Tugas dan Fungsi Finance Staff di Perusahaan

Tugas Finance Staff

Tugas Finance Staff ~ Sekilas jika kita mendengar tentang finance staff pasti kita akan berpikir tentang uang, orang yang mengenal uang atau orang yang pasti berhubungan dengan uang.

Lantas, apakah pengertian dan tugas Finance Staff Sebenarnya?

Pengertian Finance Staff

Secara bahasa, finance staff adalah staf atau karyawan keuangan. Dalam arti yang lebih panjang finance staff adalah orang, staf, karyawan atau divisi pada perusahaan yang bertanggung jawab untuk pengelolaan keuangan.

Uang yang dikelola bukan hanya uang yang masuk saja, akan tetapi juga uang yang akan di keluarkan oleh perusahaan. Secara garis besar, finance staff harus mengetahui semua pengelolaan keuangan perusahaan.

9 Tugas dan Fungsi Finance Staff Perusahaan

Di bawah ini merupakan 9 tugas seorang finance staff di perusahaan.

1. Mengumpulkan Dana Perusahaan

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa maupun barang sudah pasti membutuhkan dana atau modal untuk kebutuhan operasional. Dan ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus tetap terpenuhi jika perusahaan ingin terus ada.

Seorang staff finance harus mampu berfikir cerdas tentang pengumpulan dana, baik dari pinjaman modal, investasi, saham maupun pemasukan dari perusahaan.

2. Mengelola Keuangan Perusahaan

Ini adalah tugas pertama sebagai finance staff, melakukan pengelolaan keuangan agar tetap stabil. Seorang finance staff harus mampu melakukan budgeting dan analisis keuangan perusahaan secara detail. 

Tantangan bagi finance staff adalah biasanya pimpinan perusahaan akan meminta budgeting yang minim tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Kemudian finance staff akan diminta untuk presentasi di depan para pimpinan dan pemegang saham tentang budgeting yang telah dibuat dan tentang resiko yang kemungkinan terjadi dengan keuangan perusahaan.

3. Melakukan Pencatatan Keuangan

Keluar masuknya uang perusahaan harus tercatat dengan rapi dan teliti. Sekecil apapun transaksi yang dilakukan harus memiliki tanda bukti peruntukannya. jangan sampai karena keteledoran Finance Staff akan berdampak pada kas perusahaan.

4. Melakukan Eksekusi Pembayaran Perusahaan  

Perhitungan gaji karyawan juga merupakan tugas dari finance staff. Selain itu, finance staff  juga bertanggung jawab terhadap segala tagihan yang masuk ke perusahaan. Mulai dari tagihan PDAM, PLN, sewa gedung dan juga tagihan hutang perusahaan. 

Semua tagihan yang masuk harus direkap dengan rapi sebagai bukti untuk pelaporan bulanan kepada pimpinan perusahaan.

5. Mengecek Laporan Keuangan

Laporan keuangan ini biasanya dilakukan setiap bulan sekali. Biasanya terlebih dahulu dilakukan pada divisi finance sebelum diteruskan kepada pimpinan perusahaan.

Jika ditemukan angka yang tidak wajar, harus sesegera mungkin dilakukan investigasi, karena hal ini akan berdampak pada keadaan perusahaan.

6. Menyusun Semua Tagihan

Semua tagihan yang masuk ke perusahaan harus jelas tanggal jatuh temponya, jangan sampai sudah waktunya jatuh tempo finance staff lupa tidak membayar tagihan. Hal ini akan berpengaruh pada operasional perusahaan.

7. Mengelola Keuntungan Perusahaan

Ini adalah hal yang berat karena dibutuhkan berpikir cerdas dan kreatif untuk mengelola keuntungan secara tepat demi kemajuan perusahaan.

8. Mengajukan Kebijakan

Dalam mengengelola keuangan baik keuntungan maupun pengeluaran dibutuhkan kebijakan yang tepat agar perusahaan tetap profit. Disini dibutuhkan ketepatan dalam berfikir dan kecerdasan verbal dalam menyampaikan kepada pimpinan.

9. Mengurus Surat – surat berharga perusahaan

Surat – surat berharga adalah bukti aset perusahaan yang suatu saat bisa diuangkan. Biasanya beberapa perusahaan mempercayakan surat berharga kepada finance staff.

Kompetensi Yang Harus Dimiliki Finance Staff 

  • Akuntansi

Ini adalah ilmu utama yang harus dimiliki oleh seorang finance staff. Tanpa adanya ilmu akuntansi akan sangat mustahil tugas dapat dikerjakan dengan baik

  • Matematika dan Ilmu statistika

Kedua ilmu ini akan sangat membantu saat seorang finance staff melakukan analisis keuangan perusahaan, karena finance staff akan selalu bergelut dengan angka yang tidak kecil

  • Microsoft Excel

Perangkat lunak ini akan sangat membantu dalam proses perhitungan, merapikan data dan melaporkan dokumen keuangan. Tiga rumus microsoft excel yang harus benar – benar dikuasai adalah tabell pivot, VLOOKUP dan rumus IF.

  • Analisis

Kemampuan menganalisa ini biasanya dipengaruhi oleh jam terbang seorang finance staff. semakin lama jam terbangnya maka kemampuan menganalisanya pun semakin baik. 

Analis yang baik berfungsi untuk mengidentifikasi masalah saat ada angka yang tidak wajar pada proses pelaporan.

Bagikan Postingan: