Usaha pertanian di Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar. Tanah air mempunyai tanah atau lahan yang banyak dan subur sehingga dapat ditanami berbagai jenis komoditas. Salah satunya ialah usaha jagung manis yang menjadi bahan makanan favorit masyarakat Indonesia.
Bisnis budidaya jagung masih tidak membutuhkan modal yang terlalu besar sehingga recommended untuk pemula. Jagung manis atau sering disebut dengan sweet corn merupakan salah satu jenis varietas tanaman jagung.
Peluang Usaha Jagung Manis
Saat ini jagung manis menjadi bahan makanan yang tengah populer di masyarakat. Pasalnya rasa jagung manis berbeda dengan varietas jagung lainnya. Rasanya yang cenderung manis menjadikan jagung manis ini cocok diolah menjadi beberapa makanan.
Terdapat beberapa faktor yang menjadi alasan kenapa bisnis jagung manis mempunyai peluang yang menguntungkan, yakni:
1. Pangsa pasar luas
Salah satu keuntungan bisnis budidaya jagung manis ialah mempunyai pangsa pasar yang cukup luas. Hal tersebut dikarenakan jagung manis menjadi bahan makanan yang dapat dikonsumsi dengan banyak cara.
Jika dilihat pada lingkungan sekitar tentu Anda akan melihat berbagai macam olahan jagung manis. Bahkan beberapa orang gemar mengonsumsi makan jagung manis secara langsung. Tidak menutup kemungkinan jika jagung manis yang masuk sektor industri tetap mempunyai pangsa pasar luas.
2. Budidaya mudah
Dibandingkan dengan tanaman lainnya, cara penanaman jagung manis tergolong mudah untuk dilakukan. Pada umumnya tanaman jagung manis akan lebih mudah ditanam pada dataran rendah. Dimana pada daerah tersebut mempunyai suhu antara 21 hingga 31 derajat celcius.
Sedangkan pH yang cocok digunakan untuk menanam jagung manis ialah sekitar 6 hingga 7. Meskipun begitu, banyak juga petani yang berhasil membudidayakan tanaman jagung manis di dataran tinggi.
Hanya saja petani yang melakukan budidaya di dataran tinggi akan memberikan perlakukan khusus untuk budidaya jagung manis. Sedangkan waktu yang cocok digunakan untuk menanam jagung manis ialah ketika musim kemarau dan hujan.
Dengan demikian penanaman jagung manis lebih fleksibel dilakukan dan dapat memenuhi permintaan konsumen setiap saat.
3. Harga jual tinggi
Jagung manis mempunyai harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan jagung pakan. Dimana harga jual jagung pakan pada tingkat petani sekitar Rp3.000 per kg. Sedangkan untuk jagung manis mempunyai harga jual kisaran Rp4.000 per kg.
4. Masa panen singkat
Kelebihan selanjutnya dari bisnis budidaya jagung manis ialah mempunyai masa panen yang cukup singkat. Tentu saja hal ini memberikan keuntungan yang lebih bagi para pelaku usaha jagung manis.
Waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil panen jagung manis ialah sekitar 3 bulan. Dengan demikian dalam satu tahun sudah bisa memperoleh masa panen sebanyak 3 hingga 4 kali.
Bisnis Jasuke
Jasuke (jagung susu keju) merupakan salah satu olahan makanan yang berbahan dasar jagung manis. Dimana telah dibahas sebelumnya bahwa usaha jagung manis saja mempunyai peluang yang cukup tinggi. Olahan jagung manis menjadi jasuke kini sangat populer di berbagai kalangan.
Usaha jasuke termasuk bisnis makanan yang kini diklaim dapat memberikan penghasilan dan pemasukan yang tinggi. Apalagi jika bahan makanan yang digunakan adalah jagung manis yang cenderung pengolahannya mudah.
Jasuke mempunyai potensi keberhasilan bisnis yang cukup bagus. Cara membuat jasuke juga tergolong mudah untuk dilakukan. Meskipun demikian sebelumnya memulai bisnis penting sekali untuk menyusun strategi agar mencapai keberhasilan.
Adapun beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam memulai usaha jagung manis menjadi jasuke, yakni:
1. Menentukan target market
Hal pertama yang penting sekali untuk kamu pertimbangkan ialah penentuan target market karena akan sangat menentukan setiap strategi yang dijalankan. Mengenai profil target market dalam berbisnis harus paham secara lebih spesifik.
Contoh ketika memilih anak sekolahan sebagai target pasar pada usaha yang dijalankan. Target pasar atau anak sekolahan tersebut harus bisa dibagi lagi sesuai dengan levelnya. Tentu saja setiap level memiliki karakteristik tertentu.
Jasuke umumnya menjadi camilan yang cukup banyak disukai oleh anak sekolahan. Dengan demikian tidak heran jika jasuke sering diserbu oleh anak remaja yang sekolah di tingkat dasar, menengah, dan atas.
Tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis jasuke juga mempunyai target pasar kalangan orang dewasa. Kemungkinan besar mahasiswa akan menyukai olahan jagung manis menjadi jasuke.
2. Membuat resep terbaik
Usaha jagung manis menjadi jasuke perlu diawali dengan menciptakan resep. Dimana pembuatan resep ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin agar menciptakan cita rasa yang enak. Bahan yang digunakan untuk membuat jasuke ialah mentega, susu kental manis, dan toping.
Membuat resep jasuke bukanlah hal yang sulit karena bahan yang digunakan pun sederhana. Cara memasak jagung manis ialah dengan dikukus. Meskipun harus menciptakan resep terbaik, bukan berarti Anda tidak boleh membuat resep sendiri.
Justru pembuatan resep sendiri sangat dianjurkan supaya bisa lebih berinovasi dan menghasilkan resep yang unik. Bahkan untuk meningkatkan daya tarik konsumen perlu dilakukan kreasi mengenai variasi menu jasuke.
Beberapa menu jasuke yang cukup recommended diantaranya ialah jagung susu ketan coklat, toping oreo, toping selai, dan lains sebagainya. Selain membuat menu yang unik, Anda juga bisa menciptakan nama yang unik pada setiap menu jasuke.
Inovasi dan kreativitas yang diterapkan dalam pembuatan resep menjadi modal utama dalam berbisnis makanan. Selain itu, dengan inovasi akan memperoleh uniqe selling point yang menjadi dasar dalam memperkuat branding.
3. Memilih lokasi strategis
Lokasi bisnis akan sangat mempengaruhi penjualan dan minat pelanggan. Pemilihan lokasi bisnis harus dipertimbangkan berdasarkan berbagai faktor. Banyaknya pembeli jasuke juga ditentukan berdasarkan lokasi apakah strategis atau tidak.
Biasanya tempat usaha dikatakan strategi jika tempatnya mudah diakses, ramai, dan strategis atau dekat dengan beberapa instansi. Penentuan lokasi yang strategi juga disesuaikan dengan target pasar yang sebelumnya ditentukan.
Misalnya target pasar dari udaha jasuke Anda adalah anak sekolah, maka bisnis dapat dibangun dekat dengan sekolah. Usaha jasuke juga sering ditemukan pada wilayah perkantoran, tempat wsiata, atau tempat umum yang ramai dengan masyarakat.
4. Memanfaatkan media sosial
Kini hampir tidak ada bisnis yang tidak memanfaatkan media sosial sebagai pemasaran. Media sosial menjadi salah satu media yang sangat efektif untuk meningkatkan pemasaran. Saking efektifnya media sosial terhadap pemasaran, kini telah ada dunia marketing yang sering disebut dengan digital marketing.
Digital marketing sendiri menjadi tiang yang sangat kuat dalam melakukan pemasaran. Anda dapat mempromosikan bisnis jasuke Anda secara optimal dengan menggunakan media sosial. Sederhana saja, Anda dapat memposting usaha jasuke pada Instagram agar lebih banyak konsumen yang mengetahuinya.
Pemasaran yang dilakukan secara online memberi banyak keuntungan, salah satunya ialah tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.
Peluang dan prospek usaha jagung manis cukup besar serta recommended untuk dilakukan oleh pemula bisnis. Jagung manis sendiri menjadi komoditas yang proses pengolahannya mudah. Salah satu rekomendasi olahan jagung manis yang populer ialah jasuke.