Membangun sebuah bisnis termasuk bisnis kuliner tentunya membutuhkan modal yang cukup, terlebih jika bisnis kuliner yang dipilih tergolong bisnis skala menengah atau bahkan skala besar.
Jika modal adalah salah satu kendala anda untuk dapat mengembangkan atau bahkan membangun bisnis, anda bisa mulai mencari investor untuk mengatasi masalah kendala modal yang anda hadapi.
Siapkan proposal usaha yang akan mewakili bisnis anda. Untuk contohnya bisa anda simak pada artikel berikut.
File tersedia dengan format DOC dan PDF
Download Contoh Proposal Usaha Ramen (DOC)
Contoh Proposal Usaha Ramen “MenRamen”
BAB 1 : Pendahuluan
Latar Belakang
Ramen merupakan salah satu sajian mie khas Jepang yang juga banyak disukai di Indonesia. Eksistensinya pun semakin terlihat dengan semakin banyak ya kedai ramen bermunculan.
Tidak mau kalah, MenRamen juga ingin ikut meramaikan market ramen di Indonesia dengan sajian ramen khasnya yang memiliki cita rasa khas yang gurih, nikmat, dan sedap.
Selain itu MenRamen juga membuat suasana kedainya seperti kedai kedai di negara Jepang dengan ciri khas lampion dan warna warna hitam dan merah dengan beberapa kaligrafi Jepang.
Lokasi yang dipilih juga cukup strategis ditambah layanan delivery dari aplikasi online yang selalu standby untuk memenuhi dan mengantarkan ramen yang dipesan.
Konsep Usaha
MenRamen menggunakan kedai ala Jepang sebagai tempat dine in dan juga bekerja sama dengan beberapa provider aplikasi yang melayani pembelian makanan secara online.
Visi Misi
Menyajikan ramen dengan cita rasa khas Jepang yang nikmat dan harga yang cukup ramah di kantong, khususnya untuk anak kos / Peran tau an yang jauh dari rumah.
BAB 2 : Analisa SWOT
Strength
Memiliki cita rasa yang khas yang berbeda dengan kedai kedai mie ramen di Indonesia lainnya. Varian juga cukup beragam dan harga yang masih terjangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.
Weakness
Porsi MenRamen tidak terlalu besar.
Opportunity
Banyaknya pecinta ramen di Indonesia, khususnya untuk mereka yang berdomisili di Tangerang Selatan tentunya merupakan peluang yang bagus untuk usaha MenRamen. Dengan cita rasa khas yang nikmat, tentunya akan banyak masyarakat yang menyukai menu ramen dari MenRamen.
Threat
Beberapa bahan baku diimpor langsung dari Jepang, sehingga jika terjadi kendala seperti halnya lockdown saat pandemi kemarin MenRamen akan cukup kesulitan untuk mendapatkan bahan baku pengganti sejenis.
BAB 3 : Rancangan Usaha
Nama Usaha : MenRamen
Produk yang Dihasilkan : Aneka variasi mie ramen
Harga : Mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 45.000
Target Market :
Target market utama tentunya adalah para mahasiswa yang banyak nge kos di kawasan kedai MenRamen. Namun di luar itu tentunya adalah seluruh kalangan masyarakat karena harganya yang cukup terjangkau.
Strategi Pemasaran :
Memanfaatkan social media Tiktok dan juga Instagram serta beberapa teman influencer untuk mempromosikan MenRamen.
Sistem Usaha :
Menjual mie ramen di sebuah kedai berkonsep Jepang yang nyaman dan asik untuk nongkrong. Tidak hanya itu, pemesanan melalui aplikasi online juga telah tersedia.
Sistem Pembagian Hasil :
MenRamen menjual sebagian sahamnya senilai 25% yaitu seharga Rp 25.000.000. Nantinya penghitungan bagi hasil bisa dengan mengalikan persentase saham yang dimiliki dengan jumlah keuntungan yang diperoleh dalam satu tahun.
BAB 4 : Analisa Keuangan
Modal
Peralatan
Peralatan | Keterangan |
Alat Masak Lengkap | Rp 2.500.000 |
Alat Makan Lengkap | Rp 2.000.000 |
Meja + Kursi | Rp 3.000.000 |
Rak | Rp 2.000.000 |
Chiller | Rp 5.000.000 |
Printer Kasir Mini | Rp 500.000 |
Tempat
Keterangan | Biaya |
Sewa Tempat | Rp 25.000.000 / tahun |
Renovasi | Rp 15.000.000 |
Karyawan
Karyawan | Gaji |
Chef | Rp 4.000.000 |
Waiters | Rp 3.000.000 |
Kasir | Rp 3.400.000 |
Total | Rp 10.400.000 |
Bahan Baku
Bahan baku di bawah ini adalah berdasarkan
Keterangan | Harga |
Mie | Rp 1.000.000 |
Sayuran | Rp 200.000 |
Telur | Rp 250.000 |
Nori | Rp 300.000 |
Ayam | Rp 300.000 |
Daging Sapi | Rp 350.000 |
Bumbu Utama | Rp 100.000 |
Bumbu Pelengkap | Rp 100.000 |
Total | Rp 2.600.000 |
Operasional
Keterangan | Biaya |
Listrik | Rp 250.000 |
Air | Rp 150.000 |
Gas LPG | Rp 200.000 |
Lain lain | Rp 100.000 |
Total | Rp 700.000 |
Promosi
Keterangan | Biaya |
Banner dan Baliho | Rp 150.000 |
Social Media | Rp 300.000 |
Harga Pokok Produksi
Produk | HPP | Harga Jual | Keuntungan |
Ramen Collagen | Rp 25.000 | Rp 35.000 | Rp 10.000 |
Spicy Ramen | Rp 27.000 | Rp 37.000 | Rp 10.000 |
MenRamen Signature | Rp 30.000 | Rp 45.000 | Rp 15.000 |
Miso Ramen | Rp 23.000 | Rp 33.000 | Rp 10.000 |
Ikigai Ramen | Rp 27.000 | Rp 37.000 | Rp 10.000 |
Estimasi Keuntungan
Perhitungan estimasi berikut ini berdasarkan target penjualan harian.
Produk | Target | Keuntungan Kotor |
Ramen Collagen | 20 Porsi | Rp 200.000 |
Spicy Ramen | 20 Porsi | Rp 200.000 |
MenRamen Signature | 20 Porsi | Rp 300.000 |
Miso Ramen | 10 Porsi | Rp 100.000 |
Ikigai Ramen | 10 Porsi | Rp 100.000 |
Perkiraan keuntungan yang akan didapatkan dalam sehari adalah Rp 900.000
Perkiraan keuntungan yang akan didapatkan dalam sebulan adalah Rp 900.000 x 30 = Rp 27.000.000
Estimasi Balik Modal
Keterangan | Nominal |
Keuntungan Kotor per Bulan | Rp 27.000.000 |
Pengeluaran per Bulan | Rp 13.700.000 |
Profit per Bulan | Rp 13.300.000 |
Perkiraan balik modal sekitar 2 bulan.
BAB 5 : Penutup
Dengan semakin banyaknya orang yang menyukai mie ramen, MenRamen berharap kehadirannya bisa memberikan sajian ramen terbaik yang banyak disukai orang.
MenRamen ingin semua orang bisa merasakan kenikmatan ramen. MenRamen juga berusaha untuk memberikan penawaran harga yang cukup terjangkau untuk setiap porsi ramen yang dihidangkan.
Dengan begitu kami berharap anda bersedia untuk bergabung bersama kami menjadi investor yang akan membantu perkembangan MenRamen lebih significant dan menghasilkan keuntungan yang banyak.