Kliping Pencak Silat : Sejarah Singkat, Berita, dan Teknik Dasar

Kliping Pencak Silat

Apa Itu Kliping Pencak Silat?                 

Kliping Pencak Silat ~ Kliping adalah usaha untuk membuat informasi dari beberapa sumber dan disatukan di dalam media yang sudah ditentukan. Dimana dalam proses penyatuannya membutuhkan proses pemotongan, penempelan dan penataan dengan teknik tertentu.

Lalu untuk tema yang akan dibahasa pada kliping kali ini adalah tentang pencak silat.

blackgarlic

Bagaimanakah Proses Pembuatan Kliping Pencak Silat?

Anda bisa mulai membuat kliping pencak silat dengan melihat tata cara yang ada di bawah ini:

1. Tentukanlah topik apa saja yang ingin disampaikan dalam tema kliping Anda

Pada tema kliping pencak silat, Anda bisa memilih beberapa topik yang berkaitan seperti sejarah singkat, berita, teknik dasar dan lain sebagainya.

2. Carilah sumber informasi terkait topik tersebut

Lanjutkan dengan mencari sumber informasi mengenai topik yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Informasi yang dicari bisa melalui media cetak seperti surat kabar, majalah ataupun mencetak artikel terkait dari internet.

iklan gaji

3. Guntinglah informasi tersebut untuk mendapatkan pokok pembahasannya

Selanjutnya silahkan untuk mulai menggunting informasi pada bagian yang paling penting saja.

4. Rekatkan informasi yang sudah digunting pada media yang ditentukan

Berikutnya adalah melanjutkan pada tahap perekatan  informasi yang sudah digunting tadi pada media yang disediakan. Media dapat berupa kertas hvs maupun kertas karton sesuai dengan permintaan.

Di bawah ini adalah contoh Kliping Pencak Silat yang bisa Anda gunakan sebagai contoh.

Contoh Kliping Pencak Silat
Contoh Kliping Pencak Silat 2

Contoh Kliping Sejarah Singkat Pencak Silat

Pencak silat adalah olahraga seni bela diri yang berasal dari Indonesia. Hal ini sudah masuk dalam catatan UNESCO sebagai salah satu warisan budaya yang  telah ditetapkan. Pencak silat sudah berada sejak zaman dahulu di Indonesia.

Data yang ada menunjukkan bahwa pencak silat untuk pertama kalinya ada di Provinsi Riau, tepatnya pada periode kerajaan Sriwijaya pada abad VII. Meski demikian saat itu olahraga pencak silat masih sangat sederhana dan belum memiliki banyak gerakan seperti sekarang.

Contoh Kliping Berita Pencak Silat

Hanifan Yudani Kusumah selaku atlet pencak silat asal Indonesia mendapatkan medali emas pada kategor single man di Asian Games, yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah hari Rabu tanggal 29 Agustus 2018 lalu.

Setelah berhasil menyabet medali emas untuk Indonesia, Hanifan Yudani Kusumah langsung berjalan pada tribun VVIP. Hanifan berhasil membuat Joko Widodo dan Prabowo yang merupakan kandidat pemilihan Capres tersebut berpelukan.

Contoh Kliping Teknik Dasar Pencak Silat

1. Kliping Pencak Silat Teknik Kuda-Kuda

Kliping Teknik Kuda Kuda

Teknik dasar yang pertama adalah teknik kuda-kuda, yang termasuk teknik paling utama dalam olahraga ini. Teknik kuda-kuda ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan atlet saat melakukan olahraga, baik itu keseimbangan tubuh saat posisi bertahan dan menyerang.

 Terdapat beberapa teknik kuda-kuda yang ada dalam olahraga pencak silat, yaitu kuda-kuda tengah, kuda-kuda depan, kuda-kuda samping,kuda-kuda belakang, kuda-kuda depan belakang dan kuda-kuda silang.

2. Kliping Pencak Silat Sikap Pasang

Kliping Teknik Sikap Pasang

Teknik dasar selanjutnya adalah teknik sikap pasang, yang mana harus dikuasai ketika Anda sudah mempelajari teknik kuda-kuda. Teknik sikap pasang ini merupakan posisi yang mengkombinasikan antara kuda-kuda dan posisi yang sifatnya lebih fleksibel.

Sifat fleksibel itu nantinya dapat digunakan oleh atlet secara lebih mudah untuk melakukan penyerangan atau bertahan.

3. Kliping Pencak Silat Teknik Pola Langkah

Kliping Teknik Pola Langkah

Teknik yang satu ini bisa Anda gunakan jika hendak melakukan pergerakan yang tidak mudah ditebak lawan. Pola langkah yang bisa dilakukan akan diubah dengan cara mengatur pijakan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya.

Teknik pola langkah ini membutuhkan sikap badan dan koordinasi yang baik antara sikap tangan, pola kaki saat melangkah dan pola lantai.

4. Kliping Pencak Silat Teknik Arah

Kliping Teknik Arah

Teknik arah adalah teknik yang juga disebut sebagai teknik delapan penjuru mata angin. Teknik ini bisa digunakan oleh atlet untuk menentukan arah dengan baik dan tepat. Hal ini karena dibutuhkan keakuratan penyerangan di olahraga pencak silat ini.

Titik tumpu yang bisa digunakan dalam teknik arah ini berada di tengah dan dilanjutkan dengan melanggak pada 8 arah mata angin, yaitu  timur, utara, selatan,  tenggara,  barat daya, barat laut, barat, dan timur laut.

Di atas tadi adalah penjelasan terkait “Kliping Pencak Silat” yang bisa Anda ketahui. Pastikan untuk memberikan ulasan dan saran pada kolom komentar yang tersedia Terima kasih sudah membaca dan harapan kami semoga informasi ini bermanfaat.

iklan gaji