Gaji Safety Officer Terbaru 2022

Gaji Safety Officer

Gaji safety Officer ~ Safety Office atau lebih sering dikenal juga dengan nama HS dan K3 adalah profesi yang sangat penting dan harus ada di setiap perusahaan. Mereka berfungsi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Pemerintah sendiri juga sudah mendorong program pengembangan kesehatan dan keselamatan kerja di semua sektor industri. 

Hal ini berdampak pada terbukanya banyak kesempatan kerja di sektor perlindungan tenaga kerja. Namun tahukah Anda bahwa gaji Safety Officer cukup tinggi? 

Deskripsi Safety Officer

Safety Officer sendiri merupakan seseorang yang memiliki pengetahuan dan implementasi yang bertujuan untuk mencegah penyakit dan kecelakaan kerja akibat lingkungan kerja dan pekerjaan. Selain Tenaga Ahli K3, perusahaan juga menggunakan istilah Health, Safety, and Environment atau HSE and Safety Officer di area K3.

shopee website

Jenjang Karir Profesi Safety Officer / K3

Terdapat sejumlah rekomendasi profesi yang bisa menjadi pilihan apabila Anda menguasai bidang K3, antara lain:

  1. Safety Auditor, bertugas melakukan pengecekan implementasi K3.
  2. Safety Inspector, bertugas melakukan pemeriksaan penerapan kebijakan dan aturan K3 di tempat kerja, memberikan sanksi dan tindakan kepada pekerja yang melakukan pelanggaran.
  3. HSE, bertugas untuk merancang suatu sistem manajemen K3 sekaligus prosedur dan peningkatannya.
  4. Teknisi Keselamatan, bertugas untuk memastikan semua alat produksi yang menggunakan mesin, alat angkut, dan kendaraan dalam kondisi aman digunakan.
  5. Process Safety, bertugas untuk menjamin keamanan semua tahapan proses produksi. Terlebih apabila proses itu melibatkan pemakaian pemasangan tangki, pipa, dan unsur sejenis.
  6. Fire Safety, bertugas melakukan pencegahan sekaligus antisipasi kebakaran, menjamin perlindungan, serta melakukan penyelidikan semua penyebab untuk menghindari terjadinya kondisi berulang.
  7. Safety Advisor, bertugas sebagai konsultan atau penasihat K3. Profesi ini tidak memiliki tanggung jawab langsung berkaitan dengan penerapan K3. Namun, mereka memiliki wawasan yang sangat luas dengan pengalaman tinggi, sehingga bisa memberikan nasihat maupun rekomendasi terkait peningkatan keamanan di lingkungan kerja.
  8. Corporate Safety, bertugas menangani berbagai masalah di bidang K3, mulai dari pembuatan aturan kebijakan, melakukan audit, analisis, dan mengadakan pelatihan.

Gaji Safety Officer Terbaru

Safety officer yang memiliki kualifikasi S1 dengan pengalaman masa kerja 1-5 tahun, akan dapat menerima gaji minimal adalah Rp 5 juta maksimal Rp 12 juta. Sedangkan untuk seorang HSE supervisor dengan kualifikasi S1 dengan masa kerja selama lebih dari 10 tahun, bisa berkesempatan menerima gaji minimal Rp 13 juta maksimal Rp 20 juta. Untuk seorang HSE Manager dengan kualifikasi S1 dengan pengalaman masa kerja 10 tahun lebih, bisa mendapatkan gaji minimal Rp 27 juta maksimal Rp 55 juta. 

Tugas Safety Officer

Berikut ini adalah beberapa tugas yang harus dipenuhi oleh seorang Safety Officer.

  • Mengidentifikasi dan memetakan potensi bahaya. 
  • Membuat gagasan program K3. 
  • Membuat dan memelihara dokumen K3. 
  • Melakukan evaluasi atas insiden kecelakaan. 
  • Menghubungkan perusahaan dan pemerintah. 
  • Memiliki ilmu yang memadai. 
  • Mampu berkomunikasi dengan baik. 
  • Memiliki inovasi yang kreatif.

Kualifikasi Safety Officer

Syarat untuk menjadi pegawai safety officer memang tidak mudah, ada beberapa kualifikasi minimal yang harus Anda penuhi, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Laki-laki / Perempuan.
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun.
  • Memiliki sertifikat AK3 Umum yang masih berlaku.
  • Mempunyai pengalaman kerja di bidang K3 minimal 1 tahun.
  • Mampu dan berpengalaman bekerja secara individu dan kelompok.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Penutup

itulah penjelasan lengkap mengenai gaji safety officer, apabila Anda tertarik menjadi salah satu pegawai di bidang tersebut maka Anda harus mempelajari dan mendapatkan beberapa sertifikasi di bidang K3. Segera persiapkan sejak sekarang agar Anda memiliki waktu yang cukup banyak untuk memperbanyak lisensi.