Proposal Usaha Es Krim – Saat menjalani sebuah bisnis hampir semua pengusaha pernah mengalami masalah keuangan.
Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya pengusaha mengajukan proposal usaha kepada investor untuk mendapatkan bantuan pembiayaan.
Proposal usaha tersebut harus menjelaskan bagaimana bisnis dijalankan, kebutuhan operasional, hingga peluang usahanya di masa depan. Berikut contohnya:
Download Proposal Es Krim
Proposal Usaha Ice Cream “Factory”
BAB 1: Pendahuluan
Latar Belakang
Es krim merupakan salah satu makanan penutup yang sejak dulu telah digemari oleh berbagai kalangan. Apalagi cuaca di Indonesia seringkali panas sehingga es krim cocok dikonsumsi untuk melegakan tenggorokan.
Berangkat dari kondisi geografis Indonesia dan minat masyarakat yang tinggi terhadap es krim, kami mendirikan Ice Cream Factory. Kami menggunakan bahan baku berkualitas untuk memproduksi es krim sehingga rasa yang dihasilkan juga berbeda dengan es krim lainnya.
Pusat produksi es krim kami jalankan di Kota Pasuruan untuk didistribusikan ke toko-toko dan minimarket. Saat ini kami telah bekerjasama dengan lebih dari 30 distributor yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.
Konsep Usaha
Konsep usaha dari Ice Cream Factory adalah produksi es krim kemasan dengan berbagai variasi rasa dan mendistribusikannya ke toko-toko dan minimarket di seluruh daerah di Indonesia.
Visi Misi
Visi : Menjadi penyedia es krim aneka rasa yang berkualitas dan berharga terjangkau sehingga dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di usia produktif yang tinggal di wilayah Pasuruan dan sekitarnya.
Misi :
- Memperluas distribusi Ice Cream Factory ke berbagai daerah di Indonesia.
- Mengurangi angka pengangguran daerah dengan menciptakan lapangan kerja baru.
- Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan menyediakan es krim berkualitas yang harganya terjangkau.
- Memberikan suasana yang nyaman dan aman bagi seluruh pekerja Ice Cream Factory serta memberikan hak-hak pekerja dengan tepat.
BAB 2: Analisa SWOT
Strength:
Cuaca yang cenderung panas membuat es krim cocok dikonsumsi untuk meredakan rasa panas. Selain itu ada Ice Cream Factory tersedia dalam berbagai varian rasa dengan harga jual yang terjangkau sehingga dapat dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat.
Weakness:
Kemasan plastik yang digunakan membuat es krim lebih mudah mencair sehingga rasanya berubah. Selain itu inovasi yang rendah membuat produk Ice Cream Factory cukup monoton.
Opportunity:
Permintaan terhadap es krim selalu mengalami peningkatan, apalagi ketika cuaca sedang terik sehingga Ice Cream Factory berpeluang untuk dapat mengembangkan usahanya lebih besar.
Threat:
Persaingan usaha yang ketat dengan pilihan rasa yang beragam adalah ancaman utama dari produk Ice Cream Factory.
BAB 3: Rencana Usaha
Nama usaha:
Ice Cream Factory
Produk yang dihasilkan:
Produk yang dihasilkan oleh Ice Cream Factory adalah es krim kemasan dengan berbagai varian rasa diantaranya chocolate, vanilla, strawberry, mocca, pineapple, banana, dan brown sugar.
Rincian harga:
Seluruh produk Ice Cream Factory dipasarkan dengan harga berikut:
1 . Chocolate Factory : Rp. 4.000
2. Vanilla Factory : Rp. 4.000
3. Strawberry Factory : Rp. 4.000
4. Pineapple Factory : Rp. 4.000
5. Banana Factory : Rp. 4.000
6. Moccacino Factory : Rp. 6.000
5. Brown Sugar Factory : Rp. 6.000
Target market:
Target pasar dari Ice Cream Factory adalah seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan usia dan tanpa adanya batas sosial tertentu.
Strategi pemasaran:
Strategi pemasaran dari Ice Cream Factory terdiri dua pokok yaitu pemasaran offline dan pemasaran online. Pemasaran offline dilakukan dengan menjadi sponsor berbagai kegiatan masyarakat serta memasang baliho di beberapa titik strategis.
Sedangkan pemasaran online dilakukan dengan menggunakan jasa Google Ads dan Instagram Ads disamping aktif mengunggah konten-konten menarik di media sosial setiap hari.
Sistem usaha:
Sistem usaha dari Ice Cream Factory adalah pemasaran secara langsung melalui proses distribusi untuk menjangkau toko-toko dan minimarket dari berbagai daerah di Indonesia.
Sistem pembagian hasil:
Kami membuka kesempatan bagi anda yang tertarik terhadap prospek usaha Ice Cream Factory di masa depan dengan investasi sebesar 25% atau senilai Rp. 100.000.000.
Kerjasama ini akan berlangsung selama 4 bulan dan dana investasi akan dikembalikan pada saat kerjasama berakhir. Sedangkan keuntungan dari investasi ini akan dihitung berdasarkan laba bersih penjualan setiap bulan.
BAB 4: Analisa Keuangan
1 . Modal
Kebutuhan Perlengkapan
Keterangan | Harga |
Kulkas Penyimpanan | Rp. 15.000.000 |
Mesin Pengaduk Otomatis | Rp. 2.500.000 |
Mesin Pencetak Otomatis | Rp. 3.000.000 |
Mesin Pengemas Otomatis | Rp. 2.500.000 |
Plastik dan Kardus Custom | Rp. 2.000.000 |
Pendingin Ruangan | Rp. 10.000.000 |
Peralatan Sterilisasi | Rp. 3.500.000 |
Seragam Kerja | Rp. 2.000.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tahunan | Rp. 25.000.000 |
Biaya Renovasi Tempat | Rp. 60.000.000 |
Gaji Karyawan
Keterangan | Harga |
10 Karyawan Produksi | Rp. 40.000.000 |
5 Karyawan Packing | Rp. 17.500.000 |
2 Karyawan Quality Control | Rp. 10.000.000 |
4 Marketing dan Distribusi | Rp. 18.000.000 |
Biaya Operasional
Keterangan | Harga |
Belanja Kebutuhan Produksi Bulanan | Rp. 50.000.000 |
Biaya Listrik | Rp. 5.000.000 |
Biaya Air | Rp. 1.000.000 |
Biaya Internet | Rp. 500.000 |
Kebutuhan Darurat | Rp. 15.000.000 |
Biaya Promosi
Keterangan | Harga |
Baliho | Rp. 5.000.000 |
Instagram Ads | Rp. 1.000.000 |
Google Ads | Rp. 1.000.000 |
Sponsorship | Rp. 5.000.000 |
2. Harga Pokok Produksi
Keterangan | HPP | Harga Jual | Keutungan |
Chocolate Factory | Rp. 2.000 | Rp. 4.000 | Rp. 2.000 |
Vanilla Factory | Rp. 2.000 | Rp. 4.000 | Rp. 2.000 |
Strawberry Factory | Rp. 2.000 | Rp. 4.000 | Rp. 2.000 |
Pineapple Factory | Rp. 2.000 | Rp. 4.000 | Rp. 2.000 |
Moccacino Factory | Rp. 3.000 | Rp. 6.000 | Rp. 3.000 |
Brown Sugar Factory | Rp. 3.000 | Rp. 6.000 | Rp. 3.000 |
3. Perkiraan Keuntungan
Nama Produk | Target Penjualan Perhari | Keuntungan Kotor Per Hari |
Chocolate Factory | 1000 pcs | Rp. 2.000.000 |
Vanilla Factory | 1000 pcs | Rp. 2.000.000 |
Strawberry Factory | 1000 pcs | Rp. 2.000.000 |
Pineapple Factory | 1000 pcs | Rp. 2.000.000 |
Moccacino Factory | 1000 pcs | Rp. 3.000.000 |
Brown Sugar Factory | 1000 pcs | Rp. 3.000.000 |
Total | 6000 pcs | Rp. 14.000.000 |
4. Estimasi Balik Modal
Keterangan | Total |
Keuntungan Kotor Bulanan | Rp. 420.000.000 |
Biaya Operasional Bulanan | Rp. 154.000.000 |
Keuntungan Bersih Bulanan | Rp. 251.000.000 |
BAB 5: Penutup
Ice Cream Factory merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan di masa depan, mengingat saat ini kami terus memperluas jangkauan pemasaran dengan mendistribusikan es krim ke berbagai daerah di Indonesia.
Maka dari itu berinvestasi ke Ice Cream Factory merupakan pilihan yang tepat karena bisa memberikan keuntungan dalam waktu yang singkat.