Cara Menjadi Guru Olahraga : Swasta, PNS, PPPK

Cara Menjadi Guru Olahraga

Profesi Guru Olahraga

Cara Menjadi Guru Olahraga ~ Guru olahraga sendiri adalah guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Jasmani & kesehatan (Olahraga). Ia mengajar teori & praktik dalam bidang olahraga. Mengajarkan anak didiknya seputar teknik-teknik olahraga.

Tips yang Bisa Anda Lakukan Sebelum Menjadi Guru Olahraga

  • Tamatkan pendidikan Anda terlebih dahulu di jurusan Pendidikan & Keguruan. Terutama, jurusan Pendidikan Olahraga.
  • Pastikan Anda memiliki minat & bakat dalam bidang olahraga agar Anda bisa mengajar dengan sepenuh hati.
  • Untuk mengembangkan skill, Anda juga bisa mengikuti program SM-3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal) yang merupakan salah satu program dari DIKTI.
  • Ikuti tes bimbingan CPNS jika Anda ingin menjadi guru olahraga berstatus PNS.
  • Siapkanlah semua berkas/dokumen yang diperlukan untuk menjadi seorang guru.

Cara Menjadi Guru Olahraga

Jika Anda ingin menjadi seorang olahraga, ada 3 pilihan karir yang bisa Anda coba lho. Seperti:

blackgarlic

Guru Olahraga Swasta

Adalah pengajar dalam bidang olahraga yang bekerja di sekolah/institusi milik perorangan/kelompok/yayasan. Guru olahraga ini biasanya tidak bergelar sebagai PNS, namun upah minimumnya telah diatur dalam UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.  Jadi, guru swasta berhak mendapatkan upah dan juga tunjangan lainnya.

Cara Menjadi Guru Olahraga di Sekolahan Swasta :

  1. Cari loker guru olahraga di institusi pendidikan swasta.
  2. Jika ada, kirimkan lamaran Anda ke institusi tersebut.
  3. Ikuti proses seleksi dengan baik.

Secara umum, cara melamar pekerjaan sebagai guru olahraga swasta tak jauh berbeda dengan cara melamar kerja di perusahaan-perusahaan. Ada tahap-tahap seleksi yang harus Anda lewati dan lamarannya bisa Anda tunjukan langsung ke instansi terkait.

iklan gaji

Guru Olahraga berstatus PNS

Merupakan guru olahraga yang telah lulus CPNS dan mengajar di sekolah milik pemerintah. Disebut juga sebagai guru negeri. Gajinya pun disesuaikan dengan Undang-Undang yang khusus mengatur gaji PNS.

Bagaimana cara menjadi guru olahraga negeri?

  1. Untuk menjadi seorang guru negeri, Anda harus lolos seleksi CPNS terlebih dahulu.
  2. Carilah informasi pendaftaran CPNS bidang guru dan ikuti tahap-tahap seleksi CPNS tersebut sampai Anda berhasil. Anda juga bisa mengambil jalur prestasi (meski jarang). Syaratnya, Anda haruslah seorang atlet berprestasi yang bisa mengharumkan nama daerah sehingga Anda akan mendapatkan tawaran dari pemerintah.

Guru Olahraga PPPK

Merupakan gengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Bedanya dengan guru yang berstatus PNS, guru PPPK ini memiliki lingkup  yang terbatas, status kepegawaiannya juga berbatas waktu sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah disepakati. Guru PPK juga tak mendapatkan jaminan pensiun & jaminan hari tua karena masa kerjanya yang berbatas waktu.

Cara Menjadi Guru Olahraga berstatus PPPK

Dilansir dari laman resmi https://gurupppk.kemdikbud.go.id/ ini dia cara menjadi guru PPPK :

  1. Lakukan pendaftaran akun di link berikut ini https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Akses https://info.gtk.kemdikbud.go.id untuk memastikan bahwa ijazah dan background pendidikan Anda telah terverifikasi.
  3. Pilih formasi yang akan Anda lamar. Hal ini berdasarkan Data Kualifikasi Pendidikan dan/atau Sertifikat Pendidik yang telah terverifikasi.
  4. Unggah dokumen persyaratan untuk seleksi administrasi.
  5. Ikuti ujian seleksi kompetensi.
  6. Pemilihan formasi II. Jika Anda tidak lulus Ujian Seleksi Kompetensi I, Anda bisa memilih ulang formasi dalam instansi kewenangan yang sama.
  7. Ujian seleksi kompetensi II.
  8. Pemilihan formasi III. Jika Anda tidak lulus Ujian Seleksi Kompetensi II, Anda bisa memilih ulang formasi di seluruh wilayah Indonesia.
  9. Ujian seleksi kompetensi III.

Itulah Cara Menjadi Guru Olahraga. Semoga bermanfaat