Contoh Proposal Usaha Nasi Goreng (Download DOC / PDF)

Jika Anda tertarik membuka usaha nasi goreng, maka salah satu hal terpenting yang harus Anda persiapkan adalah proposal usaha. Proposal usaha ini bertujuan untuk membantu Anda dalam meyakinkan investor maupun untuk meminta izin usaha kepada pihak terkait.

Dalam proposal usaha tersebut, Anda bisa menjelaskan gambaran usaha nasi goreng yang akan Anda kerjakan secara detail, mulai dari latar belakang, analisis SWOT, anggaran yang dibutuhkan, dan lainnya.

Bagi Anda yang kesulitan membuat proposal usaha nasi goreng, berikut ini juga telah kami sertakan contoh proposal usaha nasi goreng yang bisa Anda download.

Download Proposal Usaha Nasi Goreng

Proposal Nasi Goreng

(Download PDF) (Download DOC)


Proposal Usaha Nasi Goreng Istimewa

BAB 1 : Pendahuluan

Latar Belakang

Nasi goreng menjadi salah satu menu masakan yang cukup favorit bagi masyarakat Indonesia dari dulu hingga saat ini. Meskipun cara memasaknya sama, penyajiannya sama, dan variannya juga hampir sama, namun faktanya peminat nasi goreng tidak pernah surut.

Dengan adanya fakta tersebut yang kemudian membuat kami melihat hal itu menjadi sebuah potensi bisnis yang perlu dikembangkan secara serius. Oleh sebab itu, kami berencana untuk mendirikan usaha Nasi Goreng Istimewa.

Alasan kami tidak hanya cukup di situ, di kota ini masyarakatnya juga mayoritas adalah sebagai pekerja kantoran. Waktu memasak bagi mereka sangat sedikit, sehingga mereka banyak yang memilih untuk membeli makanan yang simpel dan praktis.

Menurut pengamatan kami, nasi goreng masih bisa diandalkan sebagai makanan yang praktis, rasanya tidak membosankan, dan mudah diterima oleh semua kalangan. 

Konsep Usaha

Kami akan menyajikan nasi goreng dengan rasa yang istimewa, bumbu dan bahan baku yang kami gunakan juga berkualitas dan terjamin kebersihannya. Kami juga membuat nasi goreng dengan berbagai macam varian yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Visi Misi

Berikut merupakan visi dan misi yang ingin kita capai dan juga sebagai haluan dalam menjalankan usaha ini.

Visi

Ingin menjadikan Nasi Goreng Istimewa menjadi salah satu makanan yang favorit bagi konsumen dan dikenal oleh masyarakat luas.

Misi

  • Bisa mendirikan Nasi Goreng Istimewa di berbagai penjuru negeri.
  • Membuat nasi goreng dengan cita rasa istimewa yang bisa diterima oleh semua kalangan.
  • Memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua pelanggan, tanpa mengecualikan.
  • Mendirikan usaha dengan dasar hobi, kejujuran, tanggung jawab, dan profesionalisme.
  • Selalu berkomitmen untuk membuat usaha ini tumbuh dan berkembang dengan pesat.

BAB 2 : Analisis SWOT

Strength (Kekuatan) : 

Rasa nasi goreng yang kami buat cukup istimewa dan bisa dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahan baku untuk memproduksi nasi goreng ini juga cukup mudah dicari dan harganya relatif terjangkau.

Weakness (Kelemahan) : 

Daya tahan nasi sebagai bahan utama tidak bisa bertahan lama, sehingga jika tidak laku pada hari itu, maka nasi tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi.

Opportunity (Peluang) : 

Banyak orang yang suka dengan nasi goreng, baik itu dari anak-anak hingga orang dewasa. Dengan demikian, maka peluang untuk memanfaatkan potensi yang ada masih terbuka lebar.

Threat (Ancaman) : 

Kompetitor sudah banyak, persaingan semakin ketat, biasanya orang akan cenderung membeli nasi goreng di tempat langganan mereka, sehingga bagi pendatang baru sangat susah berkembang.

BAB 3 : Rencana Usaha

Nama Usaha yang Digunakan : 

Nama usaha yang kami gunakan adalah Nasi Goreng Istimewa. Nama tersebut kami pilih karena cukup mudah untuk diingat, namanya simpel tapi makna dari nama tersebut sudah menggambarkan nasi goreng yang akan kami jual.

Produk yang Dihasilkan : 

Produk yang kami hasilkan antara lain adalah nasi goreng Jawa, nasi goreng mawut, nasi goreng seafood, nasi goreng original, dan nasi goreng spesial.

Harga yang Ditawarkan : 

  • Nasi goreng Jawa : Rp 12.000
  • Nasi goreng mawut : Rp 14.000
  • Nasi goreng seafood : Rp 20.000
  • Nasi goreng spesial : Rp 15.000
  • Nasi goreng original : Rp 10.000

Target Market : 

Target market utama yang kami sasar adalah para anak muda hingga orang dewasa. Rentang usianya antara 18 tahun sampai dengan 45 tahun.

Strategi Pemasaran : 

Promosinya dilakukan secara online dan offline. Untuk promosi online dengan memanfaatkan media sosial dan juga Instagram Ads. Sedangkan untuk promosi offline dengan menyebar brosur, membuat banner, dan promosi dari mulut ke mulut.

Sistem Usaha : 

Kami akan menjual Nasi Goreng Istimewa ini di outlet yang nantinya akan kami persiapkan sesuai dengan lokasi yang sudah dipilih. Kami juga menjual nasi goreng ini secara online di Grabfood dan Gofood.

Sistem Pembagian Hasil : 

Untuk memenuhi modal usaha ini, kami akan menjual saham perusahaan kepada Anda sebanyak 30% dengan harga Rp 50.000.000. Pembagian hasil akan dihitung berdasarkan kepemilikan saham. Hasil yang diterima adalah laba bersih selama satu bulan.

BAB 4 : Analisa Keuangan

Modal yang Dibutuhkan : 

Peralatan

KeteranganHarga
WajanRp 200.000
PiringRp 800.000
GelasRp 500.000
Meja + KursiRp 6.000.000
Peralatan TambahanRp 2.000.000

Sewa Tempat

KeteranganHarga
Biaya Sewa TempatRp 25.000.000
Renovasi TempatRp 10.000.000

Bahan 

KeteranganHarga
MieRp 500.000
SeafoodRp 1.000.000
Nasi PutihRp 500.000
Telur AyamRp 300.000
SayuranRp 100.000
Bahan LainnyaRp 1.500.000

Karyawan

KeteranganBiaya
PelayanRp 1.500.000
Juru MasakRp 2.500.000

Operasional Outlet

KeteranganHarga
ListrikRp 150.000
Peralatan kebersihanRp 30.000
AirRp 60.000
Lain-lainRp 500.000

Promosi

KeteranganHarga
BannerRp 100.000
BrosurRp 200.000
Instagram AdsRp 3.000.000

Harga Pokok Produksi (HPP)

ProdukHPPHarga JualKeuntungan
Nasi Goreng JawaRp 6.000Rp 12.000Rp 6.000
Nasi Goreng OriginalRp 5.000Rp 10.000Rp 5.000
Nasi Goreng MawutRp 7.000Rp 14.000Rp 7.000
Nasi Goreng SeafoodRp 10.000Rp 20.000Rp 10.000
Nasi Goreng SpesialRp 7.000Rp 15.000Rp 8.000

Perkiraan Keuntungan

ProdukTarget Penjualan Per HariProfit Kotor Per Hari
Nasi Goreng Jawa35 PorsiRp 210.000
Nasi Goreng Original30 PorsiRp 150.000
Nasi Goreng Mawut50 PorsiRp 350.000
Nasi Goreng Seafood25 PorsiRp 250.000
Nasi Goreng Spesial30 PorsiRp 240.000
Total170 PorsiRp 1.200.000

Estimasi Balik Modal

KeteranganRincian Estimasi
Profit Kotor BulananRp 36.000.000
Biaya OperasionalRp 12.000.000
Profit Bersih BulananRp 24.000.000

BAB 5 : Penutup

Nasi goreng telah menjadi salah satu warisan kuliner yang cukup legendaris di Indonesia. Meskipun sudah ada sejak zaman dulu, namun faktanya nasi goreng tetap digemari hingga saat ini, bahkan peminatnya kian bertambah.

Bagi sebagian orang, nasi goreng merupakan menu yang “aman” untuk dipilih saat melakukan wisata kuliner di suatu tempat. Cita rasanya yang khas sudah menjadi keistimewaan tersendiri.

Melalui proposal ini, kami berusaha merinci poin-poin penting yang melatarbelakangi keinginan kami untuk mendirikan usaha Nasi Goreng Istimewa. Kami juga berharap kepada Anda untuk mempertimbangkan secara bijak tawaran yang kami ajukan.

Bagikan Postingan: