Sejak beberapa tahun belakangan takoyaki sudah menjadi salah satu cemilan yang disukai di Indonesia. Bahkan berbagai usaha mandiri bermunculan dengan nama usaha takoyaki berbeda-beda, meskipun produk yang dijual relatif sama.
Di tahun 2024 mendatang, usaha ini masih berpotensi menjadi populer asalkan Anda bisa memberikan produk berkualitas dan enak serta harganya terjangkau bagi berbagai kalangan. Lantas, nama apa yang cocok dipakai?
Nama Usaha Takoyaki Hoki Tahun 2024
Berhubung saat ini sudah banyak yang jualan takoyaki dengan nama-nama pilihan sendiri, tentu Anda juga harus mulai hunting nama terbaik. Nantinya nama usaha itu tentu akan merepresentasikan usaha untuk jangka panjang.
Berikut ini beberapa rekomendasi nama yang bisa dipilih, unik dan tidak pasaran. Tinggal sesuaikan makna dan pengucapannya, sesuai yang Anda mau agar proses promosi menjadi lebih mudah nantinya.
Takoyakita
Nama ini memiliki arti tersendiri, yaitu takoyaki milik kita. Bisa diartikan untuk mengajak orang mencoba karena produknya milik semua.
Takoyaki Lamak Bana
Bagi yang ada di ranah minang, bisa mencoba pakai nama usaha takoyaki yang satu ini. Lamak bana, diambil dari bahasa minang yang artinya sangat enak.
Funny Takoyaki
Untuk yang mau berkreasi dengan produk takoyaki, misalnya bentuknya yang dibuat seperti love atau keunikan lain dari segi isi takoyaki lebih variatif. Bisa memakai nama ini, supaya memberikan kesan menyenangkan dan membuat penasaran untuk dicoba.
Suhu Takoyaki
Suhu itu artinya expert dalam bahasa Inggris atau ahli. Nama usaha ini memberikan kesan bahwa usaha Anda merupakan yang terbaik karena pemiliknya ahli membuat takoyaki enak.
Takoyaki Endulz
Endulz bisa diartikan enak betul, nama yang cocok jika sudah banyak rekomendasi mengatakan menu buatan Anda itu memang enak saat proses testing menu sebelum launching untuk dijual.
Takoyaki Yummy
Sama dengan endulz, yummy juga memiliki arti enak. Jadi Anda sudah menegaskan bahwa pembeli akan merasakan langsung kelezatan dari menu takoyaki tersebut.
Takoyaki Sultan
Kata sultan menjadi salah satu jargon yang dipakai untuk menegaskan seseorang atau sebuah usaha itu high class.
Takoyaki Daebak!
Tidak ada salahnya menggabungkan bahasa Jepang takoyaki dengan daebak yang artinya mantap dalam bahasa Korea. Ini bisa dipakai, jika bisnis Anda juga menyediakan makanan Korea dan Jepang sehingga pembeli bisa pilih mau menikmati menu yang mana.
Mine Takoyaki
Mine artinya milik saya, nah ada dua arti yang bisa disimpulkan orang. Takoyaki milik si mine atau takoyaki milik siapa saja yang membaca nama tersebut. Memberikan rasa kepemilikan bagi pembeli, sehingga membuat mereka tertarik mencoba.
Murmer Takoyaki
Murmer itu singkatan dari murah dan meriah. Jika bisnis Anda menyasar pasar kalangan menengah ke bawah, menggunakan kata ini akan sangat membantu promosi yang cepat.
Takoyaki FF
FF saat ini dikenal sebagai nama salah satu game online Free Fire. Tapi, Anda bisa mempelesetkannya menjadi arti lain. Misalnya nama pemilik bisnis adalah Fani dan Fuad, bisa disingkat FF. dapat juga memilih kumpulan huruf lain yang familiar bagi banyak orang namun juga punya arti sendiri bagi Anda.
Pojok Takoyaki
Ini juga bisa menjadi pilihan mengingat saat ini nama-nama aesthetic banyak dipilih, sebagai nama bisnis kuliner. Bisa pojok, ruang, dan lainnya.
Tips Menentukan Nama Usaha Takoyaki yang Tepat
Masih bingung mau menggunakan nama untuk stand takoyaki yang akan Anda buka nanti? Ada baiknya mencoba beberapa tips berikut ini, supaya bisa mendapatkan nama paling sempurna versi Anda dan menjadi motivasi juga bagi Anda untuk mempertahankan bisnis tersebut untuk jangka panjang.
Pastikan Belum Digunakan
Anda harus memastikan kalau nama tersebut belum pernah digunakan orang, untuk usaha takoyaki. Bagaimana cara mencari tahunya? Bisa melalui internet atau mencari info sendiri dengan survei ke lokasi kuliner di daerah Anda. Dengan begitu, kemungkinan dikomplain pemilik bisnis lain sangat kecil.
Jangan Pilih Nama yang Panjang
Nama sebuah bisnis jangan terlalu panjang, supaya lebih mudah diingat dan mudah dikenali. Cukup dua kata maksimal tiga kata, yang memiliki makna mendalam. Supaya tidak pula mudah ditiru oleh orang lain.
Kolaborasi Bahasa Asing
Dari sejumlah survei ditemukan bahwa masyarakat di Indonesia ada yang cenderung memilih makanan berdasarkan nama yang mengandung bahasa asing. Kesannya lebih keren dan unik. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan kolaborasi dengan bahasa Inggris atau Jepang yang merupakan asal takoyaki.
Rekomendasi Berbagai Sumber
Carilah rekomendasi nama sebanyak-banyaknya. Mulai dari orang terdekat hingga internet. Sehingga Anda bisa lebih puas menentukan mana yang akan dipakai.
Nama Otentik
Pastikan juga nama tersebut otentik dan beda dari yang lain. Misalnya memakai awalan nama pemilik, yang pastinya tidak terlalu pasaran. Bisa juga nama panggilan waktu kecil, yang tidak biasa digunakan orang.
Kenapa Memilih Nama Usaha Takoyaki itu Penting?
Mungkin masih ada diantara Anda yang menilai bahwa nama bisnis itu tidak penting, cukup dengan memberikan produk terbaik maka konsumen akan berkunjung lagi. Asumsi itu sangat salah besar, karena sebenarnya banyak alasan Anda harus punya nama usaha takoyaki dulu sebelum memutuskan membuka usaha tersebut.
Membedakan dengan Bisnis Sejenis
Saat ini pebisnis takoyaki sudah menjamur, produknya juga tidak jauh beda. Jika tidak memiliki nama sendiri tentu akan sulit bagi konsumen untuk membedakannya bukan? Apalagi jika stand milik Anda tidak permanen dan harus berpindah-pindah, dengan adanya nama akan membuat orang tahu mana produk yang mereka cari dengan mudah.
Promosi Lebih Gampang
Promosi adalah hal penting untuk mengembangkan bisnis, ketika usaha takoyaki Anda sudah punya nama sendiri akan mudah mempromosikannya. Apalagi saat ini media promosi sudah semakin banyak terutama via online.
Anda tinggal pasang promosi bisnis dengan nama yang jelas dan beberapa foto menu, paling tidak orang akan mulai melihat ketimbang hanya mempromosikan produk tanpa jelas nama bisnisnya.
Mempermudah Branding Usaha
Nama juga akan memberikan kemudahan bagi pebisnis untuk melakukan branding usaha, terutama untuk pebisnis pemula yang masih merintis. Dengan adanya branding, orang akan lebih cepat tahu usaha kuliner tersebut. Contohnya, dengan memberikan logo unik pada nama bisnis tersebut yang mudah diingat dan menarik dilihat.
Meminimalisir Orang Meniru Produk
Kalau tidak punya nama usaha, orang dengan mudah akan meniru produk buatan Anda. Mereka bisa saja menjadi pembeli, lalu mengidentifikasi menu Anda lalu mulai menirunya. Jika kalah cepat memberikan nama, orang lain bisa meraih untung besar padahal produk aslinya adalah buatan Anda.
Mempermudah Pendaftaran
Ketika ingin mendaftarkan usaha ke pemerintah, untuk mendapatkan pengakuan HAKI maupun saat mendaftar pengurusan berbagai dokumen bisnis. Anda akan lebih mudah mempersiapkan dokumen jika nama bisnisnya sudah ada.
Jangan abaikan pemilihan nama usaha takoyaki, jika memang Anda mau menjadikannya salah satu bisnis di tahun 2024 mendatang. Gunakan tips di atas untuk memilih nama terbaik, sehingga kedepannya bisnis Anda bisa berjalan lebih lancar.