Tugas Direktur Personalia yang Wajib Anda Ketahui

Tugas Direktur Personalia

Tugas Direktur Personalia ~ Semua perusahaan pastinya memiliki hirarki dan susunan jabatan yang bisa Anda ketahui. Mulai dari yang tertinggi hingga staff atau karyawan. Hal ini perlu Anda ketahui ketika bekerja dalam suatu perusahaan.

Salah satu profesi yang cukup tinggi dan memiliki satu tingkat dengan direktur bagian lainya ialah direktur personalia. Profesi ini cukup vital pada sebuah perusahaan. Dan pada sebuah perusahaan direktur personalia memiliki tugas yang cukup kompleks sebagai berikut:

Deskripsi Profesi Direktur Personalia

Dalam sebuah perusahaan seorang direktur personalia termasuk salah satu profesi yang cukup penting. Direktur personalia ini bertanggung jawab dalam proses pengembangan dan perencanaan sistem personalia dan pengendalian kebijakan semua pegawai.

Jadi seorang direktur personalia dalam sebuah perusahaan ini  merupakan seseorang, yang memiliki wewenang untuk menuntaskan kebutuhan administrasi dari para pegawai. Direktur personalia ini memiliki tugas yang cukup berat dalam proses pengaturan karyawan.

Tugas Direktur Personalia

Bagi Anda yang ingin mengetahui rangkaian tugas dari direktur personalia, silahkan untuk melihat penjelasannya di bawah ini:

1. Proses Perekrutan SDM

Dalam menjalankan pekerjaannya, seorang direktur personalia bertugas terhadap perekrutan sumber daya manusia bagi suatu perusahaan. Sehingga agenda rekrutan dari sebuah perusahaan ini merupakan salah satu tanggung jawab tugas yang dimiliki direktur personalia.

Pada saat menjalankan tugas ini, maka seorang direktur personalia mengarahkan jajaran staf yang berada di bawahnya, guna melakukan pembukaan lowongan pekerjaan baru, perekrutan, wawancara dan juga agenda seleksi karyawan baru

2. Pengelolaan dan Evaluasi Berkas Pelamar

Setelah agenda pembukaan lowongan pekerjaan di lakukan, maka proses selanjutnya adalah direktur personalia melakukan evaluasi terhadap berkas pelamar. Jabatan direktur personalia di beberapa perusahaan ada yang melakukan evaluasi berkas bersamaan dengan staff lainnya.

Meski demikian juga terdapat beberapa perusahaan, dimana profesi direktur personalia ini melakukan evaluasi berkas pelamar, yang telah melewati penyaringan berkas oleh staff lain sebelumnya.

3. Melakukan Pemberhentaan Karyawan

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa direktur personalia ini bertanggung jawab terhadap sumber daya manusia atau karyawan. Selain itu perlu Anda ketahui juga bahwa seorang direktur personalia ini bisa melakukan pemecatan karyawan.

Jadi ketika karywan melakukan pelanggaran aturan, yang telah ditetapkan oleh perusahaan maka direktur personalia memiliki hak untuk mengeluarkan sanksi maupun pemberhentian karyawan tersebut.

4. Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia

Direktur personalia juga bertanggung jawab terhadap pengembangan mutu dan kualitas, yang dimiliki oleh karyawan perusahaan. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan beberapa agenda yang bertujuan untuk menambahkan kemampuan dan kualitas kerja karyawan.

Seperti yang bisa Anda ketahui beberapa agenda direktur personalia untuk tujuan pengembangan kualitas karyawan, yaitu : melakukan sesi training singkat dan standar pengembangan mutu, yang pada perusahaan dilakukan oleh gugus kendali mutu.

5. Mengembangkan Sikap Positif Staff

Dalam prosesnya direktur personalia juga bertanggung jawab terhadap pengembangan sikap kerja yang baik bagi para karyawannya. Sehingga ketika bekerja para staff maupun karyawan dapat bekerja dengan baik dan kegiatan perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

Hal ini biasanya dilakukan dengan memberikan evaluasi terhadap aturan dan pemberlakukan aturan, yang berfokus pada tata krama dan sikap antar sesama pekerja di lingkungan perusahan. Selain itu pelatihan dan beberapa aktivitas lain juga bisa dilakukan.

6. Penghubung Antara Karyawan dan Perusahaan

Direktur personalia bertanggung jawab terhadap terjalinnya kerjasama yang baik antara karyawan dan perusahaan. Sehingga karyawan yang bisa bekerja dengan baik, nyaman dan bahagia.

Selain itu perusahaan juga bisa berjalan dengan lancar karena memiliki kualitas sumber daya yang baik karena kesejahteraannya terjamin.

Nah itulah tadi beberapa tugas dari profesi “Direktur Personalia” yang bisa Anda ketahui. Jangan lupa untuk menuliskan saran dan ulasan pada kolom yang tersedia. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Bagikan Postingan: