Promosi Dengan Loyalty Card dan Tips Menerapkannya

Salah satu strategi promosi yang sedang booming belakangan adalah promosi dengan loyalty card. Ini adalah salah satu cara yang biasa dilakukan sebagian besar pemilik usaha untuk meningkatkan daya beli konsumen agar menjadi konsumen loyal bagi mereka.

Seperti sudah diketahui bahwa persaingan bisnis yang semakin ketat membuat sebagian besar pemilik usaha harus memutar otak agar bisa terus bertahan. Apabila Anda tidak inovatif sekaligus kreatif tentu akan mudah tertinggal oleh para pesaing nantinya.

Nah salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi pemilik usaha adalah dengan selalu mempertimbangkan kepuasan dari para pelanggannya. Misalnya saja adalah Anda bisa mengadakan program loyalty card atau kartu loyalty tersebut kepada para pelanggan setia.

Sebab tanpa adanya para pelanggan itulah, tentu akan membuat Anda tidak bisa mendapatkan pemasukan bahkan bisnis tidak dapat berjalan secara jangka panjang. Agar Anda semakin memahami strategi bisnis ini, maka silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Promosi Dengan Loyalty Card?

Apa Yang Dimaksud Dengan Promosi Dengan Loyalti Card

Sebagian besar dari Anda tentu masih asing dengan apa itu loyalty card bukan? jadi ini adalah salah satu strategi promosi dengan menghadirkan kartu keanggotaan kepada para pelaku usaha. Tujuannya tentu adalah menarik para pelanggan agar membeli produk ke tempat usaha serta menjadi pelanggan setia.

Biasanya penawaran dari program tersebut akan diberikan oleh para pemilik usaha sebagai salah satu fasilitas premium. Fasilitas itu nantinya akan berupa diskon, hadiah ataupun kupon belanja khusus kepada para pelanggan setianya.

Di Indonesia, penerapan dari strategi loyalty card ternyata sudah sangat banyak loh mulai dari toko retail ataupun pemilik usaha di bidang lainnya. Tidak hanya dapat menjadikan pelanggan lama menjadi pelanggan tetap, tetapi keberadaan dari program inilah juga bisa meningkatkan jumlah pembeli baru nantinya.

Dengan teknik bisnis satu inilah maka secara tidak langsung akan membuat Anda meningkatkan metrik customer retention rate. Bahkan bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan penghasilan jauh lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya.

Keuntungan Menerapkan Program Loyalty

Tidak bisa dipungkiri bahwa loyalty program adalah salah satu strategi dalam menjalankan usaha yang mampu memberikan dampak positif terhadap perkembangan dari usaha. Dengan menerapkannya inilah ternyata akan memberikan sejumlah manfaat bagi dari pihak pengusaha ataupun pelanggan.

Tentu saja ini dapat mengakibatkan adanya manfaat timbal balik agar setiap orang yang terlibat dapat memperoleh manfaat masing-masing. Nah apabila Anda masih ragu buat menerapkan strategi ini, maka silahkan simak penjelasannya berikut.

Dapat Meningkatkan Loyalitas Para Pelanggan

Perlu diingat bahwa mendapatkan loyalitas dari para konsumen ternyata tidaklah semudah seperti di bayangan. Apabila pebisnis tidak bisa melakukan inovasi, jelas akan kalah dengan para pesaing nantinya.

Nah salah satu cara yang bisa digunakan agar dapat mempertahankan kesetiaan dari para pelanggan adalah dengan menerapkan loyalty card ini kepada mereka. Pastikan bahwa proses penerapannya juga tepat dengan target pasar nantinya.

Berbeda dengan Para Pesaing

Keuntungan penerapan promosi dengan loyalty card berikutnya adalah akan membuat Anda berbeda dengan para pesaing nantinya. Terlebih lagi di era digital seperti sekarang, para pemilik usaha memang dituntut agar membuat usaha berbeda dibandingkan dengan lainnya.

Mengingat dari waktu ke waktu maka persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat sehingga mengharuskan Anda agar lebih menonjol nantinya. Program inilah dapat menjadi salah satu opsi terbaik agar para pelanggan lebih tertarik membeli produk atau jasa dari Anda.

Membuat Pelanggan Lama Melakukan Promosi ke Orang Lain

Kalau program yang sedang dijalankan tersebut berhasil, maka bukan tidak mungkin apabila para konsumen lama akan melakukan promosi kepada orang terdekatnya. Kondisi seperti ini dikenal dengan strategi advocacy marketing.

Bahkan mereka akan sukarela dalam mempromosikan bisnis yang Anda tawarkan tanpa perlu memikirkan fee dari perusahaan. Ini biasanya disebabkan karena adanya kepuasan dari para pelanggan lama.

Omzet Akan Semakin Meningkat

Dengan hadirnya para pelanggan yang semakin bermunculan itulah tentu akan berpengaruh besar terhadap jumlah penghasilan per hari atau per minggu. Tentu saja ini harus dibekali dengan strategi dan teknik tepat dalam menerapkan strategi loyalty card tersebut.

Bagaimana Tips Agar Program Loyalty Card Berhasil?

Bagi Anda yang baru pertama kali akan menerapkan strategi ini, tentu harus memahami tips dan trik dalam menjalankannya dahulu. Sebab apabila tidak dijalankan dengan baik, maka bukan tidak mungkin apabila strategi bisnis ini justru akan gagal nantinya.

Tetapi jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan informasi penting terkait dengan tips penerapan program kartu loyalty tersebut kepada pelanggan.

Cobalah Mempelajari Para Pelanggan Dahulu

Sebelum memutuskan untuk membuat kartu membership maka hal yang penting untuk diperhatikan adalah pelajari para pelanggan dahulu. Riset inilah sangat penting dilakukan agar nantinya dapat disesuaikan dengan tindakan seperti apakah yang akan diambil.

Terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh para pemilik usaha mulai dari berapa lama mereka menjadi konsumen? Keuntungan yang diperoleh dari menjual produk kepada mereka? Hingga seberapa besar tingkat kepuasan para pelanggan.

Menentukan Pelanggan yang Akan Dimasukkan Ke dalam Program

Setelah Anda berhasil melakukan riset diatas, maka langkah berikutnya harus menentukan pelanggan yang akan dimasukkan ke dalam program tersebut. Cara menentukannya sangat mudah misalnya dapat dilihat dari volume pembelian hingga berapa lama menjadi pelanggan loyal.

Menentukan Budget yang Akan Dikeluarkan

Jika Anda akan mengadakan program ini, maka sebaiknya juga harus memperhatikan budget yang akan dikeluarkan nantinya. Pastikan bahwa budget atau modal yang dikeluarkan sudah sesuai dengan programnya nanti.

Jangan sampai lupa untuk memisahkan budget untuk program ini ataupun budget kebutuhan lainnya di toko. Jika Anda bingung, kemungkinan besar membutuhkan keberadaan dari seorang professional di bidangnya.

Contoh dari Program Loyalty Card

Contoh Dari Program Loyalty Card

Terdapat sejumlah contoh member card untuk loyalty yang bisa diterapkan oleh para pemilik usaha. Tetapi apabila Anda bingung, maka sebaiknya simak beberapa contoh berikut ini.

Cashback Card

Cashback card inilah menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen agar nantinya mendapatkan keuntungan. Anda bisa langsung menawarkan kartu cashback ini apabila seorang pelanggan sudah melakukan pembelian sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Misalnya saja adalah Anda bisa memberikan cashback sebesar 20% kepada para pelanggan yang melakukan transaksi pembelian minimal Rp500.000.

Discount Card

Contoh lainnya yang bisa diterapkan adalah discount card satu ini dimana hampir sama dengan sebelumnya. tetapi bedanya apabila kartu tersebut digunakan maka seorang konsumen akan mendapatkan potongan harga secara langsung nantinya.

Point-Based Card

Pilihan terakhir adalah Point-based card satu ini yang bisa digunakan oleh konsumen untuk mengumpulkan poin belanja setelah melakukan transaksi di dalamnya.

Semakin hari, persaingan dalam dunia bisnis memang semakin ketat sehingga harus membuat Anda selalu berinovasi agar bisa bertahan dibandingkan para pesaing. Promosi dengan loyalty card adalah pilihan terbaik untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan ataupun menarik pelanggan baru.

Bagikan Postingan: