Contoh Proposal Usaha Martabak (Download DOC / PDF)

Jika anda membutuhkan modal tambahan untuk usaha martabak yang sedang anda bangun, anda bisa memilih untuk mencari investor yang bersedia bekerja sama dengan anda. Untuk itu anda memerlukan sebuah proposal usaha yang menarik dan mampu meyakinkan investor . Berikut ini adalah contoh proposal usaha martabak yang bisa menjadi referensi untuk proposal usaha anda.

Download Proposal Martabak

Proposal Martabak

File tersedia dalam bentuk DOC dan PDF.

Download DOC | Download PDF


Proposal Usaha Martabak “Martabakko”

BAB 1 : Pendahuluan

Latar Belakang

Martabak merupakan salah satu kuliner yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kuliner satu ini memiliki banyak varian mulai dari varian manis dan gurih atau yang biasa disebut martabak telur. 

Meskipun makanan ini sudah banyak dijajakan di seluruh wilayah Indonesia, namun Martabakko yakin jika martabak buatannya memiliki cita rasa yang khas terlebih untuk varian martabak mutton yaitu martabak telur dengan tambahan daging mutton atau domba yang belum banyak dijual di Indonesia.

Dengan adanya banyak kompetitor, justru membuat Martabakko semakin semangat untuk terus mengembangkan produk martabaknya baik dari segi kualitas, varian, dan juga rasa. Selain itu Martabakko juga menjual varian martabak mini yang lebih hemat namun memiliki rasa yang sama nikmatnya dengan martabak reguler karena menggunakan pilihan topping yang sama.

Martabakko sendiri berlokasi di jalan Sudirman dekat areka kampus dan kos kosan yang tentunya cukup strategis untuk menjajakan martabaknya. Jam operasionalnya pun cukup panjang yaitu dari jam 2 siang hingga jam 10  malam.

Meskipun bisnis Martabakko terbilang masih sederhana, namun Martabakko sudah menyiapkan strategi penjualan termasuk strategi promosi yang efektif dan diharapkan akan membuat bisnis Martabakko menjadi terarah dan semakin berkembang.

Konsep Usaha

Konsep usaha yang dilakukan oleh Martabakko adalah penjualan yang dilakukan langsung di sebuah warung tenda dengan booth serta melalui aplikasi ojek online yang melayani pengantaran makanan yang sudah banyak digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Visi Misi

Menyajikan martabak dengan cita rasa nikmat yang khas dengan harga yang terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

BAB 2 : Analisa SWOT

Strength

Memiliki varian istimewa yang jarang ditemukan di kedai martabak lainnya yaitu martabak mutton. Martabak telur dengan tambahan daging mutton atau domba yang begitu gurih ditambah dengan bumbu bumbu rahasia Martabakko yang dijamin membuat rasanya semakin istimewa.

Weakness

Martabak mutton yang merupakan salah satu signature dish dari Martabakko memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, sehingga jumlah konsumsinya harus dibatasi terutama untuk orang orang usia lanjut atau yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

Opportunity

Memiliki varian istimewa yang berbeda dengan kompetitor membuat Martabakko memiliki peluang besar untuk penjualan martabak mutton nya. Hal ini tentunya juga harus diimbangi dengan promosi tepat sasaran sehingga semakin banyak orang yang tahu dan ingin mencoba martabak mutton dari Martabakko.

Threat

Tidak semua orang menyukai mutton yang memiliki aroma cukup kuat. Namun dengan cara pengolahan yang tepat dan campuran bumbu yang pas diharapkan martabak mutton bisa menjadi salah satu varian martabak favorit dari Martabakko.

BAB 3 : Rencana Usaha

Nama Usaha : Martabakko

Produk yang Dihasilkan : Aneka varian martabak baik manis ataupun gurih, terutama dengan signature dishnya martabak mutton.

Harga : 

Target Market : 

Target market utamanya tentunya adalah orang orang yang sering melewati kawasan jalan sudirman seperti para mahasiswa dan lain lain. Selain itu adalah seluruh pecinta kuliner yang aktif menggunakan sosial media dan suka mencoba makanan makanan baru yang dirasa unik dan enak.

Strategi Pemasaran : 

Strategi pemasaran yang digunakan oleh Martabakko adalah melakukan promosi melalui social media dan Google Ads dengan menampilkan konten konten menarik seputar Martabakko termasuk signature dish martabak Mutton. Selain itu Martabakko yang juga menjalin kerjasama dengan aplikasi online yang biasa melayani pengantaran makanan, memberikan sejumlah voucher promo untuk penggunanya guna menarik perhatian.

Sistem Usaha : 

Martabakko menggunakan sistem usaha penjualan langsung melalui kedai tendanya, dan juga melayani pemesanan melalui aplikasi online yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Sistem Pembagian Hasil : 

Martabakko menjual sejumlah saham sebanyak 20 % senilai Rp 2.000.000 dengan perhitungan bagi hasil menyesuaikan dengan laba bersih yang diperoleh martabakko setiap tahunnya dikalikan dengan persentase jumlah kepemilikan saham.

BAB 4 : Analisa Keuangan

Modal

Peralatan

KeteranganHarga
KomporRp 500.000
Tabung Gas LPG 3 kgRp 513.000
Alat Masak LengkapRp 750.000
Gerobak / BoothRp 2.000.000
Meja dan KursiRp 1.000.000
Rak PenyimpananRp 1.000.000
Mesin Kasir PortableRp 350.000

Tempat

KeteranganBiaya
Sewa lapak per bulanRp 1.500.000
TendaRp 1.000.000

Karyawan

KeteranganJumlahGaji per Bulan
Karyawan2 orangRp 7.000.000

Bahan Baku

Bahan baku berikut ini adalah bahan baku yang dibutuhkan dalam sebulan.

KeteranganHarga
Tepung TeriguRp 300.000
GulaRp 300.000
TelurRp 250.000
BumbuRp 80.000
Aneka ToppingRp 100.000
Daging Sapi CincangRp 200.000
Daging Ayam CincangRp 180.000
Daging Mutton CincangRp 200.000
SosisRp 75.000
MozarellaRp 100.000
Total Bahan Baku yang dibutuhkan dalam sehariRp 1.785.000

Operasional

KeteranganBiaya
ListrikRp 150.000
Gas LPGRp 100.000
AirRp 30.000
Packaging, dllRp 100.000
TotalRp 380.000

Promosi

KeteranganBiaya
Social Media ManagementRp 350.000
Banner, BalihoRp 150.000

Harga Pokok Produksi

ProdukHPPHarga JualKeuntungan
Martabak Telur RegulerRp 13.000Rp 18.000Rp 5.000
Martabak Telur Spesial (Ayam)Rp 18.000Rp 23.000Rp 5.000
Martabak Telur Istimewa (Sapi)Rp 23.000Rp 28.000Rp 5.000
Martabak MuttonRp 20.000Rp 25.000Rp 5.000
Martabak Telur SosisRp 15.000Rp 20.000Rp 5.000
Martabak Manis Coklat MesesRp 12.000Rp 17.000Rp 5.000
Martabak Manis Coklat KejuRp 15.000Rp 20.000Rp 5.000
Martabak Manis KejuRp 13.000Rp 18.000Rp 5.000
Martabak Manis Coklat KacangRp 12.000Rp 17.000Rp 5.000
Martabak Manis Red VelvetRp 13.000Rp 18.000Rp 5.000
Martabak Manis Green TeaRp 13.000Rp 18.000Rp 5.000
Martabak Manis 4 ToppingRp 15.000Rp 20.000Rp 5.000
Martabak Manis 6 ToppingRp 25.000Rp 30.000Rp 5.000
Martabak Mini CoklatRp 7.000Rp 12.000Rp 5.000
Martabak Mini KejuRp 8.000Rp 13.000Rp 5.000
Martabak Mini Coklat KejuRp 9.000Rp 14.000Rp 5.000
Martabak Mini Green TeaRp 8.000Rp 13.000Rp 5.000
Martabak Mini Red VelvetRp 8.000Rp 13.000Rp 5.000
Martabak Mini Coklat KacangRp 7.000Rp 13.000Rp 5.000

Perkiraan Keuntungan

ProdukTargetKeuntungan Kotor / hari
Martabak Telur Reguler10 Porsi Rp 50.000
Martabak Telur Spesial (Ayam)10 PorsiRp 50.000
Martabak Telur Istimewa (Beef)10 PorsiRp 50.000
Martabak Mutton10 PorsiRp 50.000
Martabak Telur Sosis5 PorsiRp 25.000
Martabak Manis Coklat Meses10 PorsiRp 50.000
Martabak Manis Coklat Keju15 PorsiRp 75.000
Martabak Manis Keju10 PorsiRp 50.000
Martabak Manis Coklat Kacang3 PorsiRp 15.000
Martabak Manis Red Velvet2 PorsiRp 10.000
Martabak Manis Green Tea5 PorsiRp 25.000
Martabak Manis 4 Topping5 PorsiRp 25.000
Martabak Manis 6 Topping5 PorsiRp 25.000
Martabak Mini Coklat 5 PorsiRp 25.000
Martabak Mini Keju5 PorsiRp 25.000
Martabak Mini Coklat Keju10 PorsiRp 50.000
Martabak Mini Red Velvet5 PorsiRp 25.000
Martabak Mini Green Tea5 PorsiRp 25.000
Martabak Mini Coklat Kacang2 PorsiRp 10.000
Total keuntungan kotor per hari132 porsiRp 735.000

Keuntungan kotor per bulan yang didapat adalah sekitar Rp 735.000

Keuntungan kotor dalam sebulan adalah Rp 735.000 x 26 = Rp 19.110.000

Estimasi Balik Modal

KeteranganNominal
Keuntungan kotor per bulanRp 19.110.00
Pengeluaran perbulan (operasional, bahan baku, gaji karyawan)Rp 10.665.000
Profit per bulan yang didapatkanRp 8.445.000

Estimasi balik modal adalah 1 bulan

BAB 5 : Penutupan

Sebagai salah satu jajanan favorit masyarakat luas, Martabakko selalu berupaya untuk terus berinovasi dan melakukan pengembangan produk sehingga mampu tetap bersaing dengan para kompetitor untuk menarik perhatian masyarakat dengan aneka varian sajian martabak yang dimilikinya.

Selain itu, menu martabak mutton juga diharapkan sebagai signature dish yang sukses di pasaran karena memiliki rasa yang begitu gurih, nikmat, dan bikin nagih. Dan tentunya masih cukup jarang ditemui di kios jajanan martabak lainnya.

Tidak hanya pengembangan produk, upaya memperluas exposure pun terus dilakukan agar semakin banyak konsumen yang tertarik dan penasaran untuk mencoba aneka varian menu martabak dari Martabakko.

Dengan begitu, Martabakko berharap agar anda bersedia untuk menjadi salah satu investor Martabakko dan mempercayakan Martabakko untuk mengembangkan dana investasi tersebut menjadi profit yang nilainya akan terus bertambah.

Bagikan Postingan: