Contoh Proposal Usaha Ramen (Download DOC)

Membangun sebuah bisnis termasuk bisnis kuliner tentunya membutuhkan modal yang cukup, terlebih jika bisnis kuliner yang dipilih tergolong bisnis skala menengah atau bahkan skala besar.

Jika modal adalah salah satu kendala anda untuk dapat mengembangkan atau bahkan membangun bisnis, anda bisa mulai mencari investor untuk mengatasi masalah kendala modal yang anda hadapi.

Siapkan proposal usaha yang akan mewakili bisnis anda. Untuk contohnya bisa anda simak pada artikel berikut.

File tersedia dengan format DOC dan PDF

Proposal Ramen

Download Contoh Proposal Usaha Ramen (DOC)


Contoh Proposal Usaha Ramen “MenRamen”

BAB 1 : Pendahuluan

Latar Belakang

Ramen merupakan salah satu sajian mie khas Jepang yang juga banyak disukai di Indonesia. Eksistensinya pun semakin terlihat dengan semakin banyak ya kedai ramen bermunculan.

Tidak mau kalah, MenRamen juga ingin ikut meramaikan market ramen di Indonesia dengan sajian ramen khasnya yang memiliki cita rasa khas yang gurih, nikmat, dan sedap. 

Selain itu MenRamen juga membuat suasana kedainya seperti kedai kedai di negara Jepang dengan ciri khas lampion dan warna warna hitam dan merah dengan beberapa kaligrafi Jepang. 

Lokasi yang dipilih juga cukup strategis ditambah layanan delivery dari aplikasi online yang selalu standby untuk memenuhi dan mengantarkan ramen yang dipesan.

Konsep Usaha

MenRamen menggunakan kedai ala Jepang sebagai tempat dine in dan juga bekerja sama dengan beberapa provider aplikasi yang melayani pembelian makanan secara online.

Visi Misi

Menyajikan ramen dengan cita rasa khas Jepang yang nikmat dan harga yang cukup ramah di kantong, khususnya untuk anak kos / Peran tau an yang jauh dari rumah.

BAB 2 : Analisa SWOT

Strength

Memiliki cita rasa yang khas yang berbeda dengan kedai kedai mie ramen di Indonesia lainnya. Varian juga cukup beragam dan harga yang masih terjangkau oleh seluruh kalangan masyarakat.

Weakness

Porsi MenRamen tidak terlalu besar. 

Opportunity

Banyaknya pecinta ramen di Indonesia, khususnya untuk mereka yang berdomisili di Tangerang Selatan tentunya merupakan peluang yang bagus untuk usaha MenRamen. Dengan cita rasa khas yang nikmat, tentunya akan banyak masyarakat yang menyukai menu ramen dari MenRamen.

Threat

Beberapa bahan baku diimpor langsung dari Jepang, sehingga jika terjadi kendala seperti halnya lockdown saat pandemi kemarin MenRamen akan cukup kesulitan untuk mendapatkan bahan baku pengganti sejenis.

BAB 3 : Rancangan Usaha

Nama Usaha : MenRamen 

Produk yang Dihasilkan : Aneka variasi mie ramen

Harga : Mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 45.000

Target Market : 

Target market utama tentunya adalah para mahasiswa yang banyak nge kos di kawasan kedai MenRamen. Namun di luar itu tentunya adalah seluruh kalangan masyarakat karena harganya yang cukup terjangkau.

Strategi Pemasaran : 

Memanfaatkan social media Tiktok dan juga Instagram serta beberapa teman influencer untuk mempromosikan MenRamen.

Sistem Usaha : 

Menjual mie ramen di sebuah kedai berkonsep Jepang yang nyaman dan asik untuk nongkrong. Tidak hanya itu, pemesanan melalui aplikasi online juga telah tersedia.

Sistem Pembagian Hasil : 

MenRamen menjual sebagian sahamnya senilai 25% yaitu seharga Rp 25.000.000. Nantinya penghitungan bagi hasil bisa dengan mengalikan persentase saham yang dimiliki dengan jumlah keuntungan yang diperoleh dalam satu tahun.

BAB 4 : Analisa Keuangan

Modal 

Peralatan

PeralatanKeterangan
Alat Masak LengkapRp 2.500.000
Alat Makan LengkapRp 2.000.000
Meja + KursiRp 3.000.000
RakRp 2.000.000
ChillerRp 5.000.000
Printer Kasir MiniRp 500.000

Tempat

KeteranganBiaya
Sewa TempatRp 25.000.000 / tahun
RenovasiRp 15.000.000

Karyawan

KaryawanGaji
ChefRp 4.000.000
WaitersRp 3.000.000
KasirRp 3.400.000
TotalRp 10.400.000

Bahan Baku

Bahan baku di bawah ini adalah berdasarkan 

KeteranganHarga
MieRp 1.000.000
SayuranRp 200.000
TelurRp 250.000
NoriRp 300.000
AyamRp 300.000
Daging SapiRp 350.000
Bumbu UtamaRp 100.000
Bumbu PelengkapRp 100.000
TotalRp 2.600.000

Operasional

KeteranganBiaya
ListrikRp 250.000
AirRp 150.000
Gas LPGRp 200.000
Lain lainRp 100.000
TotalRp 700.000

Promosi

KeteranganBiaya
Banner dan BalihoRp 150.000
Social MediaRp 300.000

Harga Pokok Produksi

ProdukHPPHarga JualKeuntungan
Ramen CollagenRp 25.000Rp 35.000Rp 10.000
Spicy RamenRp 27.000Rp 37.000Rp 10.000
MenRamen SignatureRp 30.000Rp 45.000Rp 15.000
Miso RamenRp 23.000Rp 33.000Rp 10.000
Ikigai RamenRp 27.000Rp 37.000Rp 10.000

Estimasi Keuntungan

Perhitungan estimasi berikut ini berdasarkan target penjualan harian.

ProdukTargetKeuntungan Kotor
Ramen Collagen20 PorsiRp 200.000
Spicy Ramen20 PorsiRp 200.000
MenRamen Signature20 PorsiRp 300.000
Miso Ramen10 PorsiRp 100.000
Ikigai Ramen10 PorsiRp 100.000

Perkiraan keuntungan yang akan didapatkan dalam sehari adalah Rp 900.000

Perkiraan keuntungan yang akan didapatkan dalam sebulan adalah Rp 900.000 x 30 = Rp 27.000.000

Estimasi Balik Modal

KeteranganNominal
Keuntungan Kotor per BulanRp 27.000.000
Pengeluaran per BulanRp 13.700.000
Profit per BulanRp 13.300.000

Perkiraan balik modal sekitar 2 bulan.

BAB 5 : Penutup

Dengan semakin banyaknya orang yang menyukai mie ramen, MenRamen berharap kehadirannya bisa memberikan sajian ramen terbaik yang banyak disukai orang. 

MenRamen ingin semua orang bisa merasakan kenikmatan ramen. MenRamen juga berusaha untuk memberikan penawaran harga yang cukup terjangkau untuk setiap porsi ramen yang dihidangkan. 

Dengan begitu kami berharap anda bersedia untuk bergabung bersama kami menjadi investor yang akan membantu perkembangan MenRamen lebih significant dan menghasilkan keuntungan yang banyak. 

Bagikan Postingan: