Contoh Kliping Alat Musik : Ritmis, Harmonis, Melodis, dan Penjelasannya

Kliping Alat Musik

Apa Itu Kliping Alat Musik?

Kliping Alat Musik ~ Kliping adalah usaha untuk mendapatkan informasi yang akurat dengan suatu tema yang telah ditentukan. Dalam prosesnya Anda akan melakukan pengguntingan dan penempelan informasi yang ada pada media yang diinginkan.

Lalu untuk tema kliping yang akan dibuat pada kesempatan kali ini adalah mengenai alat musik.

blackgarlic

Bagaimanakah Cara Membuat Kliping Alat Musik?

Anda bisa memulai untuk membuat kliping alat musik dengan mengikuti cara di bawah ini:

1. Tuliskan topik yang ingin diangkat pada kliping Anda

Silahkan untuk menuliskan topik yang ingin dimasukkan pada kliping Anda. Sedangkan untuk kliping dengan tema alat musik, Anda bisa mengambil topik seperti ritmis, harmonis, melodis dan penjelasannya.

2. Temukanlah informasi yang berkaitan dengan topik yang ditentukan

Berikutnya adalah silahkan untuk menemukan informasi dari berbagai sumber yang ada, terkait dengan topik kliping yang sudah Anda tuliskan sebelumnya. Anda bisa mencari informasi tersebut melalui sumber media cetak atau sumber media online.

iklan gaji

3. Potonglah informasi yang sudah ditemukan

Anda bisa melanjutkan dengan memotong informasi yang sudah didapatkan pada bagian yang penting.

4. Rekatkan informasi yang sudah dipotong pada media yang Anda miliki

Langkah terakhir adalah dengan merekatkan informasi yang sudah digunting tadi pada media yang Anda miliki. Media pembuatan kliping bisa menggunakan kertas karton, kertas hvs dan beberapa jenis kertas lainnya. Kliping tentang alat musik selesai dibuat.

Di bawah ini adalah beberapa contoh tentang Kliping Alat Musik yang bisa Anda ketahui.

Contoh Kliping Alat Musik
Contoh Kliping Alat Musik 2

Contoh Kliping Alat Musik Ritmis

Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis merupakan salah satu alat musik yang masuk dalam elemen penting dalam sebuah karya lagu. Sedangkan untuk pengertian dari alat musik ritmis sendiri merupakan jenis alat musik yang tidak bisa digunakan untuk membunyikan jenis nada tertentu.

Meski begitu alat musik ritmis ini terkhusus untuk dimainkan menjadi pengatur tempo lagu dan pengiring irama. Alat musik ini memiliki banyak sekali bentuk yang ada dan dengan cara menggunakan yang berbeda.

Contoh Kliping Alat Musik Harmonis

Gitar

Alat musik harmonis adalah jenis alat musik yang bisa dimainkan dan menghasilkan beberapa nada. Beberapa alat musik harmonis setidaknya bisa menghasilkan minimal 3 nada atau lebih dalam waktu yang bersamaan dengan tujuan menghasilkan harmoni untuk lagu.

Tidak hanya alat musik modern saja namun beberapa alat musik tradisional juga termasuk alat musik harmonis. Alat musik ini bertujuan untuk memperkaya warna pada lagu.

Contoh Kliping Alat Musik Melodis

Biola

Pengertian dari alat musik melodis adalah instrumen musik yang dapat mengeluarkan melodi, nada dan juga irama. Alat musik ini bisa digunakan secara fungsional karena turut serta melakukan kontrol pada nada dalam suatu lagu dan melodi.

Alat musik melodis pada umumnya akan menghasilkan nada tunggal untuk suatu lagu. Sedangkan peran dari alat musik ini sebagai penghasil lantunan nada dan irama untuk membentuk suatu kesatuan musik.

Contoh Kliping Penjelasan Alat Musik

1. Kliping Jenis Alat Musik Ritmis

Rebana

Alat musik yang tergolong dalam alat musik ritmis diantaranya adalah guiro, cajon, kenong, gender, conga, bongo, cowbell, pandeiro, octoban, timbales, triangle, tamborin, gendang, tifa, kastanyet, marakas, gong, simbal, rebana, dan timpani.

2. Kliping Jenis Alat Musik Harmonis

Piano

Terdapat beberapa jenis alat musik yang masuk dalam kategori alat musik harmonis. Pada kelompok alat musik tradisional ada angklung, bonang, sasando, kecapi, siter, gambus, sampek, kolintang dan lainnya.

Untuk alat musik modern adalah harpa, piano, gitar, harmonika, cello, gitar, biola, saksofon, recorder, suling modern dan lainnya

3. Kliping Jenis Alat Musik Melodis

Terompet

Alat musik melodis terdiri dari beberapa jenis seperti gitar, kecapi, biola, saksofon, harmonika, pianika, terompet dan kolintang.

Itulah tadi penjelasan terkait “Kliping Alat Musik” yang bisa Anda ketahui. Pastikan untuk memberikan komentar dan saran terkait kliping ini. Terima kasih sudah membaca dan semoga info ini bermanfaat.

iklan gaji