalam membangun usaha ini menuju arah yang lebih baik. Sistem kerja sama yang kami tawarkan adalah patungan.

Estimasi modal awal yang dibutuhkan untuk membangun usaha ini adalah Rp 50.000.000. Untuk konsep patungannya bisa 50% – 50% dari total modal yang dibutuhkan.

Pembagian hasil akan dilakukan setiap satu bulan sekali berdasarkan laba bersih yang diperoleh pada tiap bulannya.

BAB 4 : Analisis Keuangan

Modal yang Dibutuhkan : 

Peralatan

KeteranganHarga
EtalaseRp 2.000.000 
KursiRp 400.000
MejaRp 400.000
LainnyaRp 500.000

Sewa Tempat

KeteranganBiaya
Sewa TempatRp 4.000.000
RenovasiRp 2.000.000

Karyawan

KeteranganBiaya
Tim ProduksiRp 6.000.000
PramuniagaRp 4.000.000

Bahan

KeteranganHarga
Biji KopiRp 2.000.000
GulaRp 400.000
GaramRp 300.000
KemasanRp 1.000.000
Bahan lainnyaRp 500.000

Operasional Outlet

KeteranganHarga
ListrikRp 100.000
Peralatan kebersihanRp 50.000
Lain-lainRp 400.000

Promosi

KeteranganHarga
Banner Rp 200.000
BrosurRp 500.000
FB AdsRp 2.000.000

Harga Pokok Produksi (HPP)

ProdukHPPHarga JualKeuntungan
Kopi Bubuk Light RoastRp 10.000 Rp 20.000 Rp 10.000
Kopi Bubuk Medium RoastRp 11.000Rp 25.000Rp 14.000 
Kopi Bubuk Dark RoastRp 12.000Rp 30.000Rp 18.000

Perkiraan Keuntungan

ProdukTarget Penjualan Per HariProfit Kotor Per Hari
Kopi Bubuk Light Roast60 PcsRp 600.000
Kopi Bubuk Medium Roast50 PcsRp 700.000
Kopi Bubuk Dark Roast30 PcsRp 540.000
Total140 PcsRp 1.840.000

Estimasi Balik Modal

KeteranganRincian Estimasi
Profit Kotor BulananRp 55.200.000
Biaya OperasionalRp 20.000.000
Profit Bersih BulananRp 35.200.000

BAB 5 : Penutup

Demikian proposal usaha ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Saya sangat berharap bahwa Bapak/Ibu tertarik dengan usaha ini dan bisa bekerja sama untuk mengembangkan, serta memajukan usaha Kopi Bubuk Arabika Khas Bali.

Bagikan Postingan: