Proposal Usaha Mie Ayam – Proposal merupakan sebuah dokumen yang menjelaskan secara detail tentang bagaimana sebuah usaha dijalankan.
Umumnya seorang pengusaha membuat proposal usaha untuk menarik perhatian investor agar tertarik untuk menanamkan modalnya di usaha tersebut.
Meskipun demikian proposal usaha juga bisa digunakan oleh pengusaha untuk membuat rincian modal usaha dengan mudah, menentukan ide usaha, dan berbagai tujuan lainnya. Berikut contoh proposal usaha yang bisa menjadi referensi untuk usaha anda.
Download Proposal Mie Ayam
Proposal Usaha Mie Ayam Go
BAB 1: Pendahuluan
Latar Belakang
Mie ayam merupakan makanan khas Indonesia yang kelestariannya harus tetap dijaga. Apalagi saat ini semakin banyak makanan kekinian yang muncul sehingga bisa menggeser kelestarian dari mie ayam di berbagai daerah.
Inilah yang melatarbelakangi pendirian Mie Ayam Go sebagai kedai mie ayam kekinian yang dikemas dengan praktis dan modern sehingga dapat dibawa kemana saja.
Selain itu ada berbagai variasi mie ayam yang bisa dipesan sesuai dengan selera masing-masing konsumen tentunya dengan harga yang kompetitif di wilayah perkotaan.
Konsep Usaha
Mie Ayam Go mengusung konsep praktis dan efisien dimana konsumen bisa menikmati mie ayam bercita rasa otentik dengan kemasan yang praktis menggunakan mangkuk sekali pakai.
Sistem penjualan utamanya adalah online, namun konsumen juga bisa menikmati Mie Ayam Go ditempat karena kami menyediakan outlet yang bersih dan nyaman.
Visi Misi
Visi : Menciptakan cara makan mie ayam baru yang lebih praktis dan efisien sehingga mampu bersaing dengan produk makanan kekinian.
Misi :
- Selalu melakukan inovasi produk dengan melakukan riset sesuai dengan kebutuhan dan minat konsumen.
- Selalu mengutamakan pelayanan terbaik bagi konsumen dengan bersikap ramah dan santun.
- Memberikan suasana kerja yang nyaman bagi seluruh karyawan sehingga dapat bekerja dengan maksimal.
BAB 2: Analisa SWOT
Strength:
Mie Ayam Go dikemas dengan modern menggunakan mangkuk berstandarisasi aman sehingga dapat dibawa bepergian. Selain itu Mie Ayam Go tersedia dalam berbagai varian rasa dan harga yang terjangkau sehingga dapat dikonsumsi oleh seluruh kalangan masyarakat.
Weakness:
Harga bahan baku yang tidak stabil mempengaruhi keuntungan yang didapatkan mengingat kami harus menjaga kualitas produk sesuai dengan standar yang telah kami tetapkan sebelumnya.
Opportunity:
Konsep yang berbeda dari Mie Ayam Go belum dimiliki oleh mie ayam lainnya sehingga kesempatan untuk mengembangkan usaha ini masih terbuka lebar.
Threat:
Tingkat konsumsi masyarakat yang tidak bisa diprediksi membuat jumlah Mie Ayam Go yang terjual setiap hari tidak stabil. Selain itu munculnya mie kekinian membuat permintaan mie ayam sewaktu-waktu mengalami penurunan.
BAB 3: Rencana Usaha
Nama usaha:
Mie Ayam Go
Produk yang dihasilkan:
Secara umum ada beberapa jenis mie ayam yang diproduksi oleh Mie Ayam Go, yaitu mie ayam pangsit, mie ayam bakso, mie ayam jamur, mie ayam ceker, dan mie ayam komplit.
Rincian harga:
Berikut rincian harga dari Mie Ayam Go:
1 . Mie Ayam Pangsit : Rp. 15.000
2. Mie Ayam Bakso : Rp. 20.000
3. Mie Ayam Jamur : Rp. 18.000
4. Mie Ayam Ceker : Rp. 20.000
5. Mie Ayam Komplit : Rp. 25.000
6. Teh Panas/Dingin : Rp. 5.000
7. Jeruk Panas/Dingin : Rp. 5.000
Target market:
Target pasar dari penjualan Mie Ayam Go adalah seluruh masyarakat Kota Probolinggo terutama masyarakat di usia produktif yang bekerja di lingkup Jalan Ahmad Dahlan dan sekitarnya.
Strategi pemasaran:
Secara umum strategi pemasaran dari Mie Ayam Go terbagi menjadi dua yaitu pemasaran offline dan online.
Dalam pemasaran offline kami seringkali menjadi sponsor di berbagai kegiatan daerah. Selain itu kami juga melakukan pemasaran dengan memasang pamflet di jalan raya.
Sedangkan untuk pemasaran online, kami aktif membuat konten di media sosial setiap hari serta memberikan promo menarik kepada konsumen setiap minggu.
Untuk memaksimalkan jangkauan pemasaran, kami juga menggunakan jasa Instagram Ads agar Mie Ayam Go bisa dikenal oleh lebih banyak orang.
Sistem usaha:
Sistem usaha dari Mie Ayam Go adalah penjualan secara langsung dengan membuka outlet di pusat kota Probolinggo.
Meskipun kami menyediakan outlet yang cukup nyaman bagi konsumen yang datang untuk menikmati mie ayam secara langsung, kami lebih fokus untuk melayani penjualan online yaitu dengan bekerjasama dengan jasa pesan antar GoFood, Shopee Food, serta Grab Food.
Sistem pembagian hasil:
Permintaan Mie Ayam Go yang terus mengalami peningkatan setiap harinya membuat kami berencana untuk memperluas outlet dan menambah jumlah karyawan.
Untuk itu bagi anda yang tertarik dengan usaha ini, anda bisa bekerjasama dengan kami melalui investasi sebesar 25% atau senilai Rp. 25.000.000.
Kerjasama ini akan berlangsung selama 2 tahun dimana keuntungan dari investasi ini akan kami berikan setiap bulannya sesuai dengan hasil penjualan bersih bulanan.
BAB 4: Analisa Keuangan
1 . Modal
Kebutuhan Perlengkapan
Keterangan | Harga |
Gerobak Mie Ayam | Rp. 450.000 |
Panci Besar | Rp. 250.000 |
Kompor Gas | Rp. 300.000 |
Banner | Rp. 200.000 |
Meja dan Kursi Pengunjung | Rp. 1.200.000 |
Peralatan Makan | Rp. 300.000 |
Mangkuk Kemasan dan Sumpit | Rp. 500.000 |
Meja Kasir | Rp. 500.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tahunan | Rp. 18.000.000 |
Biaya Renovasi Tempat | Rp. 10.000.000 |
Gaji Karyawan
Keterangan | Harga |
2 Tukang Masak | Rp. 5.000.000 |
1 Kasir | Rp. 2.250.000 |
3 Pelayan | Rp. 4.500.000 |
Biaya Operasional
Keterangan | Harga |
Belanja Bahan Pokok Bulanan | Rp. 5.000.000 |
Biaya Listrik | Rp. 300.000 |
Biaya Air | Rp. 150.000 |
Biaya Promosi
Keterangan | Harga |
Instagram Ads | Rp. 300.000 |
Sponsorship | Rp. 500.000 |
2. Harga Pokok Produksi
Keterangan | HPP | Harga Jual | Keutungan |
Mie Ayam Pangsit | Rp. 10.000 | Rp. 15.000 | Rp. 5.000 |
Mie Ayam Bakso | Rp. 15.000 | Rp. 20.000 | Rp. 5.000 |
Mie Ayam Jamur | Rp. 13.000 | Rp. 18.000 | Rp. 5.000 |
Mie Ayam Ceker | Rp. 13.000 | Rp. 20.000 | Rp. 7.000 |
Mie Ayam Komplit | Rp. 15.000 | Rp. 25.000 | Rp. 10.000 |
Teh Panas/Dingin | Rp. 2.000 | Rp. 5.000 | Rp. 3.000 |
Jeruk Panas/Dingin | Rp. 2.000 | Rp. 5.000 | Rp. 3.000 |
3. Perkiraan Keuntungan
Nama Produk | Target Penjualan Perhari | Keuntungan Kotor Per Hari |
Mie Ayam Pangsit | 20 porsi | Rp. 100.000 |
Mie Ayam Bakso | 20 porsi | Rp. 100.000 |
Mie Ayam Jamur | 20 porsi | Rp. 100.000 |
Mie Ayam Ceker | 20 porsi | Rp. 140.000 |
Mie Ayam Komplit | 20 porsi | Rp. 200.000 |
Teh Panas/Dingin | 50 gelas | Rp. 150.000 |
Jeruk Panas/Dingin | 50 gelas | Rp. 150.000 |
Total | 200 porsi | Rp. 940.000 |
4. Estimasi Balik Modal
Keterangan | Total |
Keuntungan Kotor Bulanan | Rp. 28.200.000 |
Biaya Operasional Bulanan | Rp. 18.000.000 |
Keuntungan Bersih Bulanan | Rp. 10.200.000 |
BAB 5: Penutup
Mie Ayam Go menjadi pelopor cara menikmati mie ayam kekinian yang lebih praktis dan cocok untuk dibawa kemana saja. Untuk menikmati seporsi Mie Ayam Go juga mudah karena bisa dipesan melalui aplikasi online.
Mie Ayam Go juga menunjukkan bahwa makanan tradisional bisa bersaing dengan makanan kekinian asalkan pengusaha berkeinginan untuk terus melakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini.