Contoh Proposal Usaha Ternak Ayam (Download DOC / PDF)

Proposal Usaha Ternak Ayam – Bisnis budidaya maupun ternak menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi ayam merupakan salah satu makanan pokok yang cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Untuk memulai bisnis ini, seorang peternak ayam membutuhkan modal usaha yang cukup banyak. Meskipun demikian keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini juga sebanding dengan apa yang dikeluarkan mengingat permintaan ayam tidak pernah surut di pasaran.

Berbicara tentang bisnis ternak ayam, tentu peternak menginginkan usahanya terus berkembang lebih besar. Untuk mewujudkannya peternak bisa membuat proposal usaha yang ditujukan kepada investor guna mendapatkan bantuan pendanaan. Berikut contoh proposalnya.

Download Proposal Ternak Ayam

Proposal Ternak Ayam

(Download PDF) (Download DOC)


Proposal Usaha Ternak Ayam “Maju Jaya”

BAB 1: Pendahuluan

Latar Belakang

Ayam merupakan salah satu jenis protein hewani yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang relatif murah dibandingkan jenis protein lain, proses ternak ayam juga bisa dibilang mudah.

Ternak ayam menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat potensial mengingat ayam selalu dibutuhkan oleh masyarakat, meskipun harganya sering kali tidak stabil. Masa panen dari ternak ayam juga bisa dibilang cepat sehingga bisa mempercepat proses pemutaran modal.

Dalam menjalankan bisnis ini, ternak ayam Maju Jaya telah menggunakan teknologi modern untuk menghasilkan kualitas ayam terbaik yang sehat dan berukuran besar. Hal ini sekaligus menjadi salah satu keunggulan dari ternak ayam kami.

Selain itu kami juga berupaya untuk mengurangi angka pengangguran daerah dengan cara menyerap tenaga kerja dari masyarakat di usia produktif sehingga proses perawatan juga bisa dilaksanakan dengan cepat dan maksimal.

Kami melihat adanya potensi yang sangat besar dari usaha ternak ayam di masa depan. Maka dari itu ternak ayam Maju Jaya ingin mengembangkan bisnis ini dengan harapan bisa menjadi supplier ayam terbesar di Jawa Tengah.

Konsep Usaha

Konsep usaha ternak ayam Maju Jaya adalah mendirikan usaha peternakan yang luas dan higienis di daerah yang jauh dari tempat tinggal penduduk sehingga bisa memenuhi suplai ayam di pasaran tanpa harus mengganggu ketenteraman masyarakat.

Visi Misi

Visi : Menjadi supplier ayam  terbesar di Jawa Tengah melalui penyediaan  ayam konsumsi yang sehat dan berkualitas dengan harga yang terjangkau sehingga dapat dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat.

Misi :

  • Menghasilkan ayam-ayam yang bermutu tinggi dengan harga yang sangat terjangkau di pasaran.
  • Meningkatkan ketersediaan suplai ayam untuk memenuhi kebutuhan dan kecukupan gizi masyarakat Jawa Tengah.
  • Menggunakan teknologi yang tepat dan ramah lingkungan untuk mengembangkan usaha ternak sehingga kualitas ayam meningkat tanpa merugikan masyarakat dan alam sekitar.
  • Turut berperan aktif dalam mengurangi angka pengangguran yang tinggi di daerah setempat.
  • Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen yang ditunjukkan dengan sikap ramah dan sopan.

BAB 2: Analisa SWOT

Strength: 

Ternak ayam Maju Jaya berlokasi strategis meskipun jauh dari pemukiman warga sehingga lokasi ini dapat dicari dengan mudah oleh konsumen. 

Peternak ayam juga merupakan  orang yang sudah berpengalaman puluhan tahun dalam mengembangkan usaha ini sehingga mampu menghadapi tantangan bisnis yang sering terjadi dan telah memiliki hubungan baik dengan pemasok kebutuhan ternak maupun pembeli tetap.

Weakness: 

Kelemahan dari ternak ayam Maju Jaya adalah keterbatasan dana untuk mengembangkan usaha ternak sehingga suplai ayam sangat terbatas dan tidak bisa memenuhi kebutuhan ayam di pasaran.

Opportunity: 

Tingkat pendapatan dan gaya hidup masyarakat yang semakin meningkat membuat jumlah konsumsi ayam juga mengalami peningkatan. Selain itu adanya teknologi modern membantu memudahkan proses ternak ayam sehingga mampu meningkatkan kualitas ayam yang dijual.

Pemerintah saat ini juga mendukung penuh terhadap usaha ternak ayam untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang bergizi dan bernilai jual tinggi.

Threat: 

Harga ayam dipasaran yang tidak stabil sangat mempengaruhi minat masyarakat sehingga daya beli bisa naik turun yang membuat pendapatan juga tidak bisa maksimal.  Selain itu banyaknya persaingan usaha merupakan tantangan terbesar untuk mengembangkan usaha ini.

BAB 3: Rencana Usaha

Nama usaha:

Nama merupakan suatu hal yang sangat krusial dalam menjalankan usaha. Maka dari itu kami menggunakan nama “Maju Jaya” dengan harapan usaha ini akan terus mengalami kemajuan dan kejayaan seiring dengan berjalannya waktu.

Selain itu nama ini juga kami pilih dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pangan masyarakat melalui tersedianya suplai ayam yang berkualitas setiap hari.

Produk yang dihasilkan:

Dalam menjalankan usaha kami berfokus untuk menyediakan produk ayam hidup berkualitas yang dibudidayakan dengan menggunakan teknologi modern sehingga ayam yang dihasilkan berukuran besar.

Rincian harga:

Berikut daftar rincian harga dari ternak ayam Maju Jaya:

1 . Ayam Hidup (kg) : Rp. 25.000

2. Paket Ayam Hidup 1 (50 ekor) : Rp. 1.750.000

3. Paket Ayam Hidup 2 (100 ekor) : Rp. 3.200.000

4. Paket Ayam Hidup 3 (150 ekor) : Rp. 5.000.000

Target market: 

Target market dari usaha ternak ayam Maju Jaya adalah seluruh pedagang ayam potong di pasar tradisional dan modern serta pedagang ayam yang menyuplai kebutuhan ayam di supermarket.

Strategi pemasaran:

Strategi pemasaran dari ternak ayam Maju Jaya terdiri dari dua hal yaitu strategi pemasaran offline dan online. Untuk pemasaran offline kami melakukan kerjasama  dengan beberapa pedagang ayam potong di daerah agar mendapatkan suplai ayam dengan harga terjangkau.

Sedangkan untuk memaksimalkan pemasaran online kami memanfaatkan media sosial Facebook untuk mengunggah persediaan produk serta memperluas jangkauan usaha sehingga ternak ayam Maju Jaya bisa menyuplai ayam lebih luas.

Sistem usaha:

Sistem usaha yang kami jalankan adalah pemasaran secara langsung dimana kami mendirikan lokasi usaha di tempat yang strategis sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan suplai ayam terbaik.

Selain itu kami juga menyediakan layanan pesan antar bagi seluruh konsumen baik baru atau tetap yang memesan ayam hidup dalam jumlah banyak ke ternak ayam Maju Jaya.

Sistem pembagian hasil:

Dalam mengembangkan usaha ternak ayam ini, kami membutuhkan dana yang cukup besar. Maka dari itu kami menyediakan kesempatan bagi anda yang ingin bekerjasama dengan usaha ternak ayam kami dengan investasi sebesar 30% atau senilai Rp. 100.000.000.

Kerjasama ini akan berlangsung selama 2 tahun dimana dana investasi tersebut akan dikembalikan saat masa kontrak kerjasama berakhir. Adapun sistem pembagian hasil dari investasi ini akan dihitung berdasarkan keuntungan bersih penjualan setiap bulannya.

BAB 4: Analisa Keuangan

1 . Modal 

Kebutuhan Perlengkapan

KeteranganHarga
Perlengkapan Bangun KandangRp. 35.000.000
Wadah Pakan dan MinumRp. 1.000.000
Alat Pemanas (Brooder)Rp. 1.250.000
ThermometerRp. 350.000
Ember dan GayungRp. 150.000
Selang dan SekopRp. 300.000
Kawat atau TaliRp. 200.000
Drum atau BakRp. 500.000

Sewa Lahan 

KeteranganHarga
Biaya Sewa Lahan TahunanRp. 18.000.000
Biaya Renovasi KandangRp. 20.000.000

Gaji Karyawan

KeteranganHarga
5 Karyawan OperasionalRp. 10.000.000
2 Karyawan KebersihanRp. 3.000.000
2 Karyawan Distribusi dan PengirimanRp. 3.600.000

Biaya Operasional

KeteranganHarga
ListrikRp. 500.000
AirRp. 350.000
Beli Bibit AyamRp. 35.000.000
Pakan TernakRp. 15.000.000
VitaminRp. 5.000.000
Biaya Tidak TerdugaRp. 10.000.000

2. Harga Pokok Produksi

KeteranganHPPHarga JualKeutungan
Ayam Hidup (kg)Rp. 15.000Rp. 25.000Rp. 15.000
Paket Ayam Hidup 1Rp. 1.250.000Rp. 1.750.000Rp. 500.000
Paket Ayam Hidup 2Rp. 2.500.000Rp. 3.200.000Rp. 700.000
Paket Ayam Hidup 3Rp. 4.200.000Rp. 5.000.000Rp. 800.000

3. Perkiraan Keuntungan

Nama ProdukTarget Penjualan PerhariKeuntungan Kotor Per Hari
Ayam Hidup (kg)25 kgRp. 375.000
Paket Ayam Hidup 15 paketRp. 2.500.000
Paket Ayam Hidup 23 paketRp. 2.100.000
Paket Ayam Hidup 32 paketRp. 1.600.000
Total10 paketRp. 6.575.000

4. Estimasi Balik Modal

KeteranganTotal
Keuntungan Kotor BulananRp. 197.250.000
Biaya OperasionalRp. 82.450.000
Keuntungan Bersih BulananRp. 114.800.000

BAB 5: Penutup

Ternak ayam Maju Jaya menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan di masa depan. Apalagi permintaan pasar semakin tahun terus mengalami peningkatan meskipun harga jualnya seringkali tidak stabil yang dikarenakan berbagai faktor.

Mengingat potensinya yang sangat besar maka kami berupaya untuk mengembangkan bisnis ini lebih besar. Maka dari itu kami membuat proposal usaha ini sebagai upaya untuk mendapatkan bantuan dana usaha dari anda.

Kami juga berharap kerjasama ini bisa berlangsung dalam kurun waktu yang lama sehingga dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Bagikan Postingan: