Melirik peluang usaha kentang goreng? Kentang goreng memang menjadi salah satu camilan favorit yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Potensi pasarnya masih terbuka lebar untuk bisa Anda manfaatkan menjadi peluang usaha yang menjanjikan.
Untuk memulai usaha kentang goreng, selain memerlukan strategi pemasaran dan perencanaan bisnis, Anda juga membutuhkan proposal usaha. Proposal usaha sangat berguna bagi Anda yang ingin mengajukan modal kepada investor.
Selain untuk investor, modal usaha juga berguna untuk menjelaskan gambaran usaha yang akan Anda dirikan, untuk meminta izin usaha dan lainnya. Bagi Anda yang membutuhkan proposal usaha kentang goreng, Anda bisa mendownloadnya di bawah ini.
Download Proposal Usaha Kentang Goreng
Proposal Usaha Kentang Goreng Ciyus
BAB 1 : Pendahuluan
Latar Belakang
Makanan cepat saji memang menjadi salah satu yang disukai oleh masyarakat Indonesia, terlebih lagi itu adalah camilan. Salah satu olahan yang bisa dijadikan makanan cepat saji adalah kentang goreng.
Selain memiliki rasa yang lezat, perpaduan antara manis dan gurih, kentang goreng juga mudah dibuat dan praktis dalam penyajiannya, sehingga tak heran jika banyak yang menyukai kentang goreng.
Melihat potensi kentang goreng yang cukup menjanjikan, maka kami tergerak untuk mendirikan usaha Kentang Goreng Ciyus. Dengan harapan bisa memanfaatkan potensi tersebut secara maksimal untuk mendapatkan laba yang besar.
Konsep Usaha
Kami ingin menjual kentang goreng yang dihasilkan dari kentang pilihan yang berkualitas dengan dipadukan bahan lain yang juga berkualitas, sehingga menghasilkan kentang goreng yang sehat dan cukup layak untuk dikonsumsi.
Visi Misi
Berikut ini adalah visi dan misi yang menjadi landasan kami dalam mendirikan dan mengembangkan usaha ini untuk kedepannya.
Visi :
Menjadi kentang goreng spesial yang banyak disukai oleh semua kalangan. Selain itu, menjadikan Kentang Goreng Ciyus bisa dikenal luas oleh masyarakat.
Misi :
- Menjadikan usaha ini terus tumbuh dan berkembang.
- Selalu berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas sesuai dengan tuntutan zaman.
- Memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan.
- Menyediakan kentang goreng berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa dibeli oleh siapa saja.
BAB 2 : Analisis SWOT
Strength (Kekuatan) :
Harga kentang goreng yang kami produksi cukup terjangkau sehingga tidak memberatkan konsumen, kualitasnya terjamin karena dibuat dengan kentang yang berkualitas dan minyaknya juga berkualitas. Bahan baku utamanya mudah didapatkan.
Weakness (Kelemahan) :
Managementnya masih terlalu tradisional, modal untuk memproduksi masih terbatas, alat produksi yang digunakan masih terlalu sederhana.
Opportunity (Peluang) :
Peluang berbisnis camilan yang masih terbuka lebar karena masyarakat banyak yang suka ngemil, rasa kentang goreng yang gurih mudah diterima oleh masyarakat, kentang goreng menjadi salah satu makanan yang cukup favorit.
Threat (Ancaman) :
Mulai muncul variasi baru dalam sektor bisnis camilan, variasi dan inovasi yang dilakukan mudah ditiru oleh kompetitor, persaingan harga yang membuat margin keuntungan semakin tipis.
BAB 3 : Rencana Usaha
Nama Usaha yang Digunakan :
Kami memilih untuk menggunakan nama Kentang Goreng Ciyus. Sesuai dengan namanya, Kentang Goreng Ciyus memiliki tekstur yang kenyal, lembut, dan rasa yang gurih bercampur manis.
Produk yang Dihasilkan :
Kami menjual produk kentang goreng yang memiliki kualitas. Adapun variannya antara lain adalah Standard-Cut Fries, Curly Fries, Crinkle-Cut Fries, Potato Wedges.
Harga yang Ditawarkan :
- Standard-Cut Fries : Rp 12.000
- Curly Fries : Rp 20.000
- Crinkle-Cut Fries : Rp 18.000
- Potato Wedges : Rp 15.000
Target Market :
Anak muda dan orang dewasa yang berusia antara 25 tahun hingga 40 tahun. Lebih spesifiknya lagi adalah untuk mereka yang memiliki penghasilan bulanan di atas Rp 5.000.000.
Strategi Pemasaran :
Membuat promosi yang menarik, baik itu secara offline dan online yang dilakukan secara serius dan berkesinambungan. Promosi offline dengan menyebar brosur di tempat-tempat yang sudah ditentukan.
Promosi online dengan menggunakan sosial media dan membuat iklan di Facebook Ads dan Instagram Ads.
Sistem Usaha :
Untuk sistem usahanya dilakukan dengan mendirikan outlet di tempat yang nantinya akan kami sewa. Selain menggunakan outlet, kami juga menjualnya melalui Grabfood dan Gofood.
Sistem Pembagian Hasil :
Karena modalnya yang terbatas, maka kami akan mengajak Anda yang tertarik dengan bisnis ini dan serius mau mengembangkan bisnis ini secara bersama-sama. Modalnya adalah patungan 50% – 50%.
Keuntungannya akan dibagi menjadi 2 atau sistem pembagian hasilnya adalah profit sharing. Laba bersih yang diperoleh setiap bulannya yang akan dibagi menjadi 2.
BAB 4 : Analisa Keuangan
Modal yang Dibutuhkan :
Peralatan
Keterangan | Harga |
Wajan | Rp 200.000 |
Piring | Rp 500.000 |
Kursi | Rp 2.000.000 |
Meja | Rp 2.000.000 |
Wadah | Rp 300.000 |
Peralatan Tambahan | Rp 2.000.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tempat | Rp 22.000.000 |
Renovasi Tempat | Rp 8.000.000 |
Bahan
Keterangan | Harga |
Kentang | Rp 1.500.000 |
Tepung Terigu | Rp 1.000.000 |
Bumbu | Rp 600.000 |
Minyak Goreng | Rp 1.000.000 |
Bahan Lainnya | Rp 1.500.000 |
Karyawan
Keterangan | Biaya |
Pelayan | Rp 1.600.000 |
Juru Masak | Rp 3.000.000 |
Operasional Outlet
Keterangan | Harga |
Listrik | Rp 150.000 |
Peralatan kebersihan | Rp 30.000 |
Air | Rp 60.000 |
Lain-lain | Rp 500.000 |
Promosi
Keterangan | Harga |
Facebook Ads | Rp 3.000.000 |
Brosur | Rp 200.000 |
Instagram Ads | Rp 3.000.000 |
Harga Pokok Produksi (HPP)
Produk | HPP | Harga Jual | Keuntungan |
Standard-Cut Fries | Rp 7.000 | Rp 12.000 | Rp 5.000 |
Curly Fries | Rp 10.000 | Rp 20.000 | Rp 10.000 |
Crinkle-Cut Fries | Rp 8.000 | Rp 18.000 | Rp 10.000 |
Potato Wedges | Rp 7.000 | Rp 15.000 | Rp 8.000 |
Perkiraan Keuntungan
Produk | Target Penjualan Per Hari | Profit Kotor Per Hari |
Standard-Cut Fries | 50 Porsi | Rp 250.000 |
Curly Fries | 30 Porsi | Rp 300.000 |
Crinkle-Cut Fries | 40 Porsi | Rp 400.000 |
Potato Wedges | 40 Porsi | Rp 320.000 |
Total | 160 Porsi | Rp 1.270.000 |
Estimasi Balik Modal
Keterangan | Rincian Estimasi |
Profit Kotor Bulanan | Rp 38.100.000 |
Biaya Operasional | Rp 13.100.000 |
Profit Bersih Bulanan | Rp 25.000.000 |
BAB 5 : Penutup
Harapan saya sebagai pengusaha kentang goreng adalah usaha ini bisa berkembang dengan pesat dan dikenal secara luas. Selain itu, saya juga berharap kepada Saudara yang berkenan untuk bekerja sama dalam mengembangkan usaha Kentang Goreng Ciyus.