Advertisements

11 Tugas Pokok Operator Sekolah yang Perlu Diketahui

Tugas Operator Sekolah

Tugas Operator Sekolah ~ Operator sekolah adalah orang yang ditugaskan pada bagian input data sekolah untuk dikirimkan secara online ke server pusat. 

Pada dasarnya operator sekolah juga turut berperan penting dalam membantu pekerjaan kepala sekolah. Pekerjaan seperti pendataan dan hal-hal yang berkaitan dengan data sekolah seperti pengerjaan aplikasi online akan diserahkan kepada operator.

Advertisements

Data yang di input oleh operator sekolah merupakan acuan bagi kebijakan pendidikan, termasuk didalamnya data tentang pencairan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), program Kartu Indonesia Pintar (KIP), Verifikasi dan validasi peserta didik dan sebagainya. 

Berikut ini adalah uraian tugas pokok dari operator sekolah yang telah kami rangkum untuk anda:

1. Mengurus Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

Urusan yang berkaitan dengan data pokok pendidikan adalah tugas utama dari operator sekolah. Dapodik merupakan satu-satunya sumber informasi dari pemerintah yang berfungsi untuk melihat kondisi sekolah-sekolah di Indonesia. 

Dalam mengurus dapodik, operator sekolah bertugas untuk memasukkan data kedalam situs yang sudah disediakan oleh dapodik. Operator sekolah juga bertugas untuk memvalidasi data yang telah diupload. 

Advertisements

Selain itu operator sekolah juga harus melakukan update data dan melakukan sinkronisasi data sekolah ke dalam aplikasi Dapodik secara berkala. 

2. Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP)

Aplikasi pengisian kuesioner online PMP adalah aplikasi yang sudah digunakan sejak tahun 2016 lalu. Dalam hal ini sebenarnya setiap staf pendidikan termasuk guru dan kepala sekolah telah memiliki bagiannya masing-masing.

Akan tetapi pada kenyataannya pengisian kuesioner online ini dijadikan sebagai tugas lain dari operator sekolah karena dianggap lebih menguasai Teknologi Informasi. 

3. Program Indonesia Pintar (PIP)

Program Indonesia Pintar pada dasarnya adalah keberlanjutan dari program Beasiswa Siswa Miskin (BSM). Dalam program Indonesia Pintar, setiap siswa yang memenuhi syarat beasiswa akan mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Adapun tugas operator sekolah dalam hal ini adalah mengurus data calon siswa penerima mulai dari input data pengajuan beasiswa hingga mengambil dana bantuan yang sudah dicairkan oleh pihak bank untuk disalurkan kepada siswa penerima.

4. Standar Pelayanan Minimal (SPM)

Meskipun Dapodik dianggap sebagai pintu utama sumber informasi dari pemerintah, pada kenyataannya sekolah masih tetap harus mengerjakan SPM. 

Hampir sama dengan PMP, sistem pengerjaan kuesioner dari SPM juga dilakukan secara online melalui aplikasi SIAPP SPM Dikdas. Dalam hal ini operator sekolah akan diminta untuk mengisi kuesioner online yang berkaitan dengan kondisi riil sekolah.

5. Laporan Individu 

Tugas selanjutnya dari operator sekolah adalah mengerjakan laporan individu yang diminta oleh Dinas Pendidikan Provinsi. 

Adapun laporan yang harus dibuat meliputi laporan tentang identitas sekolah, data tentang Kepala Sekolah beserta seluruh staf, kondisi keuangan sekolah, sarana dan prasarana, serta data tentang jumlah siswa yang berkebutuhan khusus. 

6. Input Data Calon Peserta Ujian Nasional

Tugas selanjutnya yang harus dikerjakan oleh operator sekolah adalah menyiapkan data calon peserta ujian nasional (UN). Selanjutnya operator sekolah akan menginput serta mengecek kebenaran datanya melalui website resmi Kemendikbud yaitu https://pdun.kemendikbud.go.id.  

7. Kartu Investasi Barang (KIB)

Tugas selanjutnya dari operator sekolah adalah melakukan pencatatan terhadap sarana dan prasarana yang ada di sekolah. 

Pencatatan ini meliputi luas tanah, gedung bangunan, peralatan sekolah, jalan, sistem irigasi, dan beberapa sarana lain yang harus diisi lengkap sesuai dengan tanggal dan tahun pengadaan aset tersebut.

8. Verifikasi dan Validasi Peserta Didik

Tugas lain dari operator sekolah adalah melakukan verifikasi data siswa sekolah. Operator sekolah juga bertugas untuk melakukan validasi data dari sinkronisasi terakhir data siswa di Dapodik melalui website resmi Kemendikbud yaitu https://sdm.data.kemendikbud.go.id/. 

9. Program Sekolah KIta

Operator sekolah juga bertugas untuk mengisi data sekolah secara rinci untuk diserahkan ke Kemendikbud. Selanjutnya data ini akan di upload oleh Kemendikbud melalui website resminya yaitu https://sekolah.data.kemendikbud.go.id/. 

Situs resmi ini berfungsi untuk memberikan informasi tentang sekolah yang dapat diakses oleh orang tua dan masyarakat yang ingin mengetahui detail dari suatu sekolah.  

Situs ini juga memberikan akses kepada orang tua dan masyarakat untuk memberikan saran dan komentar yang berguna untuk kemajuan sekolah.

10. Tata Usaha Sekolah

Operator sekolah terkenal memiliki tugas-tugas yang berhubungan dengan data. Hal ini membuat tugas operator bertambah yaitu merangkap tugas-tugas yang berkaitan dengan surat menyurat, pembuatan SK dan sebagainya. 

11. Membantu Tugas Bendahara Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Tugas terakhir dari operator sekolah adalah membantu bendahara dalam menyusun Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS) dan menyusun laporan pertanggungjawabannya. 

Demikian penjelasan tentang tugas operator yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.