6 Contoh Kliping Makanan : Jenis dan Kebudayaan

Kliping Makanan

Apa Itu Kliping Makanan?

Kliping Makanan ~ Kliping adalah proses yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi dengan tema makanan dari beragam sumber informasi yang berbeda untuk mendapatkan bahan yang tepat. Sedangkan untuk membuat kliping informasi tersebut akan diolah dengan teknik tertentu.

Selain itu bahan informasi yang didapatkan juga akan dipilah pada bagian, yang terpenting sebelum ditempelkan pada media yang tersedia dalam proses pembuatan kliping makanan Anda.

blackgarlic

Cara Membuat Kliping Makanan

  1. Carilah topik yang ingin dijelaskan sesuai dengan tema utama kliping Anda
  2. Temukanlah informasi yang berkaitan dengan tema utama yang sudah ditentukan
  3. Potonglah bahan informasi yang sudah didapatkan pada bagian paling penting
  4. Tempelkan potongan informasi tersebut pada media kliping yang sudah ada.

Berikut merupakan contoh kliping makanan yang bisa kalian tiru.

Contoh Kliping Makanan
Contoh Kliping Makanan 2

Sumber Kliping Tentang Makanan

1. Kliping Makanan Segar

Makanan Segar Buah

Jenis makanan ini merupakan bahan pangan yang belum menempuh proses pengolahan untuk menjadi masakan matang. Bahan makanan ini termasuk kedalam makanan yang bisa dikonsumsi secara langsung atau dijadikan sebagai bahan baku pengolahan pangan lain.

Jenis makanan segar meliputi beras, buah-buahan, gandum, ikan, sayuran dan beberapa macam makanan segar belum jadi yang lain.

iklan gaji

2. Kliping Makanan Olahan

Makanan Segar Masakan

Pengertian dari jenis makanan olahan adalah makanan atau juga minuman, yang diperoleh dari hasil proses pengolahan bahan makanan yang mentah. Dalam proses pengolahan makanan olahan ini nantinya akan menggunakan metode tertentu.

Selain itu proses pembuatan makanan olahan juga membutuhkan berbagai macam tambahan atau tanpa tambahan. Jenis makanan olahan ini masih dibedakan lagi menjadi 2 jenis yaitu makanan olahan tertentu dan makanan siap saji.

3. Kliping Makanan Instan

Makanan Segar Kaleng

Jenis makanan instan adalah semua minuman atau makanan, yang masuk dalam kategori sudah diawetkan, dimasak, dikerasan maupun dikalengkan. Sedangkan dalam proses penyajiannya makanan ini bisa langsung untuk disajikan.

Namun juga terdapat beberapa jenis makanan instans yang proses penyajiannya membutuhkan proses tambahan yang mudah seperti pemanasan dengan jangka waktu yang sebentar. Makanan ini kerap dijadikan solusi bagi seseorang dengan aktifitas yang padat.

4. Kliping Makanan Sehat

Makanan Sehat Sayuran

Lalu untuk makanan sehat adalah jenis makanan yang masuk dalam kategori makanan yang menyehatkan. Sehingga bisa diartikan seseorang yang mengkonsumsi makanan sehat selain mengambil kenikmatan dari cita rasanya juga bisa memperoleh manfaat kesehatannya.

Jenis makanan sehat harus memenuhi standar utama seperti makanan penunjang dan makanan utama. Makan sehat juga sering disebut sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna dengan kategori seperti lauk pauk, daging, sayur, susu, buah, protein dan karbohidrat.

Contoh Kliping Makanan Kebudayaan

1. Kliping Makanan Khas Daerah

Makanan Khas Ayam

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, adat istiadat dan tidak ketinggalan juga dengan cita rasa makanan yang dimiliki. Dulu Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya.

Hal ini mempengaruhi jenis makanan daerah yang dimiliki seperti ayam betutu dari Bali, ayam taliwang dari NTB, mie aceh dari Aceh, bika Ambon  dari Sumatera Utara, rendang dari Sumatera Barat, gulai ikan patin dari Jambi, pendap dari Bengkulu dan lainnya.

2. Kliping Makanan Barat

Makanan Barat Beef

Makanan barat adalah jenis makanan yang berasal dari negara lain seperti Amerika, Itali dan sebagainya. Karena budaya yang masuk banyak juga yang bisa mencicipi masakan dari negara lain secara mudah.

Beberapa jenis makanan barat yang bisa dinikmati adalah lasagna termasuk sejenis perta yang lapisan saus bolognaise dan keju, beef wellington daging yang diolah menjadi setak di dalam puff pastry, ratatoullie irisan sayur yang dicampur dengan isian sesuai selera dan lainnya.

Nah itulah penjelasan seputar “Kliping Makanan” yang bisa Anda ketahui. Jangan lupa untuk memberikan saran dan masukan pada kolom yang tersedia. Terima kasih sudah membaca dan semoga informasi ini berguna.

iklan gaji