Dalam mencari nama salon kecantikan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, nama ini tidak hanya berfungsi sebagai identitas saja, melainkan juga berperan dalam melakukan branding. Jadi, sebaiknya sangat terburu-buru dan sembarangan dalam memilihnya.
Untuk menentukan, Anda bisa menggunakan berbagai macam metode seperti menggunakan nama pribadi, sesuai visi misi, dan sebagainya. Agar lebih jelas, silakan simak penjelasan lengkap pada kali ini beserta beberapa contoh istilah bisa digunakan.
Prospek Bisnis Salon Kecantikan
Sebelum ke pembahasan utama terkait rekomendasi nama, Anda perlu tahu bagaimana prospek usaha ini ke depannya. Penampilan adalah salah satu hal sangat penting terutama bagi seorang wanita. Oleh karena itu, bisa dikatakan prospek usaha kecantikan cukup baik, bahkan untuk beberapa tahun ke depan.
Hanya saja, mengingat permintaan pasar yang besar, Anda juga harus bersiap menghadapi ketatnya persaingan. Di satu daerah saja, mungkin ada puluhan usaha serupa sehingga diperlukan berbagai strategi pemasaran ampuh.
Salah satu yang bisa digunakan adalah memberikan kualitas pelayanan terbaik. Pelayanan ini bisa berarti sebelum perawatan, saat perawatan, dan pasca perawatan. Semakin banyak pelanggan puas, maka nama usaha Anda akan semakin terkenal.
Berikutnya, segmentasi pasar juga bisa menjadi alternatif dalam menghadapi persaingan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengerukutkan target pasar, misalnya khusus anak muda atau ibu-ibu. Kedua rentang usia tersebut tentu memiliki perilaku dan pendekatan berbeda-beda. Meski begitu, segmentasi ini sangat bagus dilakukan jika pesaing sudah cukup banyak.
Cara Memilih Nama dengan Tepat
Seperti telah dijelaskan di bagian awal, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih nama. Berikut adalah beberapa tips bisa dilakukan.
1. Pastikan belum terdaftar
Dalam dunia usaha, pemilik bisnis akan mendaftarkan nama di lembaga terkait. Ketika nama tersebut sudah terdaftar secara hukum, Anda tidak bisa menggunakannya. Kalaupun dipaksakan, pemilik nama dapat mengajukan gugatan dan justru akan menimbulkan masalah-masalah baru.
Oleh karena itu, alangkah lebih baik untuk mengecek terlebih dahulu apakah nama sudah digunakan oleh pemilik usaha lainnya. Jika sudah, silakan cari alternatif istilah serupa. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengalami masalah seperti di atas.
2. Sesuaikan dengan karakter
Agar bisa bertahan di tengah persaingan, sebuah salon kecantikan memang perlu memiliki ciri khas, karakter, atau keunikan tersendiri. Keunikan tersebut bisa menjadi bahan untuk dijadikan sebagai identitas usaha.
Sebagai contoh, jika salon memiliki karakter khusus untuk anak muda, maka istilah Young and Beauty bisa digunakan. Sementara itu, apabila menyasar pasar ibu-ibu berusia 40 ke atas bisa menggunakan istilah Beauty Mommy atau sebagainya.
Pemilihan nama sesuai karakter akan jauh lebih mudah untuk diingat pelanggan. Selain itu, proses pemasaran juga akan menjadi lebih terarah karena sudah mengetahui kekuatan bisnis sendiri. Jadi, silakan tentukan terlebih dahulu apa karakter atau keunikan bisnis Anda.
3. Konsultasi dengan orang lain
Anda tidak dituntut untuk memikirkan identitas brand secara mandiri. Ada kalanya memang dibutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan orang lain yang lebih berpengalaman di bidang usaha.
Dengan melakukan konsultasi, Anda akan mendapatkan berbagai macam insight dan tips agar nama usaha bisa menciptakan branding yang kuat. Saat ini sudah ada cukup banyak konsultan bisnis bisa dipilih. Namun, pastikan konsultan tersebut memang ahli di bidangnya, terutama di dunia kecantikan.
Selain itu, Anda juga bisa bertanya-tanya dengan teman atau kenalan yang sudah cukup lama menjalankan bisnis. Pengalaman seperti ini akan sangat berharga terlebih bagi pemula yang baru terjun ke dunia bisnis agar lebih kuat menghadapi persaingan.
Berbagai Ide Nama Salon Kecantikan
Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa ide nama salon kecantikan yang dapat Anda gunakan. Pastikan untuk tidak menggunakan istilah yang telah dipakai oleh orang lain karena bisa berpotensi menimbulkan masalah di sisi hukum.
1. Ide nama salon yang bagus
Agar bisa menarik perhatian pelanggan, tentu pemilihan istilah yang bagus menjadi sangat penting. Jika masih kebingungan menemukan istilah tersebut, silakan lihat beberapa daftar di bawah ini.
- The Aurora
- Beauty Plus
- Absolute Angel
- Beauty You
- Eternity
- Sakura Blossom
- Rose Mary
- Pretty Savage
- Pretty Lovely
- Soft and Smooth
- Alan Beauty Shop
- Glamour Girl
- Women Heaven
- Face It
- Beauty Spa
- Trendy Spa
- Smiling Good
- Pure Clinic
- Beauty Salon and Spa
- Sunshine Spa
- Pretty Lounge
- Red Velvet
- Blue Marry
- See You Soon
- Baby Lovely Beauty
- Anata Salon
2. Ide nama salon aesthetic
Agar lebih dikenal oleh masyarakat kekinian, terkadang Anda perlu menggunakan beberapa istilah estetis untuk menarik perhatian mereka. Berikut ini adalah beberapa daftar dapat dijadikan referensi.
- Gold Temptation
- Jay rose
- The Biscuits
- Classical Salon
- Beauty Nice
- Elegance Queen
- Pretty Queens
- Extremely Beautiful
- Homie Spa and Salon
- Heaven and Goddess
- Living Angel Spa
- Perfection
- Soft and Love
- Beauty Studio
- Pretty Parlous
- The Cinnamond
- Pure Beauty
- Shinning Studio
- Royale Beautiful
- Body Goals
- Lovely Salon and Spa
3. Ide nama Bahasa Indonesia
Selain kata-kata Bahasa Inggris, tidak ada salahnya juga jika Anda menggunakan istilah Bahasa Indonesia. Hanya saja, pastikan istilah ini masih berkaitan dengan kecantikan. Berikut adalah beberapa ide nama tersebut.
- Puspa Pesona
- Pesona Wanita
- Cantik Jelita
- Cantik Merona
- Klinik Cinta
- Anggun Salon dan Spa
- Amarta Indah
- Puspa Jiwa
- Bunga Jiwa
- Butik Cantik
- Salon Kenangan
- Salon Kecantikan X
- Rona Wanita
- Mawar Melati
- Dahlia Salon
- Home Spa Jelita
- Klinik Kecantikan Merona
4. Ide nama pribadi
Ada satu lagi cara yang bisa Anda gunakan sebagai nama usaha, yakni menggunakan identitas pribadi. Biasanya cara ini lebih mudah membangun personal branding, terlebih jika orang tersebut sudah memiliki banyak kenalan. Berikut ini adalah beberapa contohnya.
- Maya Ratih Salon
- Salon Kak Echa
- Salon Anna
- Rosalia Salon and Spa
- Klinik Kecantikan Annisa
- Amalia Spa Beauty
- Salon Kecantikan Mbak Asih
- Dian dan Citra
- Dwi Lestari
- Citra Kirana
- Fitriani Spa
- Maria Ulfah
- Klinik Kecantikan Siti Arafah
- Cacha and Tiwi
5. Ide nama lainnya
Apabila beberapa daftar di atas masih kurang, Anda bisa mencoba mencari dari daftar di bawah ini.
- XP Salon
- Tic Tac Modern
- Pink Nail Centre
- Europe Beauty
- Sweet Lily
- Happy Smile
- Be Yourself
- Silent Pretty
- Satisfaction Homie
- Sweet Transition
- Facial Expert
- Sally Studio
- Karen’s Beauty
- Pandora
- Daze Make Up
- Perfume Palace
- Sweet Dream
- Rubby Jane
- Rosie and Sooya
- Blush It
- Absolute Banger
- Time to Shine
Meskipun pemilihan nama salon kecantikan sangat penting, namun perlu diketahui bahwa itu bukan satu-satunya jaminan menuju kesuksesan. Masih ada berbagai faktor lain yang turut berpengaruh seperti kualitas layanan, fasilitas, bahkan lokasi sekalipun.
Nama hanya bertujuan sebagai media branding saja. Ketika itu sudah dimiliki, maka pemilik usaha perlu menjalankan berbagai macam strategi guna menarik perhatian pasar. Dengan kombinasi ini, maka peluang kesuksesan dalam berbisnis akan semakin besar.