Gaji UI/UX Designer di Indonesia Tahun 2022

Gaji Ui Ux

Pernahkah Anda mendengar istilah UI/UX designer? 

Atau mungkin Anda sudah tertarik untuk menjadi profesional yang bekerja di bidang desain UI/UX? 

Karier desain UI/UX profesional benar-benar salah satu tujuan di era digital. Dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, orang ingin merasakan teknologi terbaik tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu dan tanpa melelahkan otak dengan cepat. Ini juga berlaku saat menjelajahi situs web dan aplikasi seluler. 

shopee website

Semakin cepat dan efisien situs web dan aplikasi seluler, semakin baik pengalaman pengguna. Akibatnya, banyak perusahaan akhirnya mencari cara untuk membuat antarmuka dan merancang situs web atau pengalaman pengguna aplikasi yang baik. Di sinilah desainer UI/UX masuk. Nah, penasaran mengenai gaji UI/UX designer? Mari kita bahas lebih lanjut.

Deskripsi UI/UX Designer

UI (User Interface) dan UX (User Experience) adalah dua istilah yang saling bergantung. Sebelum kita berbicara mengenai gaji UI/UX designer, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu definisi dari keduanya.

User Interface

UI (User Interface) umumnya akan menangani interaksi antara pengguna dan sistem komputer, perangkat lunak, dan aplikasi. Dengan kata lain, UI (antarmuka pengguna) adalah proses mengubah wireframe menjadi antarmuka pengguna grafis yang disempurnakan untuk tujuan meningkatkan kegunaan produk dan menciptakan hubungan emosional antara pengguna dan produk. . 

User Experience

Sementara UX (User Experience) biasanya berbicara tentang keseluruhan pengalaman pengguna dengan merek, produk, atau layanan. Jadi bisa dikatakan bahwa UX (user experience) terdiri dari banyak UI (user interface) yang bersatu dan bergabung membentuk sebuah produk.

Tugas UI/UX Designer

Secara garis besar, tugas desainer UI/UX dapat dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama melakukan riset dan strategi, dan yang kedua membuat wireframe dan prototype. 

Rencana Strategis 

Pada awal proses perancangan UI / UX, Anda perlu membuat rencana strategis yang memastikan bahwa berbagai pemangku kepentingan bersatu dan bekerja menuju tujuan bersama. 

shopee website

Riset Pengguna

Desain sering dianggap sebagai visual, tetapi pekerjaan desainer UI / UX hampir selalu meneliti dan pemecahan masalah konseptual berbasis data. Oleh karena itu, penting untuk melakukan survei pengguna. 

Arsitektur Informasi

Arsitektur Informasi (IA) berfokus pada pengorganisasian dan pelabelan konten situs web, aplikasi, atau produk. Tujuannya adalah untuk membantu pengguna menemukan informasi dan mencapai tujuan mereka. 

Prototype dan Wireframe

Setelah meneliti dan mengembangkan strategi Anda, Anda akan memasuki fase yang paling menarik. Yaitu membuat gambar rangka prototipe yang cukup rumit. Prosedurnya adalah sebagai berikut: 

User Flow

Proses desain UI/UX berdiskusi dengan pengguna untuk menentukan kebutuhan mereka dan merancang alur pengguna yang optimal untuk membantu pengguna menyelesaikan aktivitas. 

Wireframe

Wireframes bisa disebut kerangka antarmuka. Saat membuat gambar rangka, penting untuk memahami cara kerja desain Anda di tingkat fungsional. Gambar rangka ini dapat dibuat secara digital atau digambar di atas kertas uji. 

Uji Coba

Cara terbaik untuk mengetahui apakah pekerjaan Anda benar adalah dengan menjalankan tes. Kumpulkan data dari pengguna dan validasi ide dan asumsi mereka dengan menguji dengan prototipe kasar atau maket kertas di awal proses desain.

Analisis

Pada fase ini, kami bekerja sama dengan manajer produk dan peneliti untuk menganalisis hasil pengujian dan menentukan langkah selanjutnya.

Kualifikasi UI/UX Designer

Berdasarkan uraian tugas di atas, maka seorang UI/UX designer perlu memiliki beberapa keterampilan seperti berikut:

  • Menguasai software design seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator.
  • Pemahaman yang kuat tentang wireframe tools. 
  • Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript menjadi nilai tambah.
  • Dapat melakukan praktik terbaik terkait UI/UX design serta memiliki pemahaman mendalam tentang mobile-first dan responsive design.
  • Berpengalaman untuk membuat wireframes, prototypes, storyboards, dan user flows. 
  • Mempunyai pengetahuan terkait Design System
  • Memiliki manajemen waktu yang baik serta dapat memenuhi deadline.
  • Memperhatikan detail

Gaji UI/UX Designer di Indonesia

Dilansir dari Laporan Tren & Gaji Pekerja Digital Indonesia yang dilakukan oleh Glints, berikut adalah perkiraan gaji seorang profesional yang bekerja di bidang UI/UX designer:

  • Senior UI/UX designer: IDR 12.800.000 – IDR 21.000.000
  • UI/UX designer: IDR 8.000.000 – IDR 12.000.000

Penutup

Nah, karena tidak ada pendidikan khusus yang menjadi syarat menekuni profesi ini, Anda bisa memulai karir sebagai desainer UI/UX dengan cara mengikuti beberapa pelatihan dan course tertentu  agar bisa mengasah skill sebagai UI/UX designer. Dengan begitu Anda memiliki kesempatan untuk diterima sebagai UI/UX designer baik di Indonesia maupun di mancanegara.