3 Contoh Kliping Demokrasi Indonesia : Terpimpin, Pancasila, Liberal

Kliping Demokrasi

Apa Itu Kliping Demokrasi Indonesia?

Kliping Demokrasi ~ Kliping adalah rangkaian kegiatan untuk menyatukan satu tema informasi, yang didapatkan dari berbagai sumber untuk nantinya digunting pada bagian yang penting dan direkatkan dalam sebuah media yang disepakati bersama.

Sedangkan untuk kliping  kali ini akan mengambil tema mengenai demokrasi Indonesia.

blackgarlic

Bagaimana Proses Pembuatan Kliping Demokrasi Indonesia?

Anda bisa mulai membuat kliping demokrasi Indonesia dengan melihat tata cara yang ada di bawah ini, yaitu:

1. Pastikan topik pembahasan pada tema yang ingin diangkat

Silahkan untuk memastikan topik apa saja yang ingin diangkat dalam tema kliping Anda. Pada kliping demokrasi Pancasila, Anda bisa mengambil tema seperti demokrasi terpimpin, Pancasila dan juga liberal.

2. Carilah informasi terkait pembahasan yang ingin Anda angkat

Berikutnya adalah dengan mencar informasi yang terkait dengan pembahasan di kliping Anda. Silahkan mencarinya melalui beberapa sumber yang tersedia.

iklan gaji

3. Guntinglah informasi pembahasan tersebut untuk menyaring bagian terpentingnya

Lanjutkanlah dengan menggunting bahan informasi dari pembahasan yang sudah Anda dapatkan, untuk memilih pada bagian pentingnya saja.

4. Tempelkan guntingan informasi tersebut pada media yang telah disepakati

Berikutnya adalah tempelkan potongan informasi tersebut pada media yang diminta. Bisa pada kertas hvs, volio, karton dan lainnya. Akhirnya kliping demokrasi Indonesia sudah berhasil dibuat.

Di bawah ini adalah contoh Kliping Demokrasi Indonesia yang bisa Anda buat.

Contoh Kliping Demokrasi
Contoh Kliping Demokrasi 2

Contoh Kliping Demokrasi Indonesia Terpimpin

Demokrasi Indonesia Terpimpin
Via Wikipedia

Demokrasi terpimpin adalah salah satu bentuk demokrasi yang pernah diterapkan di Indonesia. Demokrasi ini adalah sebuah penyeimbangan dari kekuasan yang terjadi di jaman itu, yaitu kekuatan militer angkatan darat, partai komunis dan Soeharto jadi penyeimbang.

Meski demikian demokrasi terpimpin ini terjadi di awal 5 Juli 1959, sebagai hasil dari dikerluarkannya Dekrit Presiden di tanggal yang sama. Hal ini menjadikan kekuasan presiden Soekarno saat itu menjadi tidak terbatas dan menjadi pemusatan kekuasaan di tangannya.

Contoh Kliping Demokrasi Indonesia Pancasila

Kliping Nilai Pancasila Dalam Kehidupan

Demokrasi selanjutnya adalah demokrasi Pancasila yang memiliki landasan falsafah hidup bangsa Indonesia dan kepribadian. Demokrasi ini dinilai sebagai demokrasi yang paling pas di Indonesia karena melandaskan pengambilan keputusan dengan musywarah.

Demokrasi Pancasila ini menjadikan rumusan Pancasila sebagai landasan utamanya. Sehingga terdapat beberapa karakter yang menjadi ciri khasnya yaitu nilai kerakyatan, hikmat kebijaksanan dan permusyawaratan. Hal ini seusi dengan penerapan pemerintahan Indonesia.

Contoh Kliping Demokrasi Indonesia Liberal

Kliping Sejarah Pancasila

Demokrasi liberal memiliki pengertian yang sama dengan demokrasi konstitusional, merupakan sistem politik yang memberikan kebebasan pada tiap individu. Hal ini memiliki pengertian bahwa hak individu menjadi salah satu kekuasaan yang dimiliki pemerintah.

Pada pelaksanaannya demokrasi liberal ini akan mengambil keputusan mayoritas yang dilakukan pada sebagain besar di bidang pemerintah. Sehingga pelaksanaannya tetap sesuai dengan batasan pemerintah dan tidak melanggar kemerdekaan individu di dalam konstitusi.

Itu tadi penjelasan terkait “Kliping Demokrasi Indonesia” yang bisa Anda contoh dan pelajari. Silahkan untuk memberikan kritik dan saran pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah bersedia membaca dan semoga informasi ini bermanfaat.

iklan gaji