Contoh Proposal Usaha Kentang Goreng (Download DOC / PDF)

Melirik peluang usaha kentang goreng? Kentang goreng memang menjadi salah satu camilan favorit yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Potensi pasarnya masih terbuka lebar untuk bisa Anda manfaatkan menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Untuk memulai usaha kentang goreng, selain memerlukan strategi pemasaran dan perencanaan bisnis, Anda juga membutuhkan proposal usaha. Proposal usaha sangat berguna bagi Anda yang ingin mengajukan modal kepada investor.

Selain untuk investor, modal usaha juga berguna untuk menjelaskan gambaran usaha yang akan Anda dirikan, untuk meminta izin usaha dan lainnya. Bagi Anda yang membutuhkan proposal usaha kentang goreng, Anda bisa mendownloadnya di bawah ini.

Download Proposal Usaha Kentang Goreng

Proposal Kentang Goreng

(Download PDF) (Download DOC)


Proposal Usaha Kentang Goreng Ciyus

BAB 1 : Pendahuluan

Latar Belakang

Makanan cepat saji memang menjadi salah satu yang disukai oleh masyarakat Indonesia, terlebih lagi itu adalah camilan. Salah satu olahan yang bisa dijadikan makanan cepat saji adalah kentang goreng.

Selain memiliki rasa yang lezat, perpaduan antara manis dan gurih, kentang goreng juga mudah dibuat dan praktis dalam penyajiannya, sehingga tak heran jika banyak yang menyukai kentang goreng.

Melihat potensi kentang goreng yang cukup menjanjikan, maka kami tergerak untuk mendirikan usaha Kentang Goreng Ciyus. Dengan harapan bisa memanfaatkan potensi tersebut secara maksimal untuk mendapatkan laba yang besar.

Konsep Usaha

Kami ingin menjual kentang goreng yang dihasilkan dari kentang pilihan yang berkualitas dengan dipadukan bahan lain yang juga berkualitas, sehingga menghasilkan kentang goreng yang sehat dan cukup layak untuk dikonsumsi.

Visi Misi

Berikut ini adalah visi dan misi yang menjadi landasan kami dalam mendirikan dan mengembangkan usaha ini untuk kedepannya.

Visi : 

Menjadi kentang goreng spesial yang banyak disukai oleh semua kalangan. Selain itu, menjadikan Kentang Goreng Ciyus bisa dikenal luas oleh masyarakat.

Misi : 

  • Menjadikan usaha ini terus tumbuh dan berkembang.
  • Selalu berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas sesuai dengan tuntutan zaman.
  • Memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan.
  • Menyediakan kentang goreng berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa dibeli oleh siapa saja.

BAB 2 : Analisis SWOT

Strength (Kekuatan) : 

Harga kentang goreng yang kami produksi cukup terjangkau sehingga tidak memberatkan konsumen, kualitasnya terjamin karena dibuat dengan kentang yang berkualitas dan minyaknya juga berkualitas. Bahan baku utamanya mudah didapatkan.

Weakness (Kelemahan) : 

Managementnya masih terlalu tradisional, modal untuk memproduksi masih terbatas, alat produksi yang digunakan masih terlalu sederhana.

Opportunity (Peluang) : 

Peluang berbisnis camilan yang masih terbuka lebar karena masyarakat banyak yang suka ngemil, rasa kentang goreng yang gurih mudah diterima oleh masyarakat, kentang goreng menjadi salah satu makanan yang cukup favorit.

Threat (Ancaman) : 

Mulai muncul variasi baru dalam sektor bisnis camilan, variasi dan inovasi yang dilakukan mudah ditiru oleh kompetitor, persaingan harga yang membuat margin keuntungan semakin tipis.

BAB 3 : Rencana Usaha

Nama Usaha yang Digunakan : 

Kami memilih untuk menggunakan nama Kentang Goreng Ciyus. Sesuai dengan namanya, Kentang Goreng Ciyus memiliki tekstur yang kenyal, lembut, dan rasa yang gurih bercampur manis.

Produk yang Dihasilkan : 

Kami menjual produk kentang goreng yang memiliki kualitas. Adapun variannya antara lain adalah Standard-Cut Fries, Curly Fries, Crinkle-Cut Fries, Potato Wedges.

Harga yang Ditawarkan : 

  • Standard-Cut Fries : Rp 12.000
  • Curly Fries : Rp 20.000
  • Crinkle-Cut Fries : Rp 18.000
  • Potato Wedges : Rp 15.000

Target Market : 

Anak muda dan orang dewasa yang berusia antara 25 tahun hingga 40 tahun. Lebih spesifiknya lagi adalah untuk mereka yang memiliki penghasilan bulanan di atas Rp 5.000.000.

Strategi Pemasaran : 

Membuat promosi yang menarik, baik itu secara offline dan online yang dilakukan secara serius dan berkesinambungan. Promosi offline dengan menyebar brosur di tempat-tempat yang sudah ditentukan.

Promosi online dengan menggunakan sosial media dan membuat iklan di Facebook Ads dan Instagram Ads.

Sistem Usaha : 

Untuk sistem usahanya dilakukan dengan mendirikan outlet di tempat yang nantinya akan kami sewa. Selain menggunakan outlet, kami juga menjualnya melalui Grabfood dan Gofood.

Sistem Pembagian Hasil : 

Karena modalnya yang terbatas, maka kami akan mengajak Anda yang tertarik dengan bisnis ini dan serius mau mengembangkan bisnis ini secara bersama-sama. Modalnya adalah patungan 50% – 50%.

Keuntungannya akan dibagi menjadi 2 atau sistem pembagian hasilnya adalah profit sharing. Laba bersih yang diperoleh setiap bulannya yang akan dibagi menjadi 2.

BAB 4 : Analisa Keuangan

Modal yang Dibutuhkan : 

Peralatan

KeteranganHarga
WajanRp 200.000
PiringRp 500.000
KursiRp 2.000.000
MejaRp 2.000.000
WadahRp 300.000
Peralatan TambahanRp 2.000.000

Sewa Tempat

KeteranganHarga
Biaya Sewa TempatRp 22.000.000
Renovasi TempatRp 8.000.000

Bahan 

KeteranganHarga
KentangRp 1.500.000
Tepung TeriguRp 1.000.000
BumbuRp 600.000
Minyak GorengRp 1.000.000
Bahan LainnyaRp 1.500.000

Karyawan

KeteranganBiaya
PelayanRp 1.600.000
Juru MasakRp 3.000.000

Operasional Outlet

KeteranganHarga
ListrikRp 150.000
Peralatan kebersihanRp 30.000
AirRp 60.000
Lain-lainRp 500.000

Promosi

KeteranganHarga
Facebook AdsRp 3.000.000
BrosurRp 200.000
Instagram AdsRp 3.000.000

Harga Pokok Produksi (HPP)

ProdukHPPHarga JualKeuntungan
Standard-Cut FriesRp 7.000Rp 12.000Rp 5.000
Curly FriesRp 10.000Rp 20.000Rp 10.000
Crinkle-Cut Fries Rp 8.000Rp 18.000Rp 10.000
Potato WedgesRp 7.000Rp 15.000Rp 8.000

Perkiraan Keuntungan

ProdukTarget Penjualan Per HariProfit Kotor Per Hari
Standard-Cut Fries50 PorsiRp 250.000
Curly Fries30 PorsiRp 300.000
Crinkle-Cut Fries 40 PorsiRp 400.000
Potato Wedges40 PorsiRp 320.000
Total160 PorsiRp 1.270.000

Estimasi Balik Modal

KeteranganRincian Estimasi
Profit Kotor BulananRp 38.100.000
Biaya OperasionalRp 13.100.000
Profit Bersih BulananRp 25.000.000

BAB 5 : Penutup

Harapan saya sebagai pengusaha kentang goreng adalah usaha ini bisa berkembang dengan pesat dan dikenal secara luas. Selain itu, saya juga berharap kepada Saudara yang berkenan untuk bekerja sama dalam mengembangkan usaha Kentang Goreng Ciyus.

Bagikan Postingan: