Advertisements

Pengertian dan Tugas Tukang Pos

Tugas Tukang Pos

Tugas Tukang Pos ~ Kapan terakhir kali Anda melihat tukang pos? Seiring dengan perkembangan teknologi memang keberadaan tukang pos sudah semakin tergeser dengan munculnya berbagai macam jenis ekspedisi.

Kemudahan bertukar informasi secara online juga menggeser fungsi surat yang biasa dikirim oleh para tukang pos. 

Advertisements

Tugas tukang pos kini lebih ditekankan pada pengiriman berkas penting dan paket seperti halnya perusahaan ekspedisi lainnya.

Untuk Anda yang tertarik mendalami profesi ini, kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai pengertian dan tugas tukang pos.

Pengertian Tukang Pos

Tukang pos adalah pegawai pada dinas pelayanan pos, mereka memiliki tanggung jawab dalam mengantarkan surat dan paket menuju alamat yang sesuai

Berbagai jenis barang yang dikirimkan bisa berupa dokumen, surat pribadi, surat pemberitahuan tagihan, sertifikat, ijazah, dan sebagainya

Advertisements

Untuk dapat mempertahankan eksistensinya di zaman yang serba online ini, PT Pos Indonesia terus mengalami evolusi layanan. Kini, kantor pos sudah bisa melayani pengiriman barang layaknya jasa ekspedisi swasta lainnya. 

Tentu saja jangkauan pengiriman kantor pos juga jauh lebih luas daripada jenis ekspedisi swasta, mengingat kantor pos sudah ada lebih lama.

Hampir semua barang bisa Anda kirimkan menggunakan jasa tukang pos, asal bukan barang berbahaya, atau barang yang mudah busuk (khusus untuk pengiriman jarak jauh).

Kantor pos termasuk dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sehingga status pegawainya setara dengan pegawai negeri. 

4 Tugas Tukang Pos

Di bawah ini merupakan 4 tugas seorang tukang pos.

1. Mengumpulkan Surat dari Kotak Pos

Pada beberapa kota, Anda mungkin masih menemui adanya kotak pos yang terpajang di pinggir jalan besar.

Fungsi dari kotak pos adalah menjadi tempat pengumpulan surat bagi para pelanggan kantor pos yang ingin mengirim surat tanpa harus menyetor langsung pada kantor pos.

Meskipun sudah tidak sepopuler dulu, petugas pos masih harus mengecek kotak pos setidaknya setiap seminggu sekali.

2. Mendata Surat dan Paket

Selain menggunakan kotak pos, pelanggan kantor pos juga bisa mengantarkan sendiri surat mereka pada kantor pos. Khususnya untuk pelanggan yang ingin mengirimkan paket yang agak besar.

Tukang pos bertugas untuk menerima dan mendata setiap surat dan paket tersebut, mulai dari kelengkapan perangko, menimbang paket, hingga menentukan apakah alamat sudah diisi dengan sesuai.

Dalam proses tersebut tukang pos juga harus memeriksa keamanan packing paket dan memastikan isinya bukan merupakan benda berbahaya.

3. Mengirim dan Menjemput Surat & Paket

Tugas tukang pos yang berikutnya adalah mengirimkan surat dan paket sesuai dengan wilayah tanggung jawab mereka.

Disini tukang pos harus memastikan paket dikirim dengan aman dan tepat waktu, serta memastikan bahwa penerima paket adalah orang yang sesuai.

Tidak jarang tukang pos harus menghubungi penerima untuk menanyakan lokasi alamat yang rinci apabila ditemui kesulitan dalam menemukan alamat tersebut.

Pengetahuan dan penguasaan wilayah akan sangat mempengaruhi kelancaran pengiriman surat dan paket dari kantor pos.

Selain itu para tukang pos juga kini memiliki layanan penjemputan, masyarakat yang ingin paketnya diangkut dan dijemput oleh petugas kantor pos bisa memanfaatkan layanan ini.

4. Mengatasi Keluhan Pelanggan

Untuk menjaga kualitas pelayanan, tukang pos harus siap menerima keluhan dan pertanyaan dari pelanggan.

Mereka harus bisa menjelaskan dengan singkat proses pengiriman, cara melacak pengiriman, serta persyaratan yang harus dipenuhi dalam mengirim surat dan paket melalui kantor pos.

Tukang pos juga bertugas dalam menerima segala macam kritik dan keluhan secara terbuka dan profesional untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih baik di kemudian hari.

Itulah dia beberapa tugas tukang pos yang perlu Anda ketahui apabila ingin menyelami profesi ini. Anda bisa menggunakan pengetahuan ini untuk melamar posisi tukang pos saat kantor pos membuka lowongan pekerjaan.