Advertisements

Inilah 6 Tugas dan Tanggung Jawab Operator Gudang

Tugas Operator Gudang

Tugas Operator Gudang ~ Pekerjaan operator gudang bisa juga disebut sebagai pekerjaan pembantu gudang. Tugasnya untuk membantu supervisor dan juga staff gudang. Operator gudang biasanya ditugaskan dalam gudang pabrik industri.

Pengertian Operator Gudang

Gudang merupakan salah satu bagian yang ada pada divisi produksi. Juga sebagai elemen yang cukup vital untuk berjalan dengan baiknya proses produksi dalam suatu perusahaan.

Advertisements

Operator gudang dapat dipahami sebagai seseorang atau sekumpulan orang yang bertugas untuk mengatur berjalan dengan baiknya kinerja yang ada di gudang. 

Kinerjanya tersebut berkaitan dengan mengatur stok barang di gudang, bongkar muat barang, mengoperasikan forklift, dan lainnya.

6 Tugas Operator Gudang

Adapun penjelasan mengenai tugas dari operator gudang secara rinci akan di bahas di bawah ini:

1. Melakukan Briefing Pagi

Kegiatan  briefing pagi penting untuk dilakukan guna memastikan operator Gudang mengetahui dan memahami perencanaan kerja di hari tersebut.

Advertisements

Tujuan utama dilakukannya briefing pagi adalah untuk meminimalisir terjadinya kesalahan yang diakibatkan oleh ketidak pahaman dari operator Gudang.

2. Melakukan Proses Penerimaan Barang

Pada bagian penerimaan, operator Gudang memiliki tugas sebagai yang menerima barang yang masuk ke area Gudang. 

Barang yang dimaksudkan tersebut bisa berasal dari mana saja, bisa dari vendor ataupun barang hasil return atau barang yang terjadi rijek setelah hasil produksi.

3. Stacker

Pada bagian stacker, seorang operator gudang memiliki tugas untuk menyusun display barang sekaligus juga menghafalkan nama barang ataupun item yang terdapat di gudang.

Sederhananya bagian stacker pada operator gudang ini hampir mirip dengan bagian merchandise yang ada dalam perusahaan retail. Akan tetapi dalam dunia manufaktur, posisi stacker ini banyak terdapat di perusahaan garmen atau fast moving goods.

4. Mengambil dan Menyiapkan Barang (Picker)

Pada bagian picker, seorang operator gudang memiliki tugas untuk mengambil dan menyiapkan barang yang sudah dipesan dan akan dikirimkan ke konsumen atau klien.

Untuk mengefisienkan waktu kerja, seorang picker ini akan berkoordinasi dengan bagian stacker. Maksud koordinasi tersebut adalah seorang stacker pastinya akan lebih memahami dan menghafal barang yang dibutuhkan oleh picker dan stacker lebih tau di mana barang-barang tersebut berada.

5. Melakukan Pengecekan Barang (Checker)

Pada bagian pengecekan barang, seorang operator gudang akan bertugas untuk menerima dan melakukan pengecekan barang yang sebelumnya telah disiapkan oleh picker sebelum.

Operator gudang akan melakukan pengecekan sebelum barang tersebut dikirim, apakah barang yang akan dikirim tersebut sudah sesuai dengan standar yang ada atau belum.

Oleh sebab itu seorang operator gudang bagian pengecekan ini harus memiliki ketelitian dan fokus yang tinggi. Sebab apabila sampai terjadi kesalahan pada stok, hal tersebut akan berdampak pada terjadinya kesulitan saat stock opname dilakukan.

6. Dispatcher

Bila seorang operator gudang berstatus sebagai dispatcher, maka ia memiliki tugas sebagai seorang transporter atau pengangkut barang.

Sederhananya bagian dispatcher dari operator gudang ini dapat dipahami sebagai bagian dari pengiriman dan delivery.

Tugasnya tentu saja melakukan pengiriman barang yang sebelumnya sudah disiapkan oleh bagian picker dan telah dilakukan pengecekan barang oleh bagian checker.

Tanggung Jawab Operator Gudang

Adapun tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh operator gudang adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kondisi barang dengan baik

Seorang operator gudang selain bertugas sebagai pengatur bagian gudang akan proses bongkar muat dan pengiriman barang bisa berjalan lancar juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kondisi barang dengan baik.

Kondisi barang yang sudah dilakukan pembongkaran dan barang yang akan dikirim harus senantiasa terjaga kondisinya. oleh karena itu seorang operator gudang bertanggung jawab untuk menjaga kondisi barang tersebut

  • Memastikan hitungan stok barang dengan tepat:

Seorang operator gudang juga bertanggung jawab untuk memastikan stok barang dalam hitungan yang benar. 

Sebab apabila itu tidak dilakukan dengan baik akan mengganggu proses selanjutnya yang berkaitan dengan pengiriman barang.

  • Memastikan berjalan dengan baiknya proses pengiriman barang:

Operator gudang juga bertanggung jawab atas kelancaran pengiriman barang. ini berkaitan dengan kelancaraan koordinasi setiap bagian yang ada pada operator gudang

  • Dapat bekerja sesuai target yang sudah ditetapkan oleh perusahaan:

Operator gudang juga bertanggung jawab untuk memenuhi target yang sudah diberikan oleh perusahaan.

  • Senantiasa menjaga dan memelihara kebersihan gudang:

Operator gudang juga bertanggung jawab untuk kebersihan gudang. hal tersebut juga bertujuan untuk kelancaran dan kenyamanan melakukan pekerjaan di bagian gudang.