Advertisements

6 Contoh Kliping Kebugaran Jasmani : Pengertian, Komponen, Manfaat, dan Contoh Latihan

Kliping Kebugaran Jasmani

Apa Itu Kliping Kebugaran Jasmani?

Kliping Kebugaran Jasmani ~ Kliping adalah usaha yang dilakukan guna mendapatkan informasi dengan tema tertentu dari berbagai sumber yang ada. Dalam membuat kliping Anda membutuhkan beberapa alat untuk menggunting dan menempelkan informasi yang ada pada media tertentu.

Lalu untuk tema yang akan dibuat dalam kliping ini adalah mengenai kebugaran jasmani.

Advertisements

Cara Membuat Kliping Kebugaran Jasmani

Anda bisa mengikuti tata cara di bawah ini untuk membuat kliping tentang kebugaran jasmani:

1. Ketahuilah materi yang ingin disampaikan pada kliping anda

Pertama Anda harus mengetahui gambaran materi yang hendak disampaikan dalam kliping sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Untuk kliping kebugaran jasmani Anda bisa memakai topik pengertian, komponen, manfaat dan contoh latihan.

2. Temukan bahan materi dari berbagai sumber yang ada

Selanjutnya Anda bisa menemukan bahan materi terkait topik yang sudah dicatat sebelumnya, melalui berbagai sumber entah itu melalui media cetak maupun media online.

3. Guntinglah informasi yang sudah didapatkan untuk mendapatkan bahan yang baik

Berikutnya silahkan untuk mulai memotong informasi yang telah didapatkan. Pilihlah bagian kliping terpenting untuk ditempelkan pada media nantinya.

Advertisements

4. Tempelkan bahan informasi yang sudah digunting sebelumnya

Terakhir Anda bisa mulai menempelkan informasi yang sudah digunting dengan rpi dan tertata, pada media yang telah ditentukan. Akhirnya kliping mengenai kebugaran jasmani telah selesai dibuat.

Di bawah ini Anda bisa mempelajari beberapa contoh “Kliping Kebugaran Jasmani”

Contoh Kliping Kebugaran Jasmani
Contoh Kliping Kebugaran Jasmani 2

Contoh Kliping Pengertian Kebugaran Jasmani

jalan

Pengertian secara umum dari kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan, yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Kebugaran jasmani ini dapat membuat seseorang melakukan suatu usaha tanpa mudah kelelahan yang berarti.

Selain itu kebugaran jasmani juga bisa disebut sebagai kemampuan atau usaha untuk melakukan sesuatu, dimana setelahnya masih mempunyai cukup energi untuk melakukan pekerjaan yang lain. Kebugaran jasmani berkaitan erat dengan ketahanan fisik dan kesehatan.

Contoh Kliping Komponen Kebugaran Jasmani

Lari

Dalam bidang kebugaran jasmani terdiri dari 2 aspek dimana keduanya memiliki komponen yang berbeda. Pertama adalah komponen bidang kesehatan, yang memiliki komponen daya tahan, kelincahan, kekuatan, kelentukan dan kecepatan.

Berikutnya juga terdapat komponen pada kebugaran jasmani, yang berhubungan erat dengan komposisi tubuh. Dalam komponen tersebut terdapat 5 komponen juga, yaitu keseimbangan, komposisi tubuh, ketepatan, koordinasi, kecepatan reaksi dan ketepatan.

Contoh Kliping Manfaat Kebugaran Jasmani

Tulang

Kebugaran jasmani memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Beberapa manfaat dari kebugaran jasmani yang bisa Anda ketahui adalah mengontrol dan menjaga berat badan agar tetap ideal, mencegah tubuh terkena penyakit berbahaya dan meningkatkan stamina.

Selain itu seseorang yang memiliki kebugaran jasmani yang baik juga memiliki kualitas tidur yang lebih baik, menguatkan otot dan tulang, menjadikan seseorang lebih bahagia, meredakan stress, mencegah pikun, menyehatkan kulit dan meredakan nyeri tubuh.

Contoh Kliping Contoh Latihan Kebugaran Jasmani

1. Kliping Sit-up pada Latihan Kebugaran Jasmani

Sit Up

Latihan sit up dilakukan dengan mengangkat tubuh ke arah atas dan ke arah lutut. Ketika tubuh naik ke atas usahakan untuk bernapas dengan rileks. Selanjutnya setelah tubuh mendekat ke lutut kembalikan posisi tubuh pada posisi semula.

2. Kliping Push Up pada Latihan Kebugaran Jasmani

Push Up

Anda bisa melakukan push up dengan meletakkan tangan pada permukaan yang rata dan posisi tangan yang terbuka selebar bau. Buatlah posisi bahu yang lurus hingga membentuk siku 90 derajat. Lakukanlah gerakan turun naik dengan posisi tersebut secara teratur.

3. Kliping Back Lift pada Latihan Kebugaran Jasmani

Back Lift

Silahkan untuk memposisikan badan dengan tidur telungkup di atas lantai. Posisi kaki rapat dan tangan berpegangan pada belakang kepala. Angka badan sampai batas dada tidak menyentuh lantai dan kaki tetap pada posisi semula.

Begitulah setidaknya penjelasan terkait “Kebugaran Jasmani” yang dapat Anda ketahui. Jangan lupa untuk menuliskan komentar pada kolom yang tersedia dan terima kasih sudah membaca.