Jajanan Takoyaki yang merupakan kuliner asli Jepang ini cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang nikmat dan gurih dengan harga yang cukup terjangkau membuat jajanan ini sering diserbu banyak pembeli.
Hal ini tentunya bagus untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Dengan menjual takoyaki, anda bisa mendapatkan cuan melimpah. Namun jika anda memiliki kendala dengan modal, anda bisa memilih untuk mencari investor yang bersedia berinvestasi ke dalam usaha takoyaki anda.
Buat proposal usaha takoyaki anda sebagus mungkin, agar calon investor bisa dengan mudah mempelajarinya dan setuju untuk berinvestasi. Dibawah ini adalah contoh proposal usaha takoyaki yang bisa anda jadikan referensi.
File tersedia dengan format DOC dan PDF
Download Proposal Usaha Takoyaki (DOC)
Proposal Usaha Takoyaki “ Tokko Takoyaki “
BAB 1 : Pendahuluan
Latar Belakang
Takoyaki merupakan salah satu jajanan khas asli Jepang yang banyak digemari di Indonesia. Namun pada umumnya takoyaki yang disajikan di Indonesia memiliki rasa yang kurang di bagian flavour karena seasoningnya yang mungkin kurang pas.
Hal inilah yang mendorong Hiro Sandy, selaku owner yang dulunya merupakan seorang chef dari Jepang mencoba untuk memperkenalkan takoyaki dengan cita rasa otentik yang nikmat dan masih cocok untuk lidah masyarakat Indonesia.
Banyaknya kompetitor pun tidak akan menjadi masalah selama Tokko Takoyaki terus menjaga kualitas dan cita rasa produk takoyakinya serta selalu melakukan riset dalam upaya pengembangan produk.
Strategi market plan juga telah disiapkan agar bisnis model yang dipakai lebih terarah dan terhindar dari hal hal yang mungkin dapat menimbulkan kerugian.
Konsep Usaha
Tokko Takoyaki menjajakan takoyakinya dengan booth kontainer berukuran sedang yang terlihat cukup menarik yang berlokasi di tempat yang cukup strategis dan mudah dijangkau. Tidak Hanya melayani pembelian secara langsung, Tokko Takoyaki juga telah bekerja sama dengan provider ojek online yang menyediakan layanan pemesanan dan pengantaran makanan sehingga pembeli yang ingin makan takoyaki dan Tokko Takoyaki tetap bisa menikmati takoyaki tanpa harus keluar rumah.
Visi Misi
Visi misi yang dimiliki oleh Tokko Takoyaki adalah menghadirkan cita rasa Jepang dalam satu gigitan takoyaki. Selain itu, takoyaki merupkan streetfood yang harus dijual dengan harga terjangkau, namun tetap dengan cita rasa yang enak, gurih, dan nikmat.
BAB 2 : Analisa SWOT
Strength
Rasa takoyaki dari Tokko Takoyaki adalah cita rasa takoyaki otentik Jepang yang dibuat langsung oleh seorang mantan chef di negara Jepang.
Weakness
Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, namun jumlah per porsi nya cukup sedikit. Hal ini karena komposisi bahan yang digunakan adalah bahan bahan berkualitas yang harganya cukup mahal seperti gurita, udang, dll.
Opportunity
Meskipun Tokko Takoyaki memiliki banyak kompetitor, namun rasa takoyaki dari Tokko Takoyaki cukup khas, sehingga belum ada kompetitor yang menyamai cita rasa khas takoyaki dari Tokko Takoyaki.
Threat
Karena porsinya yang terbilang sedikit, sebagian orang akan menganggap takoyaki dari Tokko Takoyaki mahal. Sehingga bisa saja mereka tidak akan mau mencoba takoyaki yang dianggapnya mahal.
BAB 3 : Rencana Usaha
Nama Usaha : Tokko Takoyaki
Produk yang Dihasilkan : Takoyaki
Harga : Rp 10.000 per porsi
Target Market :
Target market untuk takoyaki dari Tokko Takoyaki ini adalah utamanya siswa siswi SMP dan SMA Tunas Harapan, mengingat lokasi booth Tokko Takoyaki adalah dekat dengan komplek sekolah Tunas Harapan.
Strategi Pemasaran :
Tokko Takoyaki melakukan promosi melalui social media dan juga memberikan memberikan voucher promo untuk pembelian melalui aplikasi ojek online. Selain itu akan ada diskon 10 % untuk setiap pembelian Takoyaki dengn jumlah tertentu.
Sistem Usaha :
Tokko Takoyaki menjual takoyaki nya angsung melalui sebuah booth berbentuk kontainer. Tidak hanya penjualan langsung, Tokko Takoyaki juga melayani pemesanan takoyaki melalui online yaitu contact person tim Tokko Takoyaki, dan juga social media. Selain itu takoyaki dari Tokko Takoyaki juga dapat dipesan melalui aplikasi ojek online.
Sistem Pembagian Hasil :
Tokko Takoyaki menjual sahamnya sebesar 20 % seharga Rp 10.000.000 . Mengenai pembagian hasil akan dihitung berdasarkan jumlah persentase kepemilikan saham dikalikan dengan profit yang diperoleh oleh Tokko Takoyaki selama 12 bulan.
BAB 4 : Analisa Keuangan
Modal
Peralatan
Keterangan | Harga |
Kompor | Rp 1.000.000 |
Cetakan Takoyaki | Rp 500.000 |
Peralatan Memasak Lainnya | Rp 500.000 |
Gas LPG | Rp 513.000 |
Tempat
Keterangan | Biaya |
Sewa Tempat | Rp 2.000.000 per bulan |
Karyawan
Keterangan | Gaji |
Karyawan 2 orang | Rp 5.000.000 |
Bahan Baku
Bahan baku dibawah ini adalah bahan baku yang dibutuhkan dalam 1 bulan.
Keterangan | Harga |
Tepung Terigu | Rp 400.000 |
Katsuobushi | Rp 400.000 |
Gurita | Rp 450.000 |
Smoked Beef | Rp 500.000 |
Udang | Rp 360.000 |
Bumbu | Rp 100.000 |
Total | Rp 2.210.000 |
Operasional
Keterangan | Biaya |
Listrik | Rp 150.000 |
Air | Rp 50.000 |
Packaging | Rp 50.000 |
LPG | Rp 100.000 |
Total | Rp 350.000 |
Promosi
Keterangan | Biaya |
Social Media | Rp 400.000 |
Baliho Banner | Rp 200.000 |
Harga Pokok Produksi
Produk | HPP | Harga Jual | Keuntungan |
Takoyaki Gurita | Rp 5000 | Rp 10.000 | Rp 5000 |
Takoyaki Smoke Beef | Rp 5000 | Rp 10.000 | Rp 5000 |
Takoyaki Udang | Rp 5000 | Rp 10.000 | Rp 5000 |
Perkiraan Keuntungan
Perkiraan keuntungan berdasarkan pada target penjualan per hari.
Produk | Target | Keuntungan Kotor per Hari |
Takoyaki Gurita | 25 porsi | Rp 125.000 |
Takoyaki Smoke Beef | 50 porsi | Rp 250.000 |
Takoyaki Udang | 25 porsi | Rp 125.000 |
Total | 100 porsi | Rp 500.000 |
Estimasi keuntungan kotor per hari adalah Rp 500.000
Sehingga untuk estimasi keuntungan selama 1 bulan adalah Rp 500.000 x 30 = Rp 15.000.000
Estimasi Balik Modal
Keterangan | Nominal |
Keuntungan Kotor per Bulan | Rp 15.000.000 |
Pengeluaran per Bulan | Rp 9.560.000 |
Total Keuntungan Kotor per Bulan | Rp 5.440.000 |
Estimasi balik modalnya adalah sekitar 1 bulan.
BAB 5 : Penutup
Tokko Takoyaki dengan menu andalan takoyaki nya sangat optimis jika produknya akan banyak disukai oleh masyarakat luas. Banyaknya kompetitor tidak akan menjadi masalah untuk Tokko Takoyaki selama kualitas dan cita rasa takoyaki yang dihadirkannya tetap terjaga.
Di awal pembukaannya saja, Tokko Takoyaki bahkan bisa menghabiskan semua dagangan takoyakinya kurang dari 6 jam. Tentunya hal ini adalah salah satu bukti jika takoyaki dari Tokko Takoyaki sudah berhasil menarik hati masyarakat, baik dari packagingnya, hingga kualitas rasanya.
Dengan begitu, kami selaku Tim Tokko Takoyaki berharap, jika anda bersedia untuk berinvestasi di Tokko Takoyaki dan bersama sama Tokko Takoyaki menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.