Proposal Usaha Franchise Janji Jiwa ~ Ketika Anda ingin menarik minat investor maupun mitra usaha, maka yang perlu Anda persiapkan adalah membuat proposal usaha dengan sebaik dan semenarik mungkin.
Dengan adanya proposal usaha yang baik dan menarik, tentu akan membuat investor maupun mitra usaha yang ingin Anda ajak kerjasama akan semakin berminat. Berikut contoh proposal usaha franchise Janji Jiwa yang bisa Anda download.
Download Proposal Usaha Franchise Janji Jiwa
Proposal Usaha Franchise Janji Jiwa
BAB 1 : Pendahuluan
Latar Belakang
Janji Jiwa merupakan kedai kopi kekinian yang memiliki konsep cukup menarik, yakni fresh to cup dengan sajian kopi lokal Indonesia.
Janji Jiwa sudah memiliki sekitar 80 outlet yang tersebar di 20 kota besar di Indonesia. Peminat dari Kopi Janji Jiwa juga terus mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun ke tahun.
Oleh sebab itu, kami tertarik untuk membuka franchise bagi Anda yang ingin berbisnis kopi kekinian, tapi masih bingung dengan konsep usaha yang ingin Anda jalankan.
Selain menyajikan kopi nikmat, Janji Jiwa juga berkomitmen untuk membantu petani kopi Indonesia dengan menyerap hasil pertanian kopi mereka.
Konsep Waralaba
Kami menggunakan konsep kopi kekinian dengan mengutamakan nilai estetik dan kualitas rasa yang dihasilkan. Selain itu, kami juga akan mensupport marketing dan promosi untuk setiap mitra kami.
Visi Misi
Berikut adalah visi misi yang kami gunakan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan usaha Kopi Janji Jiwa.
Visi
Visi kami adalah ingin menjadikan Kopi Janji Jiwa sebagai merek kedai kopi yang terkenal dan tersebar luas ke berbagai sudut kota, serta membawa budaya ngopi ala orang Indonesia yang mendunia.
Misi
- Meningkatkan kualitas mutu pelayanan.
- Memberikan jaminan rasa yang tidak mengecewakan.
- Menjamin bahan yang kami gunakan memiliki kualitas mutu yang tinggi.
- Tersebar luas dan dikenal oleh semua masyarakat Indonesia.
BAB 2 : Analisis SWOT
Strength (Kekuatan)
- Memiliki kemasan yang unik, estetik, dan cita rasanya yang tidak perlu diragukan.
- Harga yang kami tawarkan masih cukup bersaing dengan kompetitor.
- Memiliki desain outlet yang menarik dan Instagramable.
- Rasa kopi yang kami produksi tidak membosankan.
Weakness (Kelemahan)
- Kurang mendapatkan suplai biji kopi yang berkualitas.
- Kurangnya dukungan SDM yang mumpuni.
Opportunity (Peluang)
- Minat masyarakat terhadap kopi kekinian masih cukup tinggi.
- Pemasaran lebih mudah dilakukan dengan hadirnya sosial media dan kecanggihan teknologi digital.
Threat (Ancaman)
- Banyak kompetitor yang mulai mengembangkan konsep serupa.
- Harga biji kopi sebagai salah satu bahan utama cenderung fluktuatif.
BAB 3 : Rencana Usaha
Nama Usaha :
Nama usaha yang kami gunakan adalah Janji Jiwa. Makna dari nama tersebut adalah
Produk yang Dihasilkan :
Ada banyak produk yang kami hasilkan mulai dari biji kopi pilihan hingga fresh to cup dengan berbagai macam rasa yang menarik.
Harga yang Ditawarkan :
- Es Kopi Susu : Rp 20.000
- POKAT (Espresso dan Alpukat) : Rp 25.000
- Es Kopi Hitam : Rp 20.000
- Es Kopi Soklat : Rp 25.000
- Ice Americano : Rp 23.000
- Ice Latte : Rp 25.000
Target Market :
- lokasi : Tempat keramaian dan pinggir jalan raya yang potensial.
- Target demografi : Pria dan wanita dengan rentang usia 17 hingga 35 tahun.
- Karakter psikologis : Suka nongkrong, update sosial media, suka tren kekinian.
Strategi Pemasaran :
Untuk meningkatkan penjualan dan mengenalkan produk Kopi Janji Jiwa kepada calon konsumen, maka kami menggunakan strategi pemasaran sebagai berikut.
- Iklan berbayar : Menggunakan brosur dan banner yang didesain semenarik mungkin.
- Sosial media : Memanfaatkan sosial media sebagai tempat untuk promosi, membuat konten, dan branding produk.
Sistem Usaha :
Sistem usaha yang dijalankan adalah dengan menggunakan outlet minimalis yang dikonsep kekinian sehingga memiliki daya tarik bagi konsumen. Selain itu, kami juga memasarkan secara online melalui Grabfood dan Gofood.
Sistem Pembagian Hasil :
Kami menawarkan kerjasama dalam bentuk franchise atau waralaba kepada Anda yang tertarik berbisnis kopi kekinian.
Anda hanya perlu memilih lokasi dan paket waralaba, melakukan kontrak, penyelesaian pembayaran, persiapan penataan barang di tempat Anda, pelatihan, dan Anda siap berbisnis Kopi Janji Jiwa.
Untuk keuntungan bersih yang Anda dapatkan akan 100% menjadi milik Anda. Untuk mengetahui detail paket dan analisa keuangannya, silahkan simak pada bab selanjutnya.
BAB 4 : Analisa Keuangan
Paket Standard
Modal yang Anda butuhkan adalah Rp 70.000.000 + pengembalian Rp 7.000.000 setelah masa kontrak berakhir. Berikut adalah paket yang Anda dapatkan.
- Lisensi menggunakan brand Janji Jiwa.
- Perlengkapan pembuatan produk.
- Media promosi.
- Pelatihan dan buku SOP.
- Standar booth design oleh Kopi Janji Jiwa.
- Peralatan hot menu.
- Seragam janji jiwa.
Paket Lengkap
Modal yang dibutuhkan adalah Rp. 85.000.000 + pengembalian Rp 5.000.000 setelah masa kontrak berakhir. Berikut yang Anda dapatkan dari paket lengkap.
- Lisensi untuk menggunakan brand Janji Jiwa.
- Perlengkapan pembuatan produk.
- Seragam janji jiwa.
- Pelatihan dan buku SOP.
- Media promosi.
- Standar desain booth oleh Kopi Janji Jiwa.
- Freezer, kulkas, hp Android kasir, alat kebersihan, peralatan hot menu.
Modal Awal
Modal Awal | Rincian Biaya |
Paket Waralaba | Rp 85.000.000 |
Estimasi Konstruksi Booth | Rp 30.000.000 |
Skenario Penjualan (1 Bulan)
Keterangan | Rincian |
Rata-rata penjualan per hari (gelas) | 95 |
Rata-rata nominal transaksi per gelas | Rp 20.000 |
Rata-rata hari dalam sebulan | 30 |
Total penjualan (30 hari) | 57.000.000 |
Biaya Operasional
Keterangan | Rincian Biaya |
Gaji Karyawan | Rp 7.500.000 |
Sewa Tempat | Rp 5.000.000 |
Listrik | Rp 500.000 |
Internet | Rp 200.000 |
Jasa Perawatan Merek | Rp 1.500.000 |
Lainnya | Rp 1.000.000 |
Total | Rp. 15.700.000 |
Estimasi Balik Modal
Keterangan | Rincian Estimasi |
Profit Kotor Bulanan | Rp 57.000.000 |
Biaya Operasional | Rp 15.700.000 |
Profit Bersih Bulanan | Rp 41.300.000 |
BAB 5 : Penutup
Dari hasil pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa usaha franchise Janji Jiwa berdasarkan ide usaha, analisis SWOT, target market, dan analisa keuangan masih memiliki prospek menjanjikan untuk jangka panjang.
Untuk itu, kami menawarkan kerjasama kepada Anda dalam bentuk franchise. Dengan kerjasama ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.