Contoh Proposal Usaha Rujak Buah (Download DOC)

Proposal Usaha Rujak Buah ~ Bagi Anda yang baru saja merintis usaha rujak buah dan membutuhkan modal tambahan, maka salah satu dokumen yang bisa Anda gunakan untuk mengajukan dana kepada investor adalah proposal usaha.

Proposal usaha yang baik harus memiliki penjabaran informasi yang lengkap mengenai bisnis yang Anda jalankan. Isi dari proposal usaha memuat latar belakang, analisis SWOT, rencana usaha, hingga masalah pendanaan.

Selain itu, pastikan penjabaran dalam proposal usaha merupakan realitas yang benar-benar terjadi sehingga investor tidak meragukannya. Jika Anda membutuhkan contoh proposal usaha rujak buah, maka Anda bisa mendownloadnya di bawah ini.

Download Proposal Usaha Rujak Buah

Proposal Rujak Buah

(Download DOC)


Proposal Usaha Rujak Buah “Sedapp”

BAB 1 : Pendahuluan

Latar Belakang

Rujak buah merupakan makanan yang dipadukan antara buah-buahan segar dengan bumbu rujak yang pedas. Rujak buah juga bisa menjadi alternatif bagi orang yang tidak suka mengonsumsi buah secara langsung.

Meskipun terlihat sederhana, nyatanya rujak buah tetap memiliki banyak peminat. Hal itu yang juga membuat kami tertarik untuk menjadikan rujak buah sebagai usaha utama.

Selain bisa memberikan keuntungan secara pribadi, rujak buah juga bisa bermanfaat bagi masyarakat, misalnya untuk menurunkan resiko penyakit jantung, melancarkan pencernaan, dan masih banyak lagi.

Konsep Usaha

Konsep usaha Rujak Buah Sedapp adalah memproduksi rujak buah berkualitas yang menggunakan bahan utama buah organik, serta dipadukan dengan bumbu rujak yang dijamin kualitasnya.

Visi Misi

Berikut ini adalah visi dan misi dari usaha Rujak Buah Sedapp.

Visi

Memproduksi rujak buah dengan kualitas super, dan memberikan kepuasan kepada semua pelanggan Rujak Buah Sedapp.

Misi

  • Terus berkreasi dan berinovasi untuk pengembangan usaha Rujak Buah Sedapp.
  • Memberikan pelayanan terbaik kepada semua konsumen.
  • Mendapatkan hasil yang maksimal tanpa merugikan orang lain.
  • Memberikan manfaat kepada konsumen.

BAB 2 : Analisis SWOT

Strength (Kekuatan)

  • Proses pembuatan cukup simpel dan tidak membutuhkan waktu yang lama.
  • Rujak buah yang kami produksi terjamin kualitasnya
  • Harga yang kami tawarkan juga cukup terjangkau.

Weakness (Kelemahan)

  • Bahan baku susah didapatkan, terutama untuk buah-buahan organik.
  • Harga bahan baku cenderung mahal, terutama untuk buah organik.
  • Modal masih terbatas sehingga menghambat pertumbuhan usaha.

Opportunity (Peluang)

  • Memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan usia.
  • Promosinya mudah dilakukan, baik secara gratis maupun berbayar.
  • Belum banyak penjual rujak buah yang menggunakan konsep ini.

Threat (Ancaman)

  • Konsep usaha yang kami jalankan bisa saja ditiru oleh kompetitor.
  • Jika hujan jumlah konsumen akan berkurang.
  • Jika banyak kompetitor, persaingan akan semakin ketat.

BAB 3 : Rencana Usaha

Nama Usaha : 

Nama usaha ini adalah “Rujak Buah Sedapp”. Nama tersebut memiliki makna bahwa rujak buah yang kami jual memang memiliki cita rasa yang sedap.

Produk yang Dihasilkan : 

Adapun produk rujak buah yang kami hasilkan adalah sebagai berikut.

  • Rujak Buah Mangga Muda
  • Rujak Buah Semangka
  • Rujak Buah Nanas Spesial
  • Rujak Buah Campur

Harga yang Ditawarkan : 

  • Rujak Buah Mangga Muda : Rp 10.000
  • Rujak Buah Semangka : Rp 10.000
  • Rujak Buah Nanas Spesial : Rp 10.000
  • Rujak Buah Campur : Rp 12.000

Target Market : 

  • Target lokasi : Menempatkan outlet di pinggir jalan yang ramai, atau di lokasi strategis seperti dekat kampus, sekolah, dan lain-lain.
  • Target demografi : Pria dan wanita dengan rentang usia 17 hingga 40 tahun.
  • Karakter psikologis : Menyukai makanan pedas.

Strategi Pemasaran : 

Berikut adalah strategi pemasaran yang kami gunakan untuk meningkatkan penjualan Rujak Buah Sedapp.

  • Menggunakan brosur dan banner yang didesain dengan menarik.
  • Memanfaatkan sosial media untuk membranding produk. Sosial media yang kami gunakan adalah Instagram, Facebook, dan Whatsapp.

Sistem Usaha : 

Usaha ini dijalankan menggunakan outlet minimalis yang berasal dari kontainer bekas. Selain itu, kami juga memasarkan secara online melalui Gofood dan Grabfood.

Sistem Bagi Hasil : 

Modal untuk mengembangkan usaha dari hasil patungan (50%-50%). Total modal yang dibutuhkan adalah Rp 20.000.000. 

Sistem usaha ini dijalankan menggunakan metode profit sharing. Untuk pembagian hasil dilakukan setiap satu bulan sekali berdasarkan laba bersih. 

BAB 4 : Analisis Keuangan

Modal yang Dibutuhkan : 

Peralatan

KeteranganHarga
PiringRp 500.000 
PisauRp 150.000
MejaRp 800.000
KursiRp 500.000
CobekRp 100.000
Wadah plastikRp 350.000
Container BoothRp 5.000.000
Bahan lainnyaRp 1.000.000

Sewa Tempat

KeteranganBiaya
Sewa TempatRp 4.500.000
RenovasiRp 1.000.000

Karyawan

KeteranganBiaya
PramuniagaRp 4.000.000

Bahan

KeteranganHarga
Buah-buahanRp 1.000.000
BumbuRp 500.000
CabaiRp 800.000
Bahan lainnyaRp 1.000.000

Operasional Outlet

KeteranganHarga
ListrikRp 150.000
Peralatan kebersihanRp 45.000
Lain-lainRp 400.000

Promosi

KeteranganHarga
BrosurRp 400.000
BannerRp 100.000

Harga Pokok Produksi (HPP)

ProdukHPPHarga JualKeuntungan
Rujak Buah Mangga MudaRp 5.000Rp 10.000Rp 5.000
Rujak Buah SemangkaRp 5.000Rp 10.000Rp 5.000
Rujak Buah NanasRp 5.000Rp 10.000Rp 5.000
Rujak Buah CampurRp 6.000Rp 12.000Rp 6.000

Perkiraan Keuntungan

ProdukTarget Penjualan Per HariProfit Kotor Per Hari
Rujak Buah Mangga Muda50 PorsiRp 250.000
Rujak Buah Semangka30 PorsiRp 150.000
Rujak Buah Nanas40 PorsiRp 200.000
Rujak Buah Campur30 PorsiRp 180.000
Total130 PorsiRp 780.000

Estimasi Balik Modal

KeteranganRincian Estimasi
Profit Kotor BulananRp 23.400.000
Biaya OperasionalRp 10.000.000
Profit Bersih BulananRp 13.400.000

BAB 5 : Penutup

Demikian proposal usaha ini kami buat. Melihat potensi dan prospek usaha rujak buah yang cukup menjanjikan, kami berharap Anda bersedia untuk bekerja sama dalam merintis dan mengembangkan usaha ini hingga menjadi besar.

Bagikan Postingan: