Tugas Sales Hotel yang Wajib Kalian Ketahui

Tugas Sales Hotel

Tugas Sales Hotel ~ Kalau bicara soal di hotel, petugas apa saja yang Anda ketahui atau yang pernah Anda temui? Security, OB, resepsionis, bellboy? Lalu pernahkah Anda bertemu dengan seorang sales hotel? Atau mungkin Anda pernah melihatnya di event tertentu dengan membawa brosur berisi informasi sebuah hotel?

Apa itu Sales Hotel?

Pernah membaca atau melihat brosur promosi sebuah hotel (penginapan)? Atau pernahkah Anda membaca iklan tentang penawaran menginap di hotel yang tiba-tiba muncul di blog maupun sosial media? Semua itulah makanan sehari-hari marketing department perhotelan.

Di dalam marketing department ada posisi yang krusial perannya, yaitu sales hotel atau yang juga disebut dengan marketing hotel. Sales atau marketing hotel biasanya diberikan target, baik harian, bulanan maupun tahunan.

Tugas Sales Hotel

Tidak hanya krusial pada marketing department, sales juga memiliki tugas yang berat dan penting bagi keberlangsungan hotel tersebut. Di antara tugasnya adalah:

1. Mengumpulkan Informasi Perhotelan

Tugas sales atau marketing hotel yang nampak sepele, padahal tidak kalah pentingnya adalah menggali informasi sebanyak-banyaknya seputar dunia perhotelan. Misalnya, siapa pesaing beratnya, fasilitas atau program promosi dari pesaing, hal-hal yang dibutuhkan traveller terkait penginapan yang belum dimiliki hotel pesaing dan sebagainya. Informasi-informasi tersebut akan dibutuhkan untuk tugas sales berikutnya.

2. Menyusun Program Promosi Hotel

Sebelum melakukan tugas utamanya, terlebih dahulu sales hotel harus merencanakan hal-hal terkait target yang sudah ditentukan pihak manajemen hotel. Sales atau marketing hotel merencanakan strategi yang akan dilakukan ke depannya, termasuk program promosi yang akan dijalankan.

Selain itu juga merencanakan sasaran dari promosi hotel tersebut. Akan dipromosikan melalui media apa, dikhususkan untuk siapa, jangka waktu promosi, apa saja yang akan didapatkan dan lainnya.

3. Melakukan Promosi Hotel

Tugas utama sales, di perusahaan mana pun, adalah melakukan promosi penjualan. Begitupun dengan sales atau marketing hotel, yang tugasnya mempromosikan hotel tersebut. Sales melakukan eksekusi dari perencanaan program-program promosi yang sudah dirancang sebelumnya.

Sales hotel harus mampu memikat orang-orang yang berpotensi dapat menjadi tamu. Menginap, menikmati promo yang sudah dibuat dan menjajal fasilitas-fasilitas hotel yang tersedia. Sales melakukan promosi dengan berbagai cara. Mulai dari membagi brosur, telemarketing, menjalin MoU dengan pihak lain, mengikuti event pariwisata dan sebagainya.

4. Menjamin Pelanggan

Sebagai salah satu petugas di hotel, sales pun bertugas dalam menjamin kepuasan, kenyamanan dan atau keamanan pelanggan. Termasuk sebagai tolak ukur, apakah program promosi yang ditawarkan, menarik dan memuaskan pelanggan atau tidak.

Selain itu, kepuasan, kenyamanan hingga keamanan pelanggan, dapat menjadi testimoni. Di mana testimoni itulah yang biasanya dicantumkan oleh para sales pada brosur promosi hotel.

5. Bekerja sama dengan Mitra

Dapatkah hotel memiliki mitra bisnis? Tentu. Maka dari itulah sales hotel dituntut memiliki relasi yang luas. Sebagai jalan untuk menjalin kerja sama dengan mitra. Misalnya dengan perusahaan di bisnis lain, tempat/obyek wisata, restoran, kampus atau sekolah dan lainnya.

6. Bekerja sama dengan Pihak Ketiga

Di masa modern ini, banyak transaksi yang sudah beralih ke sistem online, tak terkecuali jasa penginapan seperti hotel. Dari situ pun, muncul istilah OTA atau Online Travel Agencies. Pernah dengar istilah OTA? Singkatnya, OTA adalah aplikasi layanan hotel dan atau pariwisata pada umumnya. Contoh OTA yang pasti Anda tahu, Agoda, Traveloka, PegiPegi, Tiket.Com dan lainnya.

Maka dari itu, agar semakin maju dan mencapai bahkan melampaui target penjualan, sales (marketing) hotel-lah yang bertugas menjalin kerja sama dengan OTA sebagai mitra kerjanya. Apalagi saat ini, traveller didominasi oleh kawula muda, yang tentunya tidak gaptek.

7. Membuat Laporan

Sales atau marketing hotel bekerja dengan target yang sudah ditentukan. Misalnya target jumlah tamu yang menginap, jumlah tamu yang menggunakan fasilitas tertentu di hotel, jumlah tamu yang makan di restoran hotel dan sebagainya.

Sales hotel yang membuat laporan apakah targetnya sudah tercapai, apakah program promosi dan media promosi yang dilakukan sudah tepat sasaran dan bagaimana pencapaiannya dan lainnya. Laporan inilah yang menjadi evaluasi atas pekerjaan yang sudah dilakukan. Untuk kemudian merencanakan langkah yang harus dilakukan setelahnya.

Apakah Anda sudah memiliki gambaran yang jelas, bagaimana pentingnya tugas seorang sales hotel? Atau Anda berminat menjadi sales hotel?

Bagikan Postingan: