Contoh Proposal Usaha Takoyaki (Download DOC)

Jajanan Takoyaki yang merupakan kuliner asli Jepang ini cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang nikmat dan gurih dengan harga yang cukup terjangkau membuat jajanan ini sering diserbu banyak pembeli.

Hal ini tentunya bagus untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Dengan menjual takoyaki, anda bisa mendapatkan cuan melimpah. Namun jika anda memiliki kendala dengan modal, anda bisa memilih untuk mencari investor yang bersedia berinvestasi ke dalam usaha takoyaki anda.

Buat proposal usaha takoyaki anda sebagus mungkin, agar calon investor bisa dengan mudah mempelajarinya dan setuju untuk berinvestasi. Dibawah ini adalah contoh proposal usaha takoyaki yang bisa anda jadikan referensi.

File tersedia dengan format DOC dan PDF

Proposal Takoyaki

Download Proposal Usaha Takoyaki (DOC)


Proposal Usaha Takoyaki “ Tokko Takoyaki “

BAB 1 : Pendahuluan

Latar Belakang

Takoyaki merupakan salah satu jajanan khas asli Jepang yang banyak digemari di Indonesia. Namun pada umumnya takoyaki yang disajikan di Indonesia memiliki rasa yang kurang di bagian flavour karena seasoningnya yang mungkin kurang pas.

Hal inilah yang mendorong Hiro Sandy, selaku owner yang dulunya merupakan seorang chef dari Jepang mencoba  untuk memperkenalkan takoyaki dengan cita rasa otentik yang nikmat dan masih cocok untuk lidah masyarakat Indonesia. 

Banyaknya kompetitor pun tidak akan menjadi masalah selama Tokko Takoyaki terus menjaga kualitas dan cita rasa produk takoyakinya serta selalu melakukan riset dalam upaya pengembangan produk.

Strategi market plan juga telah disiapkan agar bisnis model yang dipakai lebih terarah dan terhindar dari hal hal yang mungkin dapat menimbulkan kerugian.

Konsep Usaha

Tokko Takoyaki menjajakan takoyakinya dengan booth kontainer berukuran sedang yang terlihat cukup menarik yang berlokasi di tempat yang cukup strategis dan mudah dijangkau. Tidak Hanya melayani pembelian secara langsung, Tokko Takoyaki juga telah bekerja sama dengan provider ojek online yang menyediakan layanan pemesanan dan pengantaran makanan sehingga pembeli yang ingin makan takoyaki dan Tokko Takoyaki tetap bisa menikmati takoyaki tanpa harus keluar rumah.

Visi Misi

Visi misi yang dimiliki oleh Tokko Takoyaki adalah menghadirkan cita rasa Jepang dalam satu gigitan takoyaki. Selain itu, takoyaki merupkan streetfood yang harus dijual dengan harga terjangkau, namun tetap dengan cita rasa yang enak, gurih, dan nikmat.

BAB 2 : Analisa SWOT

Strength

Rasa takoyaki dari Tokko Takoyaki adalah cita rasa takoyaki otentik Jepang yang dibuat langsung oleh seorang mantan chef di negara Jepang.

Weakness

Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, namun jumlah per porsi nya cukup sedikit. Hal ini karena komposisi bahan yang digunakan adalah bahan bahan berkualitas yang harganya cukup mahal seperti gurita, udang, dll.

Opportunity

Meskipun Tokko Takoyaki memiliki banyak kompetitor, namun rasa takoyaki dari Tokko Takoyaki cukup khas, sehingga belum ada kompetitor yang menyamai cita rasa khas takoyaki dari Tokko Takoyaki.

Threat

Karena porsinya yang terbilang sedikit, sebagian orang akan menganggap takoyaki dari Tokko Takoyaki mahal. Sehingga bisa saja mereka tidak akan mau mencoba takoyaki yang dianggapnya mahal.

BAB 3 : Rencana Usaha

Nama Usaha : Tokko Takoyaki

Produk yang Dihasilkan : Takoyaki

Harga : Rp 10.000 per porsi

Target Market : 

Target market untuk takoyaki dari Tokko Takoyaki ini adalah utamanya siswa siswi SMP dan SMA Tunas Harapan, mengingat lokasi booth Tokko Takoyaki adalah dekat dengan komplek sekolah Tunas Harapan.

Strategi Pemasaran : 

Tokko Takoyaki melakukan promosi melalui social media dan juga memberikan memberikan voucher promo untuk pembelian melalui aplikasi ojek online. Selain itu akan ada diskon 10 % untuk setiap pembelian Takoyaki dengn jumlah tertentu.

Sistem Usaha : 

Tokko Takoyaki menjual takoyaki nya angsung melalui sebuah booth berbentuk kontainer. Tidak hanya penjualan langsung, Tokko Takoyaki juga melayani pemesanan takoyaki melalui online yaitu contact person tim Tokko Takoyaki, dan juga social media. Selain itu takoyaki dari Tokko Takoyaki juga dapat dipesan melalui aplikasi ojek online.

Sistem Pembagian Hasil :

Tokko Takoyaki menjual sahamnya sebesar  20 % seharga Rp 10.000.000 . Mengenai pembagian hasil akan dihitung berdasarkan jumlah persentase kepemilikan saham dikalikan dengan profit yang diperoleh oleh Tokko Takoyaki selama 12 bulan. 

BAB 4 : Analisa Keuangan

Modal 

Peralatan

Keterangan Harga
KomporRp 1.000.000
Cetakan TakoyakiRp 500.000
Peralatan Memasak LainnyaRp 500.000
Gas LPGRp 513.000

Tempat

KeteranganBiaya
Sewa TempatRp 2.000.000 per bulan

Karyawan

KeteranganGaji
Karyawan 2 orangRp 5.000.000

Bahan Baku

Bahan baku dibawah ini adalah bahan baku yang dibutuhkan dalam 1 bulan.

KeteranganHarga
Tepung TeriguRp 400.000
KatsuobushiRp 400.000
GuritaRp 450.000
Smoked BeefRp 500.000
UdangRp 360.000
BumbuRp 100.000
TotalRp 2.210.000

Operasional

KeteranganBiaya
ListrikRp 150.000
AirRp 50.000
PackagingRp 50.000
LPGRp 100.000
TotalRp 350.000

Promosi

KeteranganBiaya
Social MediaRp 400.000
Baliho BannerRp 200.000

Harga Pokok Produksi

ProdukHPPHarga JualKeuntungan
Takoyaki GuritaRp 5000Rp 10.000Rp 5000
Takoyaki Smoke BeefRp 5000Rp 10.000Rp 5000
Takoyaki UdangRp 5000Rp 10.000Rp 5000

Perkiraan Keuntungan

Perkiraan keuntungan berdasarkan pada target penjualan per hari.

ProdukTargetKeuntungan Kotor per Hari
Takoyaki Gurita25 porsiRp 125.000
Takoyaki Smoke Beef50 porsiRp 250.000
Takoyaki Udang25 porsiRp 125.000
Total100 porsiRp 500.000

Estimasi keuntungan kotor per hari adalah Rp 500.000

Sehingga untuk estimasi keuntungan selama 1 bulan adalah Rp 500.000 x 30 = Rp 15.000.000

Estimasi Balik Modal

KeteranganNominal
Keuntungan Kotor per BulanRp 15.000.000
Pengeluaran per BulanRp 9.560.000
Total Keuntungan Kotor per BulanRp 5.440.000

Estimasi balik modalnya adalah sekitar 1 bulan.

BAB 5 : Penutup

Tokko Takoyaki dengan menu andalan takoyaki nya sangat optimis jika produknya akan banyak disukai oleh masyarakat luas. Banyaknya kompetitor tidak akan menjadi masalah untuk Tokko Takoyaki selama kualitas dan cita rasa takoyaki yang dihadirkannya tetap terjaga.

Di awal pembukaannya saja, Tokko Takoyaki bahkan bisa menghabiskan semua dagangan takoyakinya kurang dari 6 jam. Tentunya hal ini adalah salah satu bukti jika takoyaki dari Tokko Takoyaki sudah berhasil menarik hati masyarakat, baik dari packagingnya, hingga kualitas rasanya.

Dengan begitu, kami selaku Tim Tokko Takoyaki berharap, jika anda bersedia untuk berinvestasi di Tokko Takoyaki dan bersama sama Tokko Takoyaki menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

Bagikan Postingan: