Advertisements

7 Tugas dan Tanggung Jawab Operator Mesin

Tugas Operator Mesin

Tugas Operator Mesin ~ Pekerjaan operator mesin biasanya banyak dibutuhkan di perusahaan yang memproduksi barang tertentu atau bisa disebut perusahaan manufaktur, seperti mobil, kertas dan lain sebagainya.

Secara sederhananya operator mesin bertugas untuk menjalankan mesin produksi ataupun mesin tertentu dalam perusahaan. Selain itu, dia juga bertanggung jawab atas pemeriksaan mesin sebelum digunakan.

Advertisements

Pengertian Operator Mesin Secara Rinci

Operator mesin adalah seseorang atau sekumpulan orang yang bertugas mengoperasikan alat mesin dan sejenisnya.

Selain itu, operator mesin memiliki tanggung jawab utama sebagai orang yang harus memeriksa mesin sebelum dinyalakan dalam suatu industri atau perusahaan manufaktur.

Pada intinya profesi operator mesin harus memiliki pengetahuan yang baik tentang permesinan dan mengetahui berbagai macam mesin, sekaligus cara merawatnya.

Macam-macam Tugas Operator Mesin

Adapun macam-macam tugas untuk operator mesin, antara lain :

Advertisements

1. Mengoperasikan Mesin

Tugas utama dari operator mesin pada dasarnya adalah untuk mengoperasikan mesin yang ada dalam suatu perusahaan. Pengoperasian mesin tersebut tentunya akan berbeda dan disesuaikan dengan jenis mesin dan kegunaannya.

Misalnya ada operator mesin yang bertugas untuk mengoperasikan mesin bubut, mengoperasikan mesin pemotong, mengoperasikan mesin press dan lain sebagainya.

Dalam mekanisme pengoperasian mesin yang dilakukan oleh operator mesin harus disesuaikan dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang ada dalam perusahaan tempat ia bekerja.

2. Melakukan Persiapan dan Pengendalian Mesin

Sebelum mesin dinyalakan untuk digunakan, seorang operator mesin akan ditugaskan untuk melakukan persiapan pada mesin tersebut. Tentunya operator mesin akan melihat apakah mesin sudah siap untuk dinyalakan ataupun belum.

Apabila mesin tersebut tidak siap untuk digunakan, maka tugas dari operator mesin adalah melakukan pengendalian terhadap mesin tersebut.

3. Melakukan Pemantauan Mesin

Seorang operator mesin juga bertugas untuk selalu memantau mesin dalam perusahaan. Operator mesin melakukan pemantauan terhadap baik buruknya performa mesin. 

Selain itu juga memastikan kelayakan mesin untuk digunakan untuk kelancaran produksi dan lainnya. Pemantauan yang dilakukan tentunya dengan berdasarkan pada prosedur yang sudah ada dalam setiap perusahaan.

4. Melakukan Inspeksi Peralatan Mesin Sesuai Prosedur

Seorang operator mesin memiliki tugas untuk selalu melakukan inspeksi pada mesin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah mesin yang dijalankan tersebut masih memiliki kualitas yang baik untuk digunakan ataukah tidak.

Untuk melakukan inspeksi mesin, biasanya operator mesin sudah diberitahukan bagaimana prosedur yang harus ia lakukan. 

Prosedur atau SOP inspeksi mesin dalam suatu perusahaan biasanya akan berbeda-beda sesuai dengan jenis mesin dan kegunaannya.

5. Melaksanakan Pengecekan Mesin yang Rusak

Seorang operator mesin bertugas untuk melakukan pengecekan terhadap mesin yang rusak. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan cara membuat log book harian tentang kualitas mesin, melakukan pengontrolan dan juga melihat kondisi spare parts yang ada dalam mesin.

Pengecekan pada mesin yang rusak harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada dalam perusahaan. Setiap perusahaan sudah memiliki prosedur terkait pengecekan dan penanganan terhadap mesin yang rusak.

6. Melaksanakan Pemeliharaan Mesin

Operator mesin juga bertugas untuk melakukan pemeliharaan terhadap mesin yang digunakan. 

Pemeliharaan ini bisa dilakukan dengan melakukan pemantauan secara berkala, membuat laporan mesin melalui log book, melakukan pelumasan mesin, dan juga patuh pada jadwal pemeliharaan dan penyimpanan mesin.

7. Melakukan Tugas Kedinasan Lain Sesuai Perintah Pimpinan

Selain melakukan beberapa tugas seperti yang sudah dijelaskan di atas. Seorang operator mesin biasanya juga akan diberikan tugas lain oleh pimpinan namun masih relevan dengan tugas utamanya. 

Tugas yang dimaksud misalnya merencanakan pembelian mesin, penggantian spare parts mesin dan lain sebagainya.

Tanggung Jawab Operator Mesin

  • Memenuhi Target Kerja yang Sudah Ditentukan

Setiap perusahaan pasti memiliki target tertentu pada setiap bagian divisi yang ada. Hal ini juga berlaku untuk seorang operator mesin.

Operator mesin memiliki target untuk bisa berjalan dengan efisien produktivitas dan kinerja mesin yang ada pada perusahaan tersebut.

  • Memahami dan Menjalankan Skema Pekerjaan Operator Mesin

Operator mesin bertanggung jawab atas berjalan dengan baiknya skema kerja yang diberlakukan oleh perusahaan. Skema ini bisa dipahami sebagai lokasi service dan juga sistem jadwal bergilir yang diberlakukan oleh perusahaan. 

  • Membuat Laporan Pekerjaan

Operator produksi juga bertanggung jawab untuk membuat laporan hasil kinerjanya. Laporan ini berguna sebagai bahan analisa yang dilakukan oleh leader produksi dan juga akan digunakan sebagai bahan laporan untuk pihak akunting produksi.