Untuk anda yang ingin memulai usaha roti bakar, anda perlu merencanakan strategi pemasaran anda, agar penjualan anda maksimal.
Berikut ini adalah Strategi usaha untuk roti bakar, mulai dari cara membangun brand awareness, promosi, menciptakan loyalitas pelanggan, dst.
Pentingnya Promosi Sebagai Strategi Pemasaran
Saat menjalankan bisnis, promosi adalah hal yang penting sekali untuk dilakukan. Promosi jadi strategi untuk berikan informasi serta pengaruhi target konsumen supaya membeli produk yang ditawarkan. Promosi penting sekali dilakukan oleh bisnis apa saja, baik bisnis dalam skala yang kecil maupun bisnis berskala besar.
Melakukan promosi bisa memberikan pengaruh hasil penjualan produk serta hal tersebut akan memberikan dampak ke aktivitas perusahaan. Biaya promosi juga kadang-kadang mahal sekali. Namun dengan promosi akan berikan pengaruh yang besar untuk perusahaan.
Melakukan promosi juga harus memakai berbagai strategi efektif. Strategi promosi ini dilakukan menjadi cara tingkatkan permintaan pasar sehingga keuntungan atau laba perusahaan bisa meningkat. Untuk ketahui secara lebih lanjut, berikut sejumlah alasan pentingnya lakukan promosi untuk perusahaan:
Ciptakan Brand Awareness
Supaya target konsumen kenali produk yang ditawarkan. Promosi akan ciptakan brand awareness sampai target konsumen mengetahui tentang produk.
Apabila tak lakukan promosi bagaimana bisa target konsumen bisa kenali serta beli produk yang dijual. Untuk ciptakan brand awareness ini pun penting sekali saat Anda baru mulai usaha.
Membangun Merek
Saat Anda sudah kenalkan produk serta target konsumen sudah banyak kenal pada produk, langkah yang selanjutnya yaitu Anda perlu ciptakan kesan baik serta positif di produk yang dijual. Bangunlah citra merek kuat dan positif sehingga konsumen akan lebih untuk pilih produk milik Anda dibandingkan kompetitor. Untuk bangun merek yang bercitra baik, ada baiknya fokuskan kualitas produk serta pelayanan yang sudah diberikan.
Ciptakan Loyalitas Konsumen dan Tingkatkan Penjualan Produk
Melakukan promosi membuat loyalitas dari konsumen pun akan semakin meningkat. Loyalitas konsumen ini penting sekali agar target konsumen tak beralih ke kompetitor. Selain itu, promosi juga meningkatkan penjualan produk, karena seperti dikatakan di atas masyarakat sudah mengenal produk sehingga menjadi lebih loyal untuk membeli produk Anda. Dengan begitu, keuntungan yang didapatkan pun lebih banyak.
Strategi Pemasaran Roti Bakar
Strategi Digital Marketing
Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran produk gunakan internet atau media digital. Tujuannya untuk menarik calon konsumen dan konsumen yang cepat. Ada sejumlah strategi digital marketing yang bisa dilakukan seperti Search Engine Optimization (SEO), ikan online dengan Google Ads, Facebook Ads, lalu promosi dengan media cetak, email marketing, dan yang lainnya.
Strategi pemilihan lokasi
Usahakan untuk memilih lokasi usaha yang punya kepadatan penduduk cukup tinggi. Pilih juga lokasi yang besar pendapatan masyarakat di sekitar dan daya belinya lumayan tinggi. Jangan lupa, perhatikan tingkat keramaian dari lalu lalang kendaraan lewat. Pertimbangkan juga banyaknya usaha di sekitar lokasi karena akan menarik orang ramai untuk datang. Lalu salah satu yang paling penting adalah sesuaikan dana dengan lokasi yang akan Anda pilih untuk jalankan usaha.
- Pemilihan Banner
- Logo pada bagian teratas
- Tulisan yang tidak begitu banyak
- Gunakan kata-kata menarik
- Gunakan gambar berkualitas
- Perhatikan pemilihan dari warna banner
- Perhatikan bahan banner
- Sediakan detail kontak
- Strategi Promosi dan Diskon
Seperti yang diketahui banyak orang yang tertarik dengan diskon karena menilai produk dengan diskon lebih murah. Nah, diskon tersebut bisa menjadi strategi pemasaran jitu. Ada sejumlah kelebihan dari strategi ini, yaitu tingkatkan arus kas, kurangi kelebihan produk serta inventaris yang lama, bangun loyalitas pelanggan, percepat siklus penjualan, dan menarik pelanggan baru yang cukup tinggi.
Strategi Marketing Mix
Marketing mix merupakan strategi pemasaran yang gabungkan sejumlah elemen dengan terpadu untuk capai tujuan marketing pasar yang sudah ditargetkan. Manfaat dari marketing mix seperti mampu untuk analisis keuangan, mengalokasikan sumber daya secara bijaksana, fasilitasi proses komunikasi, menyederhanakan berbagai macam kegiatan pemasaran, hingga mengalokasikan tanggung jawab.
gambar via : https://asset-a.grid.id/