Advertisements

PT Cheil Jedang : Profil Perusahaan, Lowongan, Prospek Kerja

Pt Cheil Jedang

PT Cheil Jedang merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) asal Korea Selatan yang berdiri sejak Agustus 1988. Perusahaan ini bergerak pada bidang bio industri khususnya dalam produksi makanan.

Di negara asalnya PT Cheil Jedang fokus memproduksi bahan makanan, kebutuhan farmasi, dan bioteknologi. Sedangkan di Indonesia perusahaan ini telah memproduksi beberapa produk diantaranya monosodium glutamat, L Lysine HCl, Threonine, Prosin, pupuk cair, dan Zeta.

Advertisements

Pada artikel ini akan dibahas tentang profil PT Cheil Jedang secara lengkap, termasuk pada prospek kerja dan informasi lowongan kerja pada perusahaan ini. Untuk itu simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Profil Perusahaan PT Cheil Jedang

Alamat Jl. Raya Arjosari, Sarirejo, Arjosari, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur – 67181
Telepon (0343) 401209
Fax 
Email 
Tahun Berdiri1988
Jumlah Karyawan5.991 karyawan (di Korea Selatan)
Pimpinan PerusahaanLee Jun Won
Sektor IndustriBioteknologi 
Website Resmiwww.cj.co.kr 
Facebook 
Instagram 
Youtube 
LinkedIn 

Sejarah PT Cheil Jedang

PT Cheil Jedang merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang beroperasi sejak Agustus tahun 1953. Pada awal pendiriannya perusahaan ini masih menjadi salah satu bagian dari Samsung Group dengan produksi utama berupa gula dan tepung.

Seiring berjalannya bisnis, PT Cheil Jedang kemudian memutuskan untuk keluar dari dari Samsung Group dan menjadi perusahaan mandiri dengan fokus utamanya pada industri makanan serta hiburan.

Pemisahan perusahaan ini dengan Samsung Group berlangsung pada tahun 1997 dan namanya berganti menjadi Cheil Jedang Group hingga pada tahun 2007 perusahaan ni kembali berganti nama menjadi CJ Cheil Jedang.Co.Ltd.

Advertisements

Dengan berbasis pada bidang bioteknologi, makanan, farmasi, logistik, serta hiburan PT Cheil Jedang terus mengembangkan sayap bisnisnya dengan mengedepankan teknologi tinggi, pelayanan, dan kualitas produk.

Hingga saat ini telah terdapat beberapa unit bisnis yang tergabung pada Cheil Jedang Indonesia Group yang berbasis pada bio, feed, dan food antara lain :

  • PT Cheil Jedang Indonesia Pasuruan dan Jomban
  • PT Cheil JedangSuperfeed
  • PT Cheil Jedang Feed Jombang
  • PT Super Unggas Jaya
  • Agrobis Panca Ekatama
  • Tous les Jours

Sebagai bentuk orientasi fokus terhadap pelayanan terbaik bagi pelanggan, PT Cheil Jedang menerapkan konsep only one spirit sebagai upaya dalam menjadi the first, the best, dan the different dalam hal pengembangan produk dan pelayanan.

Sumber daya alam yang melimpah di Indonesia menjadikan dasar utama perusahaan ini dalam menghasilkan produk-produk asam amino unggulan yang berbasis pada teknologi bio.

Asam amino sendiri merupakan senyawa alami yang menjadi komponen utama dalam pembentukan protein makhluk hidup sebagai zat pertumbuhan dan regenerasi sel. 

Asam amino yang terdapat dalam tubuh jumlahnya hanya sedikit sehingga membutuhkan asupan dari makanan yang dikonsumsi manusia setiap hari dan berasal dari hewan serta tumbuhan. 

Salah satu produk utama dari Cheil Jedang Indonesia adalah monosodium glutamat (MSG) yang dibuat melalui proses fermentasi bahan utama berupa sari pati tebu sehingga dapat memberikan efek rasa gurih dan umami pada makanan.

Selain itu, perusahaan ini juga memproduksi Nucleotide yaitu sejenis penguat rasa yang terbuat dari gula dan tepung tapioka. Namun berbeda dengan MSG, penggunaan nucleotide lebih efisien karena  digunakan pada produk bahan masakan.

Selanjutnya Cheil Jedang juga memproduksi L-Lysine dan L-Tryptophan yang digunakan pada produksi ternak dimana l-lysine berfungsi sebagai pemacu pertumbuhan unggas.

Sedangkan l-tryptophan berfungsi sebagai pengikat pakan ternak sehingga dapat meningkatkan kualitas ternak dan unggas khususnya pada ternak dalam skala besar sehingga dapat menghasilkan produktivitas ternak yang tinggi.

Oleh karena itu, Cheil Jedang juga memproduksi pakan ternak dengan kualitas tinggi dan telah menjalani proses formulasi dan sistem pengawasan mutu yang ketat sehingga CJ Feed dapat bersaing dengan produk pakan pada skala nasional.

Tidak hanya itu untuk memenuhi kebutuhan industri ayam nasional berupa bibit ayam unggulan yang sehat dan berkualitas, Cheil Jedang juga memproduksi DOC (ayam berumur satu hari).

Melalui penerapan teknologi tinggi dan modern (close house system) dan didukung dengan sarana penetasan yang modern dan higienis, super chick dapat digolongkan sebagai bibit ayam unggul dan berkualitas.

Seiring dengan pertumbuhan bisnis di Indonesia serta melihat peluang bisnis yang ada, kini Cheil Jedang Indonesia membuka unit bisnis baru dengan basis makanan yaitu Tous les Jours Bakery dengan kualitas internasional dan tidak kalah dengan produk luar lainnya.

Seluruh proses produksi dari produk-produk unggulan Cheil Jedang didukung oleh tenaga kerja terdidik dan ahli pada bidangnya. Hal ini karena pengembangan sumber daya manusia merupakan komitmen perusahaan ini dalam mendukung kemajuan bisnis di Indonesia.

Untuk itu, Cheil Jedang Indonesia menyediakan fasilitas berupa training, program pelatihan, seminar serta program-program lainnya bagi seluruh karyawannya dalam berbagai bidang produksi.

Struktur Organisasi PT Cheil Jedang

Struktur Organisasi Pt Cheil Jedang
Struktur Organisasi Pt Cheil Jedang

Visi dan Misi PT Cheil Jedang

Visi

Perusahaan gaya hidup global menginspirasi kehidupan baru yang sehat, bahagia, dan nyaman

Misi

Berkontribusi pada komunitas global dengan memberikan nilai terbaik dan menjadi satu-satunya produk dan layanan kami.

Sektor Industri PT Cheil Jedang

PT Cheil Jedang menjadi perusahaan yang bergerak di sektor makanan dan hiburan. Sejak didirikan di Indonesia pada tahun 1988, kini perusahaan ini telah memiliki berbagai unit bisnis antara lain :

  • Pakan ternak ayam, ikan, dan udang.
  • Usaha pembibitan (breeding farm) Super Chick
  • Monosodium glutamat (MSG)
  • Nucleotide
  • L-lysine dan L-Tryptophan
  • Tous les Jours Bakery

Rekrutmen dan Lowongan Kerja PT Cheil Jedang

Sistem Rekrutmen

 PT Cheil Jedang menyediakan karir sebagai karyawan tetap (PKWTT) dan karyawan kontrak (PKWT) dimana proses pengangkatan karyawan ini ditentukan berdasarkan penilaian pada aspek-aspek tertentu oleh perusahaan.

Hal ini memungkinkan karyawan dengan status kontrak untuk dapat diangkat menjadi karyawan tetap ketika karyawan tersebut memenuhi kualifikasi dan keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Mengingat status karyawan kontrak dan tetap ini dibedakan oleh tugas dan tanggungjawab karyawan hingga besaran tunjangan yang diterima, maka semua karyawan tentu menginginkan agar diangkat sebagai karyawan tetap. 

Meskipun demikian, status karyawan kontrak bukanlah suatu hal yang buruk. Bahkan sebaliknya, status karyawan kontrak ini akan memudahkan karyawan  khususnya para fresh graduate yang ingin mencari pengalaman di perusahaan ini selama kurun waktu tertentu.

Informasi Lowongan Kerja/ Career Center

Saat ini PT Cheil Jedang belum menyediakan informasi lowongan pekerjaan melalui website resminya bagi seluruh jobseeker yang ingin bergabung menjadi bagian dari perusahaan ini.

Namun untuk mengakses informasi seputar lowongan pekerjaan di perusahaan ini anda bisa mengaksesnya melalui situs-situs lowongan pekerjaan terpercaya.

Jangan lupa untuk memastikan informasi tersebut valid untuk menghindari penipuan yang bisa terjadi.

Daftar posisi yang dibutuhkan :

PT Cheil Jedang memberikan kesempatan bagi seluruh jobseeker untuk bergabung pada perusahaan ini dengan membuka lowongan pekerjaan setiap tahunnya. Adapun posisi yang dibutuhkan setiap tahunnya berbeda-beda.

Pada tahun ini perusahaan ini membuka lowongan pada beberapa posisi berikut ini :

  • Staff R&D
  • Staff Purchasing

Sebelum melamar kerja di perusahaan ini, anda juga mempertimbangkannya dengan melihat estimasi gaji karyawan melalui artikel gaji PT Cheil Jedang.

Karir dan Prospek Kerja PT Cheil Jedang

Dikutip dari laman jobstreet.com, PT Cheil Jedang memiliki jenjang karir dan prospek kerja yang menjanjikan bagi karyawannya di masa depan. Sebagai perusahaan berskala internasional, prospek kerja tersebut tentu diiringi dengan tantangan kerja yang cukup besar.

Berikut ulasan lengkap mengenai prospek kerja dan tantangan yang dihadapi ketika menjadi karyawan dari PT Cheil Jedang. 

Prospek kerja

  • Kerjasama tim yang baik
  • Lingkungan kerja yang positif
  • Gaji dan tunjangan yang sesuai dengan kinerja karyawan
  • Pengalaman kerja yang baik untuk perkembangan karir karyawan di masa depan
  • Adanya tunjangan transportasi bagi karyawan
  • Lingkungan kerja yang bersih dan nyaman

Tantangan 

  • Manajemen yang kurang objektif terhadap karyawan
  • Iklim yang panas dan mengganggu produktivitas kerja

Jam Operasional PT Cheil Jedang

Jam operasional PT Cheil Jedang adalah 24 jam dengan sistem kerja shift bagi seluruh karyawannya berdasarkan ketentuan yang terdapat dalam UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Sistem kerja ini dilakukan agar proses produksi barang dapat berjalan dengan maksimal. Adapun kebijakan sistem shift ini dijalankan dengan 8 jam kerja setiap hari atau maksimal 40 jam perminggu bagi karyawan. Berikut pembagian jam kerja menggunakan sistem shift:

  • Shift I : 23.00 – 07.00
  • Shift II : 07.00 – 15.00
  • Shift III : 15.00 – 23.00

Dalam hal ini kelebihan jam kerja karyawan dihitung sebagai lembur. Selain itu karyawan juga memiliki waktu istirahat selama satu jam setiap harinya dan libur satu kali dalam seminggu. 

Demikianlah penjelasan terkait PT Cheil Jedang, semoga dapat menjadi referensi khususnya bagi seluruh pencari kerja yang ingin bergabung pada perusahaan ini.