Proposal Usaha Keripik Ubi – Proposal usaha adalah dokumen yang berfungsi untuk membantu para pengusaha dalam memulai sebuah bisnis.
Mengingat dalam sebuah proposal usaha terdapat penjelasan rinci tentang bagaimana bisnis akan dijalankan, risiko-risiko yang akan dihadapi, peluangnya di masa depan hingga rincian biaya yang dibutuhkan dalam mengelola bisnis tersebut.
Download Proposal Keripik Ubi
Proposal Usaha Cassava Chips
BAB 1: Pendahuluan
Latar Belakang
Ubi merupakan jenis karbohidrat yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat ubi bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat.
Salah satu jenis makanan berbahan dasar ubi yang mudah diolah adalah keripik ubi. Selain mudah, pengolahan ubi menjadi keripik juga tidak mengubah nilai gizinya sehingga masyarakat tetap bisa menikmati manfaatnya.
Cassava Chips dibuat menggunakan 100% ubi pilihan dan diolah dengan proses pengovenan untuk menjaga rasa alami ubi dan kandungan gizinya.
Kemasan yang digunakan juga khusus yaitu plastik alumunium foil untuk menjaga daya tahan keripik ubi tanpa menggunakan bahan pengawet.
Konsep Usaha
Pada mulanya konsep usaha Cassava Chips adalah pemberdayaan masyarakat desa Cibodas dengan memproduksi keripik ubi bernilai jual tinggi sehingga dapat menopang ekonomi masyarakat.
Sistem penjualan keripik ubi ini adalah pemasaran langsung, dimana kami bekerjasama dengan toko-toko dan pusat oleh-oleh untuk memasarkan produk Cassava Chips.
Visi Misi
Visi : Menjadi pelopor gaya hidup sehat dengan mengolah keripik ubi menggunakan teknologi modern untuk menjaga kandungan gizinya.
Misi :
- Memberikan produk terbaik bagi konsumen dengan memilih bahan-bahan berkualitas untuk produksi keripik ubi.
- Selalu menjaga kebersihan tempat produksi dengan rutin melakukan sterilisasi setiap hari.
- Menyejahterakan karyawan dengan memberikan hak dan kewajibannya dengan baik.
- Selalu melakukan inovasi dengan menciptakan produk-produk baru yang berkualitas dan sehat.
BAB 2: Analisa SWOT
Strength:
Cassava Chips diolah dengan teknologi modern menggunakan proses pengovenan untuk menghasilkan keripik ubi sehat dan tidak mengandung minyak sama sekali, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit tertentu.
Weakness:
Brand Cassava Chips belum banyak dikenal oleh masyarakat karena penjualannya masih terbatas hanya di wilayah Jawa Barat saja.
Opportunity:
Saat ini belum ada yang mengolah keripik ubi menggunakan teknologi pengovenan sehingga peluang untuk mengembangkan bisnis ini sangat terbuka.
Threat:
Cuaca yang tidak menentu sangat mempengaruhi kualitas ubi sebagai bahan utama pembuatan Cassava Chips.
BAB 3: Rencana Usaha
Nama usaha:
Cassava Chips
Produk yang dihasilkan:
Produk utama yang dihasilkan Cassava Chips adalah keripik ubi yang diolah menggunakan proses pengovenan.
Kami telah berinovasi dengan membuat produk baru dengan memberikan berbagai varian rasa diantaranya original flavour, cheese flavour, milk flavour, spicy flavour, dan chocolate flavour.
Rincian harga:
Berikut rincian harga dari Cassava Chips :
1 . Cassava Chips Original : Rp. 20.000
2. Cassava Chips Cheese : Rp. 30.000
3. Cassava Chips Chocolate : Rp. 30.000
4. Cassava Chips Milk : Rp. 25.000
5. Cassava Chips Spicy : Rp. 25.000
Target market:
Target market dari Cassava Chips adalah seluruh masyarakat asli Cibodas dan masyarakat yang berkunjung ke Cibodas mulai dari rentan usia 1-50 tahun.
Strategi pemasaran:
Strategi pemasaran Cassava Chips dilakukan dengan beberapa hal diantaranya bekerjasama dengan toko-toko dan pusat oleh-oleh daerah.
Selain itu pemasaran juga dilakukan dengan memasarkan produk secara online melalui marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Kami juga memanfaatkan jasa Google Ads dan Instagram Ads untuk memperluas jangkauan pemasaran.
Sistem usaha:
Sistem usaha Cassava Chips adalah pemasaran langsung dimana keripik ubi yang telah diproduksi akan dikirimkan ke toko-toko mitra yang telah bekerjasama dengan kami.
Sistem pembagian hasil:
Sebagian besar proses pemasaran dari Cassava Chips dilakukan dengan mendistribusikan keripik ubi ke toko dan pusat oleh-oleh, dimana sistem pembagian hasilnya adalah 20% hasil penjualan akan dimiliki oleh pemilik toko.
BAB 4: Analisa Keuangan
1 . Modal
Kebutuhan Perlengkapan
Keterangan | Harga |
Mesin Oven | Rp. 1.500.000 |
Mesin Pengaduk Bumbu | Rp. 1.250.000 |
Mesin Potong Otomatis | Rp. 800.000 |
Tempat Pencucian | Rp. 750.000 |
Mesin Pengemasan | Rp. 1.250.000 |
Meja Produksi | Rp. 1.500.000 |
Plastik dan Kardus Kemasan | Rp. 500.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tahunan | Rp. 15.000.000 |
Biaya Renovasi Tempat | Rp. 70.000.000 |
Gaji Karyawan
Keterangan | Harga |
6 Karyawan Produksi | Rp. 12.000.000 |
2 Karyawan Pengiriman | Rp. 5.000.000 |
Biaya Operasional
Keterangan | Harga |
Belanja Kebutuhan Bulanan | Rp. 10.000.000 |
Biaya Listrik | Rp. 500.000 |
Biaya Air Bersih | Rp. 250.000 |
Dana Darurat | Rp. 5.000.000 |
Biaya Promosi
Keterangan | Harga |
Instagram Ads | Rp. 300.000 |
Google Ada | Rp. 300.000 |
2. Harga Pokok Produksi
Keterangan | HPP | Harga Jual | Keutungan |
Cassava Chips Original | Rp. 10.000 | Rp. 20.000 | Rp. 10.000 |
Cassava Chips Cheese | Rp. 20.000 | Rp. 30.000 | Rp. 10.000 |
Cassava Chips Chocolate | Rp. 20.000 | Rp. 30.000 | Rp. 10.000 |
Cassava Chips Milk | Rp. 15.000 | Rp. 25.000 | Rp. 10.000 |
Cassava Chips Spicy | Rp. 15.000 | Rp. 25.000 | Rp. 10.000 |
3. Perkiraan Keuntungan
Nama Produk | Target Penjualan Perhari | Keuntungan Kotor Per Hari |
Cassava Chips Original | 50 bungkus | Rp. 500.000 |
Cassava Chips Cheese | 50 bungkus | Rp. 500.000 |
Cassava Chips Chocolate | 50 bungkus | Rp. 500.000 |
Cassava Chips Milk | 50 bungkus | Rp. 500.000 |
Cassava Chips Spicy | 50 bungkus | Rp. 500.000 |
Total | 250 bungkus | Rp. 2.500.000 |
4. Estimasi Balik Modal
Keterangan | Total |
Keuntungan Kotor Bulanan | Rp. 62.500.000 |
Biaya Operasional Bulanan | Rp. 33.350.000 |
Keuntungan Bersih Bulanan | Rp. 29.150.000 |
BAB 5: Penutup
Cassava Chips merupakan inovasi baru dalam pengolahan keripik ubi yang renyah, nikmat, dan sehat. Dengan proses pengolahan tanpa minyak Cassava Chips aman dikonsumsi oleh seluruh kalangan mulai dari usia 1 tahun.