Gaji Project Manager di Indonesia 2022

Gaji Project Manager

Gaji Project Manager ~ Salah satu strategi perusahaan untuk mengembangkan operasinya adalah dengan membuat beberapa proyek. Namun tahukah Anda bahwa di dalam proyek terdapat posisi penting, yaitu manajer proyek atau project manager. Profesi ini bukan sembarangan, project manager adalah seseorang yang ditunjuk sebagai pemimpin tim dari proyek yang dikelola perusahaan. 

Karena pentingnya posisi manajer proyek, bahkan keberhasilan profesi ini biasanya digunakan sebagai tolak ukur penentu keberhasilan suatu proyek dalam perusahaan. Dengan tanggung jawabnya yang cukup krusial, berapa kira-kira gaji project manager? Mari kita bahas selengkapnya.

Deskripsi Project Manager

Seorang manajer proyek  atau project manager adalah seorang profesional di bidang manajemen proyek. Manajer proyek bertanggung jawab atas perencanaan, pengadaan, dan pelaksanaan proyek dengan ruang lingkup yang telah ditentukan. Untuk menjadi seorang project manager, Anda harus menunjukkan keseriusan, dedikasi, loyalitas dan tanggung jawab yang besar selama pelaksanaan proyek. 

shopee website

Dengan mengembangkan beberapa pengetahuan teknologi, Anda akan bisa melakukannya dengan lebih baik. Karena teknologi akan sangat membantu pekerjaan Anda. Apalagi di era modern dimana semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dengan bantuan teknologi.

Gaji Project Manager di Indonesia

Apakah Anda juga tertarik untuk menjalankan profesi tersebut? Memang selain jika melihat dari pekerjaannya yang keren, gaji project manager juga tidak kalah keren.

Untuk pekerjaan dengan jabatan project manager bagi seorang pemula biasanya akan mendapatkan gaji adalah berkisar sekitar Rp 4.000.000. Namun akan sangat berbeda apabila seorang project manager tersebut sudah memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi, ia bisa mendapatkan gaji senilai Rp 17.000.000. Rata-rata, penghasilan dari seorang project manager adalah sekitar Rp 10.000.000 per bulan.

Tugas Project Manager

Apa saja tugas dari seorang project manager? Yuk, simak informasinya di sini.

Melakukan Perancangan Project

Tidak cuma mengerjakan, tugas awal mereka adalah membuat perencanaan proyeknya terlebih dahulu, baik dari segi teknis maupun non-teknis. Biasanya mereka akan dibantu oleh beberapa koordinator proyek yang sebelumnya telah dipilih.

Memimpin Rapat Koordinasi Tim

Project manager juga harus memiliki kemampuan memimpin sebuah tim karena tugasnya memang harus memimpin setiap rapat koordinasi tim. Akan ada banyak pertemuan yang akan membahas segala hal yang bersangkutan dengan pelaksanaan proyek. Disinilah project manager memimpin rapat yang juga diikuti oleh anggota timnya.

shopee website

Memimpin Pelaksanaan Project

Tidak hanya rapatnya, project manager juga harus bisa memastikan pelaksanaan project harus dapat berjalan dengan lancar, sosok leader yang baik akan sangat dibutuhkan agar bisa mencapai target yang ada di depan mata.

Melakukan Project Controlling

Selain itu, project manager juga memiliki tugas untuk mengawasi jalannya proyek. Mereka akan memastikan bahwa segalanya berjalan baik sesuai dengan rencana serta target.

Membuat Laporan Pekerjaan

Tugas yang terakhir adalah membuat laporan pekerjaan. Mereka harus bisa menyediakan laporan pekerjaan atas apa yang sudah dilakukan. Laporan tersebut biasa dibuat menggunakan presentasi yang akan mereka laporkan pada divisi terkait dan atasan mereka. 

Kualifikasi Project Manager

Tidak ada pendidikan tertentu yang harus dimiliki oleh seorang project manager, biasanya mereka akan dilihat dari pengalaman sebelumnya. Namun selain itu ada beberapa kualifikasi skill yang patut Anda perhatikan, diantaranya adalah sebagai  berikut.

  1. Memiliki pemahaman tentang masalah yang ada pada bisnis dan manajemen resiko. 
  2. Kepemimpinan yang kuat. 
  3. Kemampuan untuk memantau dan mengendalikan anggaran. 
  4. Membuat keputusan di bawah tekanan. 
  5. Keterampilan organisasi dan multitasking. 
  6. Kemampuan memecahkan masalah. 

Penutup

Gaji project manager yang tinggi memang akan sangat bergantung pada pengalaman dan perusahaan masing-masing. Jika Anda tertarik menjadi salah satu project manager maka Anda bisa memulai dengan cara memperbanyak pengetahuan baik secara digital marketing maupun skill lainnya.