Contoh Proposal Cleaning Service – Tertarik membuka jasa cleaning service yang saat ini banyak dibutuhkan? Untuk membuka jasa cleaning service di daerah perkotaan khususnya, sebenarnya tidak harus membutuhkan modal yang cukup besar.
Akan tetapi, jika Anda menginginkan bisnis ini bisa berkembang dengan cepat, maka Anda bisa mencari investor yang bersedia menanamkan modal pada bisnis ini. Untuk mendapatkan modal dari investor, salah satu yang Anda butuhkan adalah proposal usaha.
Untuk memudahkan Anda dalam membuat proposal usaha jasa cleaning service, berikut ini kami juga sudah menyertakan proposal yang bisa Anda download dan pelajari.
Download Proposal Usaha Jasa Cleaning Service
Proposal Usaha Jasa Cleaning Service “Clean & Clean”
BAB 1 : Pendahuluan
Latar Belakang
Bidang usaha jasa cleaning service seperti jasa cuci karpet, sofa, bahkan hingga membersihkan apartemen saat ini banyak yang membutuhkan. Hal ini disebabkan dengan semakin sibuknya orang kota yang tidak memiliki waktu untuk membersihkan huniannya.
Oleh sebab itu, banyak di antara mereka yang mencari jasa cleaning service terpercaya yang bisa membersihkan kamar mandi, rumah, maupun apartemen yang ditinggali.
Dengan adanya momentum seperti ini, kami melihat bahwa peluang jasa cleaning service masih cukup potensial, apalagi di beberapa kota besar persaingannya belum mulai ketat, sehingga masih cukup berpeluang untuk menjadikan bisnis ini tumbuh dengan cepat.
Jasa cleaning service “Clean & Clean” akan berkomitmen dengan melakukan inovasi dan kreasi terbaik untuk mengambil kesempatan yang maksimal pada peluang usaha ini.
Konsep Usaha
Konsep usaha jasa cleaning service “Clean & Clean” adalah memberikan jasa kerapihan, kebersihan, serta menjaga barang ataupun hunian yang kami bersihkan untuk tetap harum agar nyaman untuk ditinggali dan mendukung untuk beraktivitas sehari-hari.
Visi Misi
Berikut ini adalah penjelasan dari visi dan misi yang nantinya akan selalu menjadi pedoman dan tujuan untuk mengembangkan bisnis ini ke depan.
Visi
Jasa cleaning service “Clean & Clean” ini akan memberikan pelayanan terbaik, dengan harga yang terjangkau. Selain itu, kami tidak hanya mengejar profit oriented, melainkan tetap menjaga kualitas dari pelayanan yang kami berikan.
Misi
- Menjadi sahabat bersih bagi keluarga dan masyarakat Indonesia.
- Menggunakan alat kebersihan yang memadai dan berkualitas demi terciptanya hasil yang memuaskan.
- Kami akan memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan, baik itu pelanggan baru maupun pelanggan lama, loyalitas kita tetap sama.
- Menjadi usaha jasa cleaning service terbesar di Indonesia.
- Memiliki kantor cabang di berbagai kota yang membutuhkan jasa kami.
- Memberikan pelayanan dengan harga terjangkau dan hasil yang memuaskan.
BAB 2 : Analisa SWOT
Strength (Kekuatan) :
Kami menghadirkan usaha jasa cleaning service “Clean and Clean” dengan harga terjangkau, menjamin mutu kebersihan, serta menjaga kualitas pembersih yang kami gunakan. Dengan begitu, konsumen pasti akan lebih tertarik menggunakan jasa kami.
Weakness (Kelemahan) :
Membutuhkan promosi yang efektif dan kerja keras untuk membangun kepercayaan pelanggan dengan jasa yang kami tawarkan. Apalagi jika usaha ini masih baru dan belum mendapatkan rating, sehingga pelanggan masih banyak yang ragu.
Opportunity (Peluang) :
Semakin banyaknya hunian mewah dengan penghuninya yang sibuk, sehingga tidak memiliki waktu luang untuk membersihkan barang perabotan maupun huniannya. Dengan begitu, kami bisa mengambil peluang tersebut untuk menawarkan jasa kebersihan.
Threat (Ancaman) :
Jika nanti sudah mulai banyak yang mendirikan usaha jasa cleaning service yang serupa, maka persaingannya akan semakin memberatkan. Hal tersebut juga bisa mengancam keberlanjutan usaha ini untuk kedepannya.
BAB 3 : Rencana Usaha
Nama Usaha yang Digunakan :
Kami memilih menggunakan nama “Clean & Clean: karena memiliki makna yang jelas, bahwa kami bergerak di bidang usaha jasa cleaning service.
Produk yang Dihasilkan :
Produk yang kami hasilkan adalah kebersihan dari barang-barang milik pelanggan seperti karpet, tikar. Selain itu juga kebersihan dan kerapihan dari rumah, kantor, maupun apartemen.
Harga yang Ditawarkan :
- Membersihkan Karpet : Rp 15.000
- Membersihkan Tikar : Rp 12.000
- Membersihkan Apartemen (Meter) : Rp 30.000
- Membersihkan Kantor (Meter) : Rp 15.000
- Membersihkan Kamar Mandi (Meter) : Rp 25.000
- Membersihkan Rumah Pribadi (Meter) : Rp 25.000
Target Market :
Target market yang kami sasar adalah rumah mewah, perkantoran, apartemen. Untuk penghuninya sendiri biasanya adalah pengusaha, pekerja kantoran yang super sibuk dan gajinya cukup besar, yakni di atas Rp 10.000.000 per bulannya.
Strategi Pemasaran :
Kami menggunakan 2 strategi promosi, yakni secara offline dan online. Untuk strategi promosi secara offline bisa dengan menyebar brosur di kantor dan tempat-tempat yang strategis.
Sedangkan strategi promosi secara online dilakukan dengan memanfaatkan FB Ads, IG ads, dan Google Ads. Selain itu juga menggunakan konten-konten menarik di sosial media seperti IG, WA, dan FB.
Sistem Usaha :
Untuk usahanya akan kami jalankan secara offline di kantor yang nantinya akan kami persiapkan.
Sistem Pembagian Hasil :
Kami menawarkan kerja sama dengan menjual saham perusahaan kami sebesar 40% senilai Rp 80.000.000. Untuk pembagian hasilnya akan disesuaikan dengan kepemilikan saham pada perusahaan. Pembagian hasil juga akan dilakukan setiap 1 bulan sekali.
BAB 4 : Analisa Keuangan
Modal yang Dibutuhkan :
Peralatan
Keterangan | Harga |
Carry Caddy | Rp 200.000 |
Peralatan Kebersihan Lengkap | Rp 6.000.000 |
Sabun Pembersih Lantai | Rp 700.000 |
Peralatan Tambahan | Rp 2.000.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tempat | Rp 25.000.000 |
Renovasi Tempat | Rp 9.000.000 |
Karyawan
Keterangan | Biaya |
Customer Service | Rp 3.500.000 |
Cleaning Service | Rp 7.500.000 |
Operasional Kantor
Keterangan | Harga |
Listrik | Rp 150.000 |
Peralatan kebersihan | Rp 50.000 |
Air | Rp 73.000 |
Lain-lain | Rp 500.000 |
Promosi
Keterangan | Harga |
FB Ads | Rp 2.000.000 |
IG Ads | Rp 2.000.000 |
Google Ads | Rp 2.000.000 |
Brosur | Rp 100.000 |
Harga Pokok Produksi (HPP)
Produk | HPP | Harga Jual | Keuntungan |
Karpet (Meter) | Rp 10.000 | Rp 15.000 | Rp 5.000 |
Tikar (Meter) | Rp 7.000 | Rp 12.000 | Rp 5.000 |
Apartemen (Meter) | Rp 10.000 | Rp 30.000 | Rp 20.000 |
Kantor (Meter) | Rp 5.000 | Rp 15.000 | Rp 10.000 |
Kamar Mandi (Meter) | Rp 100.000 | Rp 25.000 | Rp 15.000 |
Rumah Pribadi (Meter) | Rp 15.000 | Rp 25.000 | Rp 10.000 |
Perkiraan Keuntungan
Produk | Target Penjualan Per Hari | Profit Kotor Per Hari |
Karpet | 20 Meter | Rp 100.000 |
Tikar | 15 Meter | Rp 75.000 |
Apartemen | 40 Meter | Rp 800.000 |
Kantor | 50 Meter | Rp 500.000 |
Kamar Mandi | 10 Meter | Rp 150.000 |
Rumah Pribadi | 30 Meter | Rp 300.000 |
Total | 165 Meter | Rp 1.925.000 |
Estimasi Balik Modal
Keterangan | Rincian Estimasi |
Profit Kotor Bulanan | Rp 57.750.000 |
Biaya Operasional | Rp 25.000.000 |
Profit Bersih Bulanan | Rp 32.750.000 |
BAB 5 : Penutup
Demikianlah proposal ini kami buat, sebagai pelaku usaha yang menawarkan jasa cleaning service saya akan tetap optimis terhadap keberhasilan usaha ini, mengingat potensinya yang cukup besar, sehingga masih banyak peluang yang bisa dimaksimalkan.
Selain itu, kami juga berharap kepada Bapak/Ibu/Saudara yang berkenan untuk menanamkan modal pada Perusahaan Clean & Clean ini. Kami akan senantiasa menjaga amanah untuk memutar uang modal tersebut demi kesuksesan usaha bersama ini.