Contoh Proposal Usaha Keripik Kaca (Download DOC)

Proposal Usaha Keripik Kaca ~ Sebelum memulai usaha keripik kaca, ada baiknya jika Anda membuat rencana usaha, mulai dari latar belakang, hingga rincian anggaran yang dituangkan ke dalam proposal usaha secara utuh.

Manfaat dengan adanya proposal usaha adalah bisa membantu Anda dalam melihat kelayakan usaha, mencari sumber dana atau menarik minat investor, dan mengukur daya saing usaha terhadap investor.

Proposal usaha harus dibuat secara rinci, jelas, dan spesifik agar mudah dipahami. Berikut adalah contoh proposal usaha keripik kaca yang bisa Anda download.

Download Proposal Usaha Keripik Kaca

Proposal Keripik Kaca

(Download DOC)


Proposal Usaha Keripik Kaca Kriuk

BAB 1 : Pendahuluan

Latar Belakang

Kegemaran masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi makanan ringan bisa dimanfaatkan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Salah satu makanan ringan yang cukup potensial untuk dikembangkan adalah keripik kaca. 

Makanan ringan yang berasal dari tepung tapioka ini memiliki rasa gurih yang khas dengan perpaduan bumbu yang pas. Maka dari itu, tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dengan cemilan yang satu ini.

Banyaknya peminat keripik kaca membuat kami tertarik untuk mengembangkan usaha ini dengan lebih serius. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Konsep Usaha

Konsep usaha yang kami kembangkan adalah memproduksi keripik kaca dengan bahan-bahan berkualitas yang dijamin mutunya. 

Visi Misi

Berikut adalah visi dan misi yang kami buat untuk kemajuan usaha ini.

Visi

Menjadikan Keripik Kaca Kriuk sebagai camilan unggulan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Misi

  • Menjadi produsen keripik kaca terbesar di Indonesia.
  • Memproduksi keripik kaca yang berkualitas.
  • Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.
  • Menjamin gizi dari keripik kaca yang kami produksi.

BAB 2 : Analisis SWOT

Strength (Kekuatan)

  • Bahan baku mudah didapatkan.
  • Keripik kaca yang kami produksi berasal dari bahan-bahan yang berkualitas.
  • Belum banyak kompetitor yang menggunakan konsep usaha keripik kaca seperti yang kami lakukan.
  • Harga yang kami tawarkan cukup murah agar mudah dijangkau oleh semua konsumen.

Weakness (Ancaman)

  • Modal untuk mengembangkan usaha ini masih cukup terbatas.
  • Masih kekurangan tenaga kerja yang mumpuni dalam memproduksi keripik kaca yang berkualitas.

Opportunity (Peluang)

  • Pangsa pasar masih cukup luas.
  • Kegemaran masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi camilan memberikan keuntungan tersendiri dalam memasarkan keripik kaca.
  • Keripik kaca menjadi camilan yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan.

Threat (Ancaman)

  • Konsep usaha yang kami kembangkan mudah dipelajari oleh kompetitor.
  • Tuntutan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan produk yang semakin tinggi. 

BAB 3 : Rencana Usaha

Nama Usaha : 

Nama usaha yang kami gunakan adalah “Keripik Kaca Kriuk”. Nama tersebut dipilih karena sesuai dengan tekstur dari keripik kaca yang kami produksi.

Produk yang Dihasilkan : 

Produk yang dihasilkan dari usaha ini adalah keripik kaca pedas, keripik kaca cabe ijo, dan keripik kaca asin gurih.

Harga yang Ditawarkan : 

  • Keripik kaca pedas : Rp 12.000
  • Keripik kaca cabe ijo : Rp 12.000
  • Keripik kaca asin gurih : Rp 12.000

Target Market : 

  • Target lokasi : Di kota-kota besar di Indonesia.
  • Target demografi : Pria dan wanita dengan rentang usia 17 hingga 30 tahun.
  • Karakter psikologis : Terbiasa dengan internet dan sosial media.

Strategi Pemasaran : 

Untuk dapat menjangkau konsumen yang kami anggap cukup potensial, maka kami menggunakan strategi pemasaran sebagai berikut.

  • Iklan Berbayar : Menggunakan FB Ads.
  • Iklan Gratis : Memanfaatkan sosial media seperti Instagram, WA, dan Facebook.

Sistem Usaha : 

Dipasarkan secara online melalui beberapa platform seperti sosial media, e-commerce, dan Gofood.

Sistem Pembagian Hasil : 

Kami menawarkan kerjasama kepada Anda yang tertarik dengan usaha di bidang produksi makanan ringan. Modal yang dibutuhkan sekitar Rp 40.000.000.

Model kerjasamanya adalah patungan untuk memenuhi total modal secara keseluruhan. Keuntungan bersih yang didapatkan setiap bulan akan dibagi rata.

BAB 4 : Analisis Keuangan

Modal yang Dibutuhkan : 

Peralatan

KeteranganHarga
PanciRp 200.000
PisauRp 150.000
Wadah plastikRp 300.000
WajanRp 200.000
Bahan lainnyaRp 1.000.000

Sewa Tempat

KeteranganBiaya
Sewa TempatRp 6.000.000
RenovasiRp 2.500.000

Karyawan

KeteranganBiaya
Tim ProduksiRp 5.000.000
PramuniagaRp 3.000.000

Bahan

KeteranganHarga
Tepung tapiokaRp 1.000.000
Minyak gorengRp 800.000
Bumbu penyedapRp 500.000
Bahan lainnyaRp 1.500.000

Operasional Outlet

KeteranganHarga
ListrikRp 150.000
Peralatan kebersihanRp 55.000
Lain-lainRp 450.000

Promosi

KeteranganHarga
FB AdsRp 3.000.000

Harga Pokok Produksi (HPP)

ProdukHPPHarga JualKeuntungan
Keripik Kaca PedasRp 7.000Rp 12.000Rp 5.000
Keripik Kaca Cabe IjoRp 7.000Rp 12.000Rp 5.000
Keripik Kaca Asin GurihRp 7.000Rp 12.000Rp 5.000

Perkiraan Keuntungan

ProdukTarget Penjualan Per HariProfit Kotor Per Hari
Keripik Kaca Pedas150 PcsRp 750.000
Keripik Kaca Cabe Ijo150 PcsRp 750.000
Keripik Kaca Asin Gurih200 PcsRp 1.000.000
Total500 PcsRp 2.500.000

Estimasi Balik Modal

KeteranganRincian Estimasi
Profit Kotor BulananRp 75.000.000
Biaya OperasionalRp 25.000.000
Profit Bersih BulananRp 50.000.000

BAB 5 : Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, menunjukkan bahwa usaha keripik kaca masih memiliki potensi dan prospek usaha yang cukup menjanjikan.Tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis ini adalah keterbatasan modal yang kami miliki. 

Oleh karena itu, kami berharap Anda bisa mempertimbangkan tawaran kami untuk bekerja sama dalam menjalankan usaha ini. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Bagikan Postingan: