Gaji Telemarketing di Indonesia

Gaji Telemarketing

Gaji Telemarketing – Pernahkah kamu penasaran dengan besaran gaji seorang telemarketer? Kalau iya, yuk langsung saja simak pembahasannya berikut ini ya!

Apa Itu Profesi Telemarketer?

Telemarketer adalah salah satu bagian dari divisi pemasaran suatu perusahaan. Tugas utamanya adalah menawarkan produk melalui telepon. Untuk melakukan hal ini, seorang telemarketer akan memegang database nomor telepon konsumen. Selanjutnya, ia akan menghubungi nomor tersebut satu per satu untuk mempromosikan suatu produk.

Untuk menjadi seorang telemarketer yang baik, Anda harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Gaji Telemarketing di Indonesia

Berapa besaran gaji telemarketing? Gaji Telemarketing di indonesia adalah dari Rp 2.000.000 hingga Rp 15.000.000, tergantung perusahaan tempat bekerja dan jabatan. Berikut ini daftar gaji telemarketing berdasarkan jabatannya.

  • Junior Telemarketer Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000
  • Senior Telemarketer  Rp 3.000.000 – Rp 6.000.000
  • Supervisor Telemarketer Rp 6.000.000 – Rp 10.000.000
  • Manager Telemarketer Rp 15.000.000
  • Rata-rata gaji telemarketer di Indonesia versi Indeed adalah Rp 5.420.454

Apakah gaji seorang telemarketer bisa naik? Tentu saja bisa. Gaji Anda akan naik seiring dengan kenaikan pangkat dan jabatan.

Bagaimana cara menaikkan gajinya? Tunjukkan performa kerja Anda yang maksimal sehingga atasan Anda akan mempromosikan Anda ke jenjang karir berikutnya. Kalau jabatan Anda naik, gaji dan tunjangan yang Anda dapatkan juga akan naik. Namun, Anda juga harus ingat kalau tanggungjawab Anda juga akan semakin besar seiring dengan kenaikan jabatan Anda.

Tugas dan Pekerjaan Seorang Telemarketer

  • Menawarkan suatu produk/jasa ke konsumen by telepon.
  • Memberikan informasi lengkap seputar produk dan jasa yang ditawarkan.
  • Menjawab pertanyaan konsumen seputar produk yang ditawarkan.
  • Memahami dan mengumpulkan semua informasi terkait dengan produk yang ditawarkan sehingga bisa selalu siap menjawab pertanyaan dari konsumen.
  • Memberikan akses dan kemudahan pada calon konsumen untuk membeli dan menggunakan produk/jasa yang ditawarkan. Mulai dari panduan cara membeli.
  • Memberikan informasi seputar keunggulan dan manfaat dari produk tersebut.
  • Melayani komplain atau keluhan dari pelanggan.
  • Mengumpulkan database pelanggan.
  • Hubungan dan interaksi dengan pelanggan tersebut akan dilakukan via telepon.

Kualifikasi Seorang Telemarketing

Skill yang Harus Dikuasai Seorang Telemarketer

  • Skill komunikasi yang baik.
  • Kemampuan negosiasi.
  • Kemampuan persuasif.
  • Pemahaman bahasa yang baik, terutama Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Memiliki pengetahuan yang luas seputar ilmu pemasaran produk, penjualan, dan ilmu manajemen marketing.
  • Paham bagaimana cara memulai pembicaraan by telepon dengan baik.
  • Paham bagaimana cara menarik minat konsumen.

Jurusan Pendidikan yang Sesuai bagi Seorang Telemarketer

  • Pendidikan Ilmu Pemasaran
  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Bisnis
  • Ilmu Ekonomi
  • Marketing/Pemasaran

Prospek Kerja Telemarketing

Jenjang Karir Telemarketing

Secara umum, dalam sebuah perusahaan. Sebagai seorang telemarketer pemula Anda akan mengawali karir Anda sebagai seorang Junior Telemarketer. Setelah mendapatkan banyak pengalaman Anda akan diangkat menjadi Senior Telemarketer dan kemudian Anda bisa menjadi Supervisor. Di tingkatan atasnya, Anda bisa menaiki jenjang karir berikutnya yakni sebagai seorang Manajer Marketing.

Jika kinerja Anda dinilai bagus dan Anda banyak berkontribusi terhadap kemajuan perusahaan. Anda juga bisa naik jabatan lagi ke tingkatan lebih atas dan menjadi bagian dari manajemen inti perusahaan.

Dimana Seorang Telemarketer Bekerja?

Di berbagai perusahaan karena umumnya hampir seluruh perusahaan membutuhkan staff telemarketer ini.

Tips Menjadi Seorang Telemarketer Sukses

  • Pahami produk/jasa yang Anda tawarkan dengan baik.
  • Lakukan riset dan kenali calon konsumen potensial Anda.
  • Kembangkan skill komunikasi yang baik.
  • Perluas jaringan/koneksi Anda.
  • Jangan memaksa konsumen Anda untuk membeli, tapi arahkan dan tarik minat pembeli supaya mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.
Bagikan Postingan: