Contoh Proposal Usaha Keripik Kentang (Download DOC)

Proposal Usaha Keripik Kentang – Proposal usaha menjadi salah satu dokumen penting dalam menjalankan sebuah bisnis mengingat fungsinya tidak terbatas untuk menarik minat investor untuk menyumbangkan dana di bisnis anda.

Lebih dari itu proposal usaha akan membantu mengukur kelayakan bisnis anda termasuk didalamnya melihat tingkat kebutuhan pasar. Simak artikel berikut untuk mengetahui contoh proposal usaha yang ideal untuk bisnis anda.

Download Proposal Keripik Kentang

Proposal Keripik Kentang

(Download DOC)


Proposal Usaha Keripik Kentang “Selera”

BAB 1: Pendahuluan

Latar Belakang

Wonosobo terkenal akan hasil kentangnya yang melimpah. Melimpahnya hasil kentang ini membuat harga jual kentang sangat rendah dan merugikan petani.

Berangkat dari permasalahan tersebut kami mendirikan usaha keripik kentang Selera untuk menampung hasil pertanian kentang petani dan membuat harga kentang di pasaran tetap stabil.

Kentang dari petani ini diolah menggunakan teknologi modern untuk menghasilkan keripik kentang yang renyah untuk selanjutnya diberi bumbu aneka rasa dan dikemas dalam kemasan yang menarik.

Konsep Usaha

Usaha keripik kentang Selera dijalankan dengan mendirikan rumah produksi yang berlokasi di Wonosobo, dimana bahan baku utamanya merupakan hasil suplai kentang dari para petani lokal.

Selain itu kami juga menyerap tenaga kerja lokal yang berusia produktif untuk mengurangi angka pengangguran di Wonosobo serta membantu mempercepat proses produksi keripik kentang.

Visi Misi

Visi : Menjadi pelopor usaha makanan ringan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh seluruh kalangan usia serta mengurangi angka pengangguran daerah.

Misi : 

  • Memenuhi kebutuhan makanan ringan masyarakat dengan memproduksi keripik kentang dalam jumlah banyak dan memasarkannya secara luas.
  • Membantu perekonomian masyarakat Wonosobo dengan memasok kentang dari petani sebagai bahan utama produksi.
  • Memaksimalkan penyerapan SDM dengan baik melalui penyerapan tenaga kerja di usia produktif.
  • Memberikan suasana yang nyaman dan aman bagi seluruh karyawan sehingga dapat bekerja dengan maksimal.
  • Bekerjasama dengan distributor makanan untuk memasarkan produk lebih luas.

BAB 2: Analisa SWOT

Strength: 

Bahan baku utama pembuatan keripik kentang Selera mudah ditemukan dengan harga yang relatif stabil. Selain itu proses produksi yang menggunakan teknologi modern membuat keripik kentang tahan lama tanpa menggunakan campuran bahan pengawet.

Weakness: 

Pilihan rasa yang masih terbatas membuat konsumen mudah bosan dan beralih ke makanan ringan lainnya. Selain itu distribusinya yang masih terbatas hanya di wilayah Jawa Tengah saja membuat penjualan belum maksimal.

Opportunity: 

Makanan ringan berbahan dasar kentang masih menjadi pilihan utama bagi konsumen sehingga peluang keripik kentang Selera untuk mengembangkan usahanya terbuka lebar.

Threat: 

Hadirnya usaha makanan ringan baru dengan citarasa yang unik dan harga yang terjangkau menjadi tantangan utama dari usaha ini. Maka dari itu kami terus melakukan inovasi dengan menciptakan varian rasa baru sesuai dengan tren makanan yang sedang berkembang.

BAB 3: Rencana Usaha

Nama usaha:

Keripik Kentang “Selera”

Produk yang dihasilkan:

Secara umum produk yang dihasilkan oleh keripik kentang Selera adalah keripik kentang dengan aneka varian rasa yaitu original, balado, sapi panggang, sambal matah, rumput laut, dan buldak.

Rincian harga:

Semua varian rasa dari keripik kentang selera memiliki harga yang sama yaitu Rp. 10.000 untuk kemasan 75 gram.

Target market: 

Target pasar dari keripik kentang Selera adalah seluruh masyarakat Jawa Tengah mulai dari rentan usia 5-45 tahun tanpa batas minimal penghasilan tertentu.

Strategi pemasaran:

Strategi pemasaran keripik kentang Selera terdiri dari dua bagian, yaitu pemasaran online dan offline. Pemasaran online dilakukan dengan aktif membuat konten menarik di media sosial dan memberikan promo menarik bagi konsumen.

Selain itu untuk memperluas jangkauan konsumen, kami juga memanfaatkan jasa Google Ads dan Instagram Ads. Sedangkan untuk pemasaran offline kami lakukan melalui kerjasama dengan distributor makanan untuk memasarkan produk di minimarket dan toko-toko sejenis.

Sistem usaha:

Sistem usaha dari keripik kentang Selera adalah produksi keripik kentang yang berpusat di Wonosobo, dimana penjualan sepenuhnya dilakukan melalui proses kerjasama dengan pihak distributor.

Sistem pembagian hasil:

Kami menyediakan kesempatan bagi para investor yang ingin bekerjasama dengan investasi sebesar 40% atau senilai Rp. 100.000.000 dengan kontrak kerjasama selama 3 tahun.

Adapun keuntungan yang didapatkan oleh investor akan dihitung dari laba bersih bulanan dan biaya investasi akan dikembalikan saat kontrak kerjasama berakhir.

BAB 4: Analisa Keuangan

1 . Modal 

Kebutuhan Perlengkapan

KeteranganHarga
Mesin PenggorenganRp. 700.000
Mesin PressRp. 650.000
Mesin Pengemas OtomatisRp. 1.000.000
Mesin PengadukRp. 1.500.000
Plastik dan Kardus Kemasan BerlabelRp. 2.500.000
Pengajuan Izin UsahaRp. 3.000.000
Pendaftaran Sertifikat Produksi PanganRp. 5.000.000

Sewa Tempat

KeteranganHarga
Biaya Pajak TahunanRp. 10.000.000
Biaya Renovasi TempatRp. 18.000.000

Gaji Karyawan

KeteranganHarga
8 Staf ProduksiRp. 20.000.000
1 Staf Quality ControlRp. 3.000.000
2 MarketingRp. 4.000.000

Biaya Operasional

KeteranganHarga
Belanja Bahan Baku BulananRp. 15.000.000
Biaya ListrikRp. 750.000
Biaya AirRp. 350.000
InternetRp. 300.000

Biaya Promosi

KeteranganHarga
Instagram AdsRp. 350.000
Google AdsRp. 350.000

2. Harga Pokok Produksi

KeteranganHPPHarga JualKeutungan
Keripik Kentang OriginalRp. 5.000Rp. 10.000Rp. 5.000
Keripik Kentang BaladoRp. 5.000Rp. 10.000Rp. 5.000
Keripik Kentang Sapi PanggangRp. 5.000Rp. 10.000Rp. 5.000
Keripik Kentang Rumput LautRp. 5.000Rp. 10.000Rp. 5.000
Keripik Kentang Sambal MatahRp. 5.000Rp. 10.000Rp. 5.000
Keripik Kentang BuldakRp. 5.000Rp. 10.000Rp. 5.000

3. Perkiraan Keuntungan

Nama ProdukTarget Penjualan PerhariKeuntungan Kotor Per Hari
Keripik Kentang Original70 pcsRp. 350.000
Keripik Kentang Balado70 pcsRp. 350.000
Keripik Kentang Sapi Panggang70 pcsRp. 350.000
Keripik Kentang Rumput Laut70 pcsRp. 350.000
Keripik Kentang Sambal Matah70 pcsRp. 350.000
Keripik Kentang Buldak70 pcsRp. 350.000
Total300 pcsRp. 2.100.000

4. Estimasi Balik Modal

KeteranganTotal
Keuntungan Kotor BulananRp. 63.000.000
Biaya Operasional BulananRp. 44.100.000
Keuntungan Bersih BulananRp. 18.900.000

BAB 5: Penutup

Keripik kentang Selera merupakan salah satu makanan ringan yang sehat karena diproduksi menggunakan teknologi modern. Selain itu bahan baku produksi mudah didapatkan dan harganya relatif stabil sehingga membuat cashflow usaha juga stabil.

Saat ini kami sedang berupaya untuk memperluas pemasaran sehingga kami berharap agar anda tertarik untuk berinvestasi demi kelancaran usaha dan hasil yang seimbang bagi kedua pihak yang bersangkutan.

Bagikan Postingan: