Gaji Lulusan Manajemen Pemasaran : Prospek Kerja, Kompetensi, dan Jenjang Karir

Gaji Lulusan Manajemen Pemasaran

Gaji Lulusan Manajemen Pemasaran ~ Gaji lulusan Manajemen Pemasaran di Indonesia dapat mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan jika menjadi pengusaha dapat mencapai ratusan juta rupiah. Prospek kerja dari lulusan ini cukup banyak, seperti analisis pemasaran, sales, akademisi, dan masih banyak lagi.

Deskripsi Seputar Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, perencanaan, bahkan evaluasi terhadap pemasaran barang atau jasa pada perusahaan. Jurusan ini mendorong untuk mengikuti perkembangan dan tren teknologi.

Pemasaran adalah jantung dari perusahaan yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan. Sehingga lulusan dari jurusan ini lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan. 

Gaji Lulusan Manajemen Pemasaran

Gaji lulusan Manajemen Pemasaran adalah berkisar Rp 3.000.000,00 sampai dengan Rp 15.000.000,00. Adapun gaji perbulan dari lulusan ini setiap bulannya sebagai berikut.

No.Pekerjaan Gaji/ Bulan
1.Analis pemasaranRp 4.000.000,00 – Rp 8.000.000,00
2.Social media marketingRp 3.000.000,00
3.Public telationRp 4.000.000,00
4.Staff advertisingRp 7.000.000,00
5.KonsultanRp 5.000.000,00
6.Staff disgital MarketingRp 5.000.000,00
7.Sales executiveRp 3.000.000,00
8.Supervisor pemasaranRp 5.000.000,00
9.Akademisi Rp 4.000.000,00
10.SalesRp 3.500.000,00 – Rp 4.500.000,00
11.Pegawai bank (account officer)Rp 4.500.000,00 – Rp 5.000.000,00
12.Penjualan dan pemasaran (customer service)Rp 3.500.000,00 – Rp 5.000.000,00
13.Agen propertiRp 4.000.000,00 – Rp 6.000.000,00
14.Market researcherRp 4.000.000,00 – Rp 7.000.000,00
15.Event planner/ event organizerRp 5.000.000,00 – Rp 10.000.000,00
16.TelemarketerRp 3.500.000,00 – Rp 4.500.000,00
17.WirausahaRp 3.000.000,00 – Rp 10.000.000,00
18.Business developmentRp 4.000.000,00 – Rp 15.000.000,00

Nb. Nominal gaji di atas dapat berbeda antara satu pekerja dengan pekerja lainnya karena perbedaan pengalaman kerja dan lokasi bekerja.

Prospek Kerja Lulusan Manajemen Pemasaran

Pilihan karir yang dapat dipilih sebagai lulusan Manajemen Pemasaran cukup bervariatif, salah satunya marketing analyst. Dengan bekal menjadi marketing analyst, dapat dijadikan strategi untuk membangun bisnis sendiri. 

Jenjang Karir Lulusan Manajemen Pemasaran

  • Analis pemasaran
  • Social media marketing
  • Public telation
  • Staff advertising
  • Konsultan
  • Staff disgital Marketing
  • Sales executive
  • Supervisor pemasaran
  • Akademisi 
  • Sales
  • Pegawai bank (account officer)
  • Penjualan dan pemasaran (customer service)
  • Agen properti
  • Market researcher
  • Event planner/ event organizer
  • Telemarketer
  • Wirausaha
  • Business development

Kompetensi Lulusan Jurusan Manajemen Pemasaran

  • Kemampuan analisis
  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan bekerja dalam tim
  • Kemampuan problen solving
  • Kemampuan berpikir kreatif
  • Kemampuan observasi
  • Tekun
  • Rasional
  • Detail

Tips Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Manajemen Pemasaran

1. Menunjukkan Keahlian

Keahlian di dunia karir sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan yang dijalani. Dibidang Manajemen Pemasaran kemampuan yang harus dimiliki seperi komunikasi yang baik, negosiasi, berpikir kreatif, dan lain sebagainya.

2. Memperluas Koneksi

Manfaat yang diperoleh dari luasnya koneksi adalah lowongan pekerjaan. Mendapatkan koneksi dapat dimulai dari teman satu kelas, organisasi, komunitas, dan lain sebagainya. Tidak sedikit koneksi yang menawarkan lowongan pekerjaan saat merasa membutuhkan karyawan baru.

3. Memanfaatkan Internet

Di era digital saat ini, mencari pekerjaan tidak perlu datang door to door. Melamar pekerjaan bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Sehingga sangat memudahkan para pemburu pekerjaan baik fresh graduated maupun bukan. Tidak sedikit pula website yang menyediakan informasi lowongan kerja secara gratis seperti JobsDB, Linkedin, dan masih banyak lagi. Ada juga yang menawarkan pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan kapan dan dimana saja.

4. Menghadiri Job Fair

Job Fair adalah salah satu forum yang bisa dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan. Karyawan kerap melakukan interview pada saat menghadiri job fair. Pada acara seperti ini disarankan untuk menyiapkan surat lamaran dan Cv.

Bagikan Postingan: