Kliping Sumpah Pemuda : Sejarah Singkat, Tujuan, Isi, dan Makna

Kliping Sumpah Pemuda

Apa Itu Kliping Sumpah Pemuda?

Kliping Sumpah Pemuda ~ Kliping adalah usaha untuk mendapatkan informasi secara lengkap dalam satu tema. Dimana dalam pembuatannya harus dipotong atau digunting dan disusun dengan struktur yang sudah ditentukan. Lalu selanjutnya ditempelkan pada bidang tertentu berupa kertas.

Sedangkan untuk kliping yang akan dibuat kali ini adalah tentang sumpah pemuda.

blackgarlic

Bagaimana Cara Pembuatan Kliping Sumpah Pemuda?

Kliping sumpah pemudah bisa Anda buat dengan mengikuti tata cara di bawah ini, yaitu:

1. Carilah topik yang sesuai dengan tema kliping Anda

Pertama Anda harus mencari topik untuk bahan pembuatan kliping yang sesuai dengan tema yang diangkat. Pada kliping sumpah pemuda Anda bisa mengambil  topik sejarah singkat, tujuan, isi dan juga maknanya.

2. Kumpulkan informasi sesuai dengan topik yang diambil

Berikutnya Anda bisa untuk mencari informasi yang sesuai dengan topik kliping Anda. Carilah bahan pembuatan kliping dari internet atau media cetak yang tersedia bisa dari surat kabar atau majalah.

iklan gaji

3. Potonglah informasi yang ada pada bagian terpentingnya

Lalu Anda bisa mulai memotong bagian paling penting dari bahan yang sudah didapatkan tadi. Bahan informasi yang sudah digunting tadi akan ditempelkan pada kliping Anda.

4. Rekatkan informasi yang sudah dipotong tadi pada media yang tersedia

Selanjutnya Anda bisa mulai dengan merekatkan informasi yang sudah dipotong pada media Anda. Setelah itu tatalah potongan informasi tersebut secara rapi dan kliping anda sudah selesai dibuat.

Berikut merupakan contoh Kliping Sumpah Pemuda yang bisa Anda ketahui.

Contoh Kliping Sumpah Pemuda
Contoh Kliping Sumpah Pemuda 2

Contoh Kliping Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

Kliping Sejarah Sumpah Pemuda
Via Wikipedia

Sumpah pemuda ini adalah suatu keputusan yang merupakan hasil dari kongkres Pemuda II pad atanggal 28 Oktober 1928 dan diperingati sebagai hari sumpah pemuda sampai saat ini. Hal ini merupakan hasil pemikiran dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia.

Sedangkan dalam pelaksanaan kongres pemuda dilakukan selama 2 hari dan puncakny pada tanggal 28 Oktober 1928 yang menghasilkan semangat persatuan dan kesatuan pemuda di seluruh Indonesia melalui sumpah setia yang disebut sebagai Sumpah Pemuda.

Contoh Kliping Tujuan Sumpah Pemuda

1. Kliping Sikap Nasionalisme

Sikap Nasionalisme

Terciptanya sumpah pemuda memiliki tujuan untuk membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme, yang ada pada pemuda dan pemudi di Indonesia. Tidak hanya pada pemuda hal tersebut juga mencakup seluruh rakyat Indonesia untuk bersama mengusir penjajah.

2. Kliping Persatuan dan Kesatuan

Persatuan Dan Kesatuan

Selain itu adanya sumpah pemuda juga ikut membantu agar semangat persatuan dan kesatuan antar pemuda di Indonesia semakin tebal dan kokoh.

3. Kliping Proses Menuju Kemerdekaan

Menuju Kemerdekaan

Sumpah pemuda menjadi wujud bahwa organisasi kepemudaan di Indonesia ada dan secara aktif membantu proses kemerdekaannya. Maka dari itu hal tersebut diharapkan mampu menyalurkan semangat perjuangan agar usaha menuju kemerdekaan semakin luas.

4. Kliping Rasa Kedaerahan

Rasa Kedaerahan

Dahulu rasa kedaerahan antara masyarakat di Indonesia sangatlah tinggi. Meski demikian dengan adanya sumpah pemuda ini diharapkan bisa menghilangkan rasa kedaerahan yang menjadi penghalang bagi rakyat untuk bersatu.

Contoh Kliping Isi Sumpah Pemuda

Isi Kliping Sumpah Pemuda

Moment bersejarah sumpah pemuda menjadi salah satu moment penting yang tidak terlupakan. Sedangkan untuk isi dari sumpah pemuda yaitu:

1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia,

3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Contoh Kliping Makna Sumpah Pemuda

Makna Sumpah Pemuda

Makna sumpah pemuda bagi Indonesia sendiri cukup besar seperti menjadi titik awal dari perjuangan para pemuda untuk menyatukan bangsa Indonesia, menekankan kegunaan bahsa indonesia untuk bahasa persatuan bangsa.

Lalu ada juga untuk memberikan pesan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk senantiasa menjaga keutuhan bangsa dan negara.  Hal tersebut merupakan makna dari sumpah pemuda yang berfungsi untuk kemerdekaan bangsa.

Itulah tadi penjelasan mengenai “Kliping Sumpah Pemuda” yang bisa Anda ketahui dan pelajari. Tuliskan pesan Anda terkait informasi ini kepada kami pada kolom di bawah. Terima kasih sudah membaca dan semoga informasi ini bermanfaat.

iklan gaji