Memilih nama usaha keripik singkong memang perlu berhati-hati dan pertimbangan yang matang. Pasalnya, kemungkinan nama tersebut akan terus digunakan terutama ketika sudah melakukan pendaftaran di lembaga terkait sebagai brand.
Apabila masih kesulitan menemukannya, Anda bisa mencoba beberapa cara seperti melihat kompetitor di produk serupa. Hanya saja, cara tersebut memang cukup melelahkan. Oleh karena itu, pada kali ini akan diberikan beberapa referensi yang bisa digunakan tanpa harus melakukan survei sendiri.
Tips Mencari Nama untuk Usaha
Seperti telah disebutkan sebelumnya, penamaan usaha tidak boleh dilakukan sembarangan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika masih kebingungan dalam menentukan.
1. Mencari referensi dari kompetitor
Bisa dibilang ini adalah cara termudah karena Anda tidak perlu berpikir terlalu keras. Terkadang seseorang akan kesulitan dalam penamaan karena memang tidak ada ide sama sekali. Oleh karena itu, mencari referensi bisa membantu mendapatkan ide-ide tersebut.
Jika mempunyai waktu luang, cobalah untuk berjalan-jalan melakukan survei ke usaha keripik singkong atau ketela pohon di sekitar. Ide juga bisa didapatkan dengan melihat berbagai produk kemasan yang ada di minimarket.
Setelah mendapatkan banyak referensi, biasanya Anda akan jauh lebih mudah dalam menentukan. Ingat, nama tersebut tidak boleh ditiru mentah-mentah karena kemungkinan besar sudah didaftarkan resmi ke lembaga terkait. Jika Anda menggunakannya akan berisiko terkena jeratan hukum.
2. Jangan terlalu panjang
Agar brand atau merek lebih mudah diingat oleh pasar, maka hindari menggunakan istilah terlalu panjang. Usahakan gunakan satu kata saja. Kalaupun tidak memungkinkan, dua kata sudah maksimal untuk mempermudah diingat orang.
Hal ini sangat penting karena pembeli mungkin sudah memiliki berbagai referensi merek produk tersebut. Jika Anda tidak bisa memenangkannya, maka mereka akan cenderung membeli produk yang telah dikenal atau diingat sebelumnya.
3. Menggunakan kombinasi kata sifat
Banyak sekali pelaku usaha kuliner yang menggunakan pola ini dalam membuat brand. Anda bisa mengombinasikan nama produk lalu tambahkan dengan kata sifat. Beberapa contohnya antara lain Seblak Pedas Viral, Bakso Klenger, Mie Ayam Serasi, dan lain-lain.
Sebenarnya tidak hanya terbatas pada kata sifat. Pada intinya, jangan hanya menggunakan kata benda saja, dalam hal ini adalah keripik singkong. Gunakan kombinasi jenis kata lain seperti kata kerja, misalnya Keripik Mempesona atau sebagainya.
4. Menggunakan bahasa asing
Untuk menambah variasi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengombinasikan dengan bahasa asing maupun daerah. Cara ini cukup baik terutama apabila produk tersebut dijual sebagai oleh-oleh. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan Keripik Bantoel, Kripik Magelangku, dan lain-lain.
Selain bahasa daerah, bisa juga nama tersebut menggunakan kombinasi bahasa Inggris. Biasanya cara ini berguna ketika hendak menyasar pangsa pasar anak muda. Beberapa contoh di antaranya adalah The Chip, Alfaro Chip, Blue Cassava, atau The Hot Crispy.
5. Menggunakan nama pribadi
Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah menggunakan nama pribadi. Bisa dibilang ini merupakan cara termudah jika Anda tidak ingin terlalu ribet. Cukup gunakan nama pribadi maupun keluarga seperti ayah, ibu, adik, dan sebagainya.
Kelebihan menggunakan nama pribadi adalah jauh lebih mudah diingat, terutama oleh orang-orang yang telah mengenal Anda sebelumnya. Hanya saja, jika ada produk lain menggunakan nama sama, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya.
Kasus seperti ini pernah terjadi pada brand salah satu artis ternama, yakni Ruben Onsu dengan usaha Geprek Bensu. Nama tersebut ternyata telah digunakan oleh orang lain yang memiliki kependekan nama sama-sama Bensu. Akhirnya, proses hukum pun harus dijalani untuk memenangkan siapa pemiliknya. Tentu saja pendaftar yang lebih dulu akan lebih kuat posisinya.
Daftar Ide Nama Usaha Keripik Singkong
Di bawah ini Anda akan mendapatkan beberapa referensi nama usaha keripik singkong yang bisa digunakan. Sebagai catatan, jika tertarik jangan langsung menggunakannya, melainkan cek terlebih dahulu apakah nama tersebut telah terdaftar atau belum. Jika belum, maka Anda bisa menggunakannya.
1. Ide nama keripik unik
Agar bisa lebih menarik perhatian calon pembeli, Anda memang harus menggunakan penamaan yang unik seperti beberapa contoh berikut ini.
- Kripik Rudal
- Kripik Kong Sing Kong
- Kripik Asli Ndeso
- Snack Kriuk
- Kriuk Abiez
- Renyah Gurih Lezat
- Gurilem
- Kripik Singkong Andalan
- Kripik Aduhai
- Kripik Viral
- Snack Merdeka
- Snack Legenda
- Sing Kong Ku
- The Sing Kong
- Singkong Mbledos
- Kripik Wo Yoo
- Snack Mama Muda
- Hot Krisp
2. Ide nama yang bagus
Sebenarnya terkait bagus atau tidak sangatlah relatif. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana selera pasar. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan daftar referensi di bawah ini.
- Raja Singkong
- Ratu Singkong
- Singkong Mak Nyoi
- Singkong Kita
- Keripik Seuhah
- Keripik Aneka
- Snack Qu
- Q-Tella Ku
- Singkong Manteb
- Nongki Crispy
3. Ide menggunakan nama pribadi
Di bagian sebelumnya, Anda bisa menggunakan cara yakni memakai nama pribadi apabila memang masih kesulitan menemukannya. Berikut ini adalah beberapa contoh di antaranya.
- Keripik Mas Yudi
- Keripik Mas Adi
- Kripik Mak Enjah
- Kripik Pak Sudi
- Kripik Mas Tarno
- Kripik Dek Annisa
- Kripik Al Fatih
- Snack Bu Lembah
- Snack Pak Joko
- Snack Pak Setro
- Snack Yulina
- Snack Mas Bro
- Camilan Kak Anggi
- Camilan Kenzie
- Camilan Alicia
- Camilan Enak Aika
4. Ide nama keripik kekinian
Jika ingin bisa bersaing terutama merebut perhatian pangsa pasar anak muda, istilah yang dipakai juga harus menarik dan kekinian. Berikut adalah referensi yang bisa dicoba.
- Andi Chip
- Chip and Dale
- Chip Chap
- Crispy Nasty
- Delicia
- Donita Snack
- The Java
- Nice Snack
- Cassava
- Owen Chip
- Yu Chip
- Kenzie Chip
- Zen Snack
Tips Menjalankan Usaha Keripik Singkong
Anda perlu tahu bahwa penamaan bukanlah satu-satunya faktor penentu kesuksesan dalam sebuah usaha. Ada beberapa hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pertama, pastikan Anda menggunakan bahan baku berkualitas.
Sebaik apapun namanya, ketika kualitas dan rasa produk tersebut kurang baik, maka respons pasar pun juga demikian. Bahkan, kemungkinan besar orang membeli hanya karena penasaran saja dan tidak ingin membeli kembali. Tentu saja hal tersebut tidak Anda inginkan bukan?
Kedua, lakukan pemasaran yang gencar, baik itu lewat offline maupun online. Untuk memasarkan secara offline, Anda bisa menjual secara langsung di toko atau menitipkan ke warung-warung terdekat. Hanya saja, cara ini memang akan memangkas keuntungan karena Anda perlu membayar bagi hasil dengan pemilik warung.
Sebagai solusinya, cobalah untuk memasarkan secara online. Bayak sekali media bisa digunakan seperti Facebook, Instagram, TikTok, maupun WhatsApp. Rajin-rajinlah mempromosikan agar lebih banyak orang tahu tentang produk tersebut.
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan pemilihan nama usaha keripik singkong memang penting karena berkaitan dengan proses branding jangka panjang. Hanya saja, pastikan nama tersebut belum digunakan oleh pelaku usaha lainnya agar tidak mengalami permasalahan hukum.
Kemudian, jangan lupakan beberapa faktor pendukung kesuksesan seperti kualitas produk dan teknik pemasaran. Apabila semuanya berhasil dikombinasikan dengan baik, maka potensi produk laris di pasaran akan semakin besar.