Cara Menjadi Kepala Sekolah

Cara Menjadi Kepala Sekolah

Cara Menjadi Kepala Sekolah ~ Tiap satuan pendidikan pastinya membutuhkan seorang pemimpin, bukan? Nah, peran ini sendiri dijalankan oleh seorang Kepala Sekolah. Kepala Sekolah bertugas untuk memimpin satuan pendidikan yang dibawahinya sekaligus mensukseskan pembelajaran dan mencapai target yang ingin dicapai oleh sekolah.

Latar Belakang Seorang Kepala Sekolah

Latar belakang seorang kepala sekolah sendiri biasanya berasal dari guru yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam mengelola kelas. Tugas seorang kepala sekolah sendiri dijabarkan dalam Permendiknas No 28 Tahun 2010 dan Permendiknas No 19 Tahun 2007. Tugas pokok dan fungsinya sendiri meliputi : tugas administrasi, tugas supervisi, tugas memimpin, tugas sebagai manajer, tugas kewirausahaan, tugas sebagai inovator, tugas mengembangkan kurikulum, dan tugas sebagai penggerak.

blackgarlic

Cara Menjadi Kepala Sekolah

  1. Untuk menjadi seorang kepala sekolah, Anda harus menjadi seorang guru PNS terlebih dahulu.
  2. Tekunilah pekerjaan Anda sebagai guru dengan baik. Dapatkanlah pengalaman mengajar selama bertahun-tahun terlebih dahulu sebagai guru mapel.
  3. Selanjutnya, Anda bisa menjadi seorang wali kelas.
  4. Penuhi persyaratan untuk menjadi kepala sekolah.

Persyaratan untuk menjadi kepala sekolah sendiri ada di Permendikbud Nomor 40 Tahun 2021, yakni meliputi :

  • Pendidikan minimal D4 atau S1 dari perguruan tinggi dan prodi yang telah terakreditasi.
    • Guru yang akan ditugaskan menjadi seorang kepala sekolah harus memiliki sertifikat pendidik dan sertifikat guru penggerak.
    • Pangkatnya serendah-rendahnya adalah Penata Muda Tingkat I atau di golongan III b (jika PNS).
    • Jenjang jabatan rendahnya, minimal guru ahli pertama.
    • Guru yang akan diangkat menjadi seorang kepala sekolah juga harus memiliki standar kinerja penilaian paling rendah dengan kategori Baik dalam 2 tahun terakhir. Berlaku untuk seluruh unsur penilaian.
    • Mempunyai pengalaman dan skill manajerial minimal 2 tahun di satuan pendidikan, organisasi pendidikan atau di komunitas pendidikan tertentu.
    • Sehat jasmani & rohani.
    • Bebas pengaruh narkoba, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari rumah sakit atau instansi terkait.
    • Tidak pernah terlibat dalam suatu tindak pidana, tidak berstatus sebagai tersangka atau terdakwa kasus-kasus kriminal dan pelanggaran hukum.
    • Saat dicalonkan/ditugaskan, usia maksimalnya 56 tahun.
  • Setelah Anda memenuhi segala persyaratan tersebut. Cobalah untuk mendapatkan informasi seputar lowongan kepala sekolah yang tersedia. Cobalah untuk mengajukan diri. Ikuti seleksi dan tahap wawancara dengan baik.
  • Jika berhasil, Anda akan segera diangkat menjadi seorang kepala sekolah.

Tips tambahan : selama Anda mengajar di kelas. Pastikan Anda selalu memberikan yang terbaik ya. Selain itu, di lingkungan sekolahan pun Anda juga harus bekerja dengan segenap hati dan sebaik mungkin. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan kalau nantinya Anda akan ditunjuk menjadi kepala sekolah pengganti atau kepala sekolah yang selanjutnya.

Tips Menjadi Kepala Sekolah yang Baik

  1. Pastikan peraturan yang Anda terapkan tidak membebani siswa, orangtua siswa, atau guru lainnya ya.
  2. Utamakan demokrasi atau kekeluargaan dalam menyelesaikan suatu permasalahan tertentu.
  3. Kembangkan sekolah yang Anda pimpin agar semakin maju dan mampu mencapai target yang diinginkan.
  4. Sesekali adakanlah rapat dengan orangtua siswa untuk membahas mengenai pendidikan siswa dan hal-hal penting lainnya.
  5. Dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Nah, itulah cara menjadi kepala sekolah yang bisa Anda jadikan referensi. Intinya, untuk menjadi seorang kepala sekolah. Anda harus menjadi guru terlebih dahulu, kemudian jadi wali kelas, dan penuhilah semua persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang kepala sekolah. Selanjutnya, Anda bisa mengajukan diri (jika ada posisi kepala sekolah yang kosong) atau Anda juga bisa ditunjuk sebagai kepala sekolah selanjutnya.

iklan gaji