Contoh Proposal Usaha Keripik Singkong (Download DOC / PDF)

Proposal Usaha Keripik Singkong – Setiap pengusaha menginginkan bisnisnya berkembang lebih besar. Untuk mengembangkan bisnis sendiri pengusaha membutuhkan dana yang cukup besar.

Berbicara tentang sistem pendanaan ada berbagai alternatif yang bisa ditempuh untuk mendapatkan modal produksi yang cukup, yaitu dana pribadi, pinjaman, maupun dana dari investor dimana ketiganya memiliki berbagai risiko yang berbeda-beda.

Terkait sumbangan dana dari investor, pengusaha bisa mendapatkannya dengan mengajukan proposal usaha. Proposal usaha ini harus menjelaskan tentang bagaimana usaha anda dijalankan berikut dengan kebutuhan finansialnya. Berikut contoh proposal usaha yang lengkap.

Download Proposal Keripik Singkong

Proposal Usaha Keripik Singkong

(Download PDF) (Download DOC)


Proposal Usaha “Si Engkong” Keripik Singkong

BAB 1: Pendahuluan

Latar Belakang

Singkong merupakan salah satu makanan pokok yang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu penghasil singkong terbaik di Indonesia adalah provinsi Jawa Tengah seperti yaitu kabupaten Purwokerto.

Melimpahnya panen singkong di daerah Purwokerto membuat harga jual dari singkong sangat rendah sehingga merugikan para petani. Kondisi inilah yang mendasari kami memproduksi keripik singkong dengan tujuan agar nilai jual singkong lebih stabil di pasaran.

Si Engkong merupakan olahan keripik singkong beraneka rasa yang dikemas dengan modern sehingga praktis dan bisa dikirimkan ke seluruh daerah di Indonesia. Proses produksi dari Si Engkong juga menggunakan teknologi modern sehingga higienitas produk terjaga dengan baik.

Kami menyadari bahwa bisnis makanan kekinian yang praktis saat ini semakin marak dipasaran. Oleh karena itu dengan adanya Si Engkong kami berupaya untuk membantu perekonomian petani di Purwokerto dengan menjadikan mereka sebagai supplier tetap kami.

Konsep Usaha

Si Engkong merupakan produsen keripik singkong dengan harga terjangkau dimana proses produksinya dilakukan melalui rumah produksi di lingkungan rumah para petani sehingga para petani bisa mengirimkan singkong mentah secara langsung hasil panennya.

Kami berfokus menghasilkan keripik singkong berkualitas dengan berbagai varian rasa yang dikemas menggunakan ziplock sehingga keamanan produk terjaga. Adapun distribusi dari Si Engkong juga kami upayakan agar menyeluruh ke berbagai daerah di Indonesia.

Dengan bantuan SDM mumpuni yang berasal dari lingkungan sekitar, proses produksi keripik singkong bisa berjalan dengan cepat. 

Visi Misi

Visi : Menjadi produsen keripik singkong berkualitas dengan harga terjangkau serta mensejahterakan perekonomian masyarakat dengan mensuplai singkong dari para petani Purwokerto.

Misi :

  • Memperkenalkan produk keripik singkong daerah yang bercitarasa nikmat dan berdaya saing dengan produk-produk makanan ringan dari berbagai daerah.
  • Berkomitmen untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan memproduksi keripik singkong berkualitas dengan harga jual yang terjangkau.
  • Memanfaatkan singkong agar bernilai jual tinggi dan membantu menstabilkan harga jual singkong di pasaran.
  • Memberikan kenyamanan dan kesejahteraan kepada karyawan agar proses produksi bisa berjalan dengan maksimal.
  • Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka mengembangkan usaha keripik singkong.

BAB 2: Analisa SWOT

Strength: 

Harga jual dari Si Engkong sangat terjangkau sehingga dapat dikonsumsi oleh seluruh kalangan masyarakat. Selain itu distribusi yang menyeluruh ke berbagai daerah memudahkan konsumen untuk mencari produk Si Engkong.

Tidak hanya itu bahan baku yang mudah dan penggunaan teknologi yang modern membuat proses produksi Si Engkong dapat berlangsung lebih cepat sehingga stok melimpah di pasaran.

Weakness: 

Proses distribusi ke berbagai daerah memungkinkan Si Engkong diterima dalam keadaan hancur mengingat keripik singkong yang kami produksi tipis dan renyah. Selain itu sistem pemasaran online yang masih seadanya membuat produk belum terlalu dikenal luas oleh pasar.

Opportunity: 

Kemasan yang praktis dan ijin produksi yang telah dikantongi membuat Si Engkong berpeluang untuk memperluas jangkauan pemasarannya hingga ke mancanegara. 

Selain itu keripik singkong diminati oleh berbagai kalangan usia dan kami mempunyai pilihan rasanya yang beragam sehingga konsumen tidak mudah bosan terhadap keripik singkong produksi kami.

Threat: 

Munculnya kompetitor baru yang menawarkan produk camilan menarik dengan harga jual yang rendah serta manajemen pemasaran yang lebih baik menjadi ancaman terbesar dari produk Si Engkong.

BAB 3: Rencana Usaha

Nama usaha:

Dalam menjalankan sebuah usaha, nama usaha menjadi suatu hal yang krusial karena berkaitan dengan dikenal atau tidaknya suatu produk. Oleh karena itu kami menggunakan nama “Si Engkong” sebagai merek dagang karena unik dan mudah diingat oleh konsumen.

Produk yang dihasilkan:

Sejak berdiri pada tahun 2017 lalu hingga saat ini kami telah memproduksi keripik singkong dengan berbagai pilihan rasa diantaranya original, barbeque, lada hitam, sapi panggang, rumput laut, ekstra pedas, sambal matah, dan balado.

Rincian harga:

Harga yang kami terapkan pada seluruh varian produk Si Engkong adalah Rp. 15.000 per kemasan. Dengan harga yang terjangkau ini kami berharap agar seluruh masyarakat dari berbagai kalangan bisa mengonsumsi Si Engkong setiap hari.

Target market: 

Target market dari Si Engkong adalah seluruh masyarakat Indonesia dari semua kalangan tanpa ada batasan usia.

Strategi pemasaran:

Secara umum strategi pemasaran yang kami lakukan terdiri dari dua pokok yaitu pemasaran secara offline dan pemasaran secara online. Untuk pemasaran offline kami melakukan kerjasama dengan supermarket dan toko-toko di berbagai daerah untuk mendistribusikan Si Engkong.

Selain itu kami juga aktif menjadi sponsor acara-acara besar daerah untuk memperkenalkan Si Engkong. Sedangkan untuk proses pemasaran online kami beriklan melalui radio-radio lokal daerah serta membuat akun official di media sosial untuk mengunggah produk Si Engkong.

Kami juga memperluas jangkauan pemasaran dengan menggunakan jasa Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads agar Si Engkong bisa dikenal oleh masyarakat dari berbagai daerah.

Sistem usaha:

Sistem usaha dari Si Engkong adalah penjualan secara langsung melalui proses kerjasama dengan berbagai pihak seperti pertokoan dan supermarket. 

Selain itu kami juga menyediakan kesempatan bagi masyarakat yang ingin menjadi reseller produk Si Engkong dengan memberikan harga khusus sehingga harga jual Si Engkong di pasaran tetap sama baik secara offline maupun online melalui marketplace.

Sistem pembagian hasil:

Permintaan produk Si Engkong terus mengalami peningkatan secara signifikan beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu saat ini kami berupaya memperluas pabrik dan menambah peralatan produksi yang modern sehingga proses produksi berlangsung lebih cepat.

Bagi anda yang berminat dengan usaha Si Engkong kami menyediakan kesempatan anda untuk bergabung dengan investasi sebesar 40% atau senilai Rp. 100.000.000. 

Kerjasama ini akan berlangsung selama 2 tahun dimana  keuntungan akan diberikan berdasarkan laba bersih setiap bulannya. Sedangkan biaya investasi akan dikembalikan saat kontrak kerjasama berakhir.

BAB 4: Analisa Keuangan

1 . Modal 

Kebutuhan Perlengkapan

KeteranganHarga
Mesin PemotongRp. 1.500.000
Mesin PenggorenganRp. 2.250.000
Mesin PengadukRp. 1.000.000
Meja ProduksiRp. 2.000.000
Mesin Press ProdukRp. 750.000
Timbangan DigitalRp. 500.000
Mesin Penyaringan MinyakRp. 1.200.000
Custom KemasanRp. 1.000.000
Alat KebersihanRp. 500.000
KomputerRp. 3.500.000
PrinterRp. 1.250.000

Sewa Tempat

KeteranganHarga
Biaya Sewa TahunanRp. 20.000.000
Biaya Renovasi TempatRp. 50.000.000

Gaji Karyawan

KeteranganHarga
10 Karyawan ProduksiRp. 25.000.000
3 Karyawan PengepakanRp. 7.500.000
4 Karyawan Distribusi dan PengirimanRp. 12.000.000
2 Karyawan Quality ControlRp. 10.000.000
2 SatpamRp. 7.000.000
2 Staf KebersihanRp. 3.000.000
2 Admin MarketingRp. 8.000.000

Biaya Operasional

KeteranganHarga
Belanja Bahan Baku BulananRp. 25.000.000
ListrikRp. 2.500.000
AirRp. 1.000.000
InternetRp. 750.000
Biaya Pengecekan Mesin BerkalaRp. 8.000.000
Biaya Tidak TerdugaRp. 10.000.000

Biaya Promosi

KeteranganHarga
RadioRp. 1.500.000
Sponsor EventRp. 1.500.000
Facebook AdsRp. 500.000
Google AdsRp. 500.000
Instagram AdsRp. 500.000

2. Harga Pokok Produksi

KeteranganHPPHarga JualKeutungan
Si Engkong OriginalRp. 7.000Rp. 15.000Rp. 8.000
Si Engkong BarbequeRp. 7.000Rp. 15.000Rp. 8.000
Si Engkong Sapi PanggangRp. 7.000Rp. 15.000Rp. 8.000
Si Engkong Lada HitamRp. 7.000Rp. 15.000Rp. 8.000
Si Engkong Rumput LautRp. 7.000Rp. 15.000Rp. 8.000
Si Engkong Ekstra PedasRp. 7.000Rp. 15.000Rp. 8.000
Si Engkong Sambal MatahRp. 7.000Rp. 15.000Rp. 8.000
Si Engkong BaladoRp. 7.000Rp. 15.000Rp. 8.000

3. Perkiraan Keuntungan

Nama ProdukTarget Penjualan PerhariKeuntungan Kotor Per Hari
Si Engkong Original100 pcsRp. 800.000
Si Engkong Barbeque100 pcsRp. 800.000
Si Engkong Sapi Panggang100 pcsRp. 800.000
Si Engkong Lada Hitam100 pcsRp. 800.000
Si Engkong Rumput Laut100 pcsRp. 800.000
Si Engkong Ekstra Pedas100 pcsRp. 800.000
Si Engkong Sambal Matah100 pcsRp. 800.000
Si Engkong Balado100 pcsRp. 800.000
Total800 pcsRp. 6.400.000

4. Estimasi Balik Modal

KeteranganTotal
Keuntungan Kotor BulananRp. 192.000.000
Biaya Operasional BulananRp. 124.250.000
Keuntungan Bersih BulananRp. 67.750.000

BAB 5: Penutup

Si Engkong adalah inovasi produk olahan singkong yang bernilai jual tinggi dipasaran. Dengan beragam varian rasa yang ditawarkan produk keripik singkong ini memiliki peluang untuk berkembang lebih luas hingga ke mancanegara.

Melalui proposal usaha ini kami berharap kerjasama ini bisa terjalin dengan baik agar proses pengembangan usaha Si Engkong bisa berlangsung lebih cepat dan dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Bagikan Postingan: