Membuat nama usaha yang bagus terkadang juga menjadi kendala tersendiri yang dihadapi ketika mendirikan sebuah usaha. Karena hal ini juga sama pentingnya ketika menamai sebuah barang kesayangan. Selain itu, memastikan nama yang bagus beserta artinya juga tidaklah mudah.
Maka dari itu, ketika membuat sebuah nama lebih baik untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan bahwa arti yang dimiliki mengandung makna yang baik. Sebab nama juga bisa menjadi sebuah doa, sehingga nantinya usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik.
Selain itu, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat nama untuk sebuah usaha. Jadi tidak hanya artinya yang bagus, tetapi nama yang digunakan juga sebaiknya bisa membuat calon pembeli tertarik untuk datang.
Alasan Pentingnya Membuat Nama Usaha yang Bagus
Membuat nama pada sebuah usaha menjadi hal penting yang harus dilakukan. Pasalnya, nama ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi usaha yang akan dijalankan. Selain memberikan nama, tentu harus diperhatikan juga mengenai penggunaan dari nama tersebut.
Jangan memberikan nama yang sembarangan. Untuk itu sebelum membuat perhatikan beberapa tips yang harus dilakukan ketika membuat sebuah nama usaha. Namun, sebelum itu penting juga untuk mengetahui alasan yang menjadikan nama usaha penting untuk dibuat, di antaranya:
1. Nama Bisa Menjadi Representasi dari Usaha yang Dijalankan
Ketika membuat sebuah nama untuk usaha yang akan dijalankan, usahakan bahwa nama tersebut bisa merepresentasikan produk yang akan dijual. Hal ini yang akan membuat orang-orang menjadi tahu dan tidak akan ragu untuk datang berkunjung.
Contohnya yaitu ada nama brand untuk makanan Bakpia Pathok, dari nama tersebut tentu orang-orang sudah langsung mengetahui produk yang dijual yaitu bakpia. Jadi orang-orang yang sedang mencari bakpia, bisa langsung datang untuk membelinya.
Jika nama yang digunakan bisa merepresentasikan jenis bisnis yang sedang dijalankan, maka nama tersebut juga bisa lebih melekat dan teringat dengan baik dalam pikiran konsumen. Hal ini tentunya bisa memberikan keuntungan tersendiri untuk membangun branding yang kuat.
2. Nama Menjadi Hal Utama yang Akan Diingat oleh Konsumen
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa nama bisa menjadi hal yang bisa melekat dalam pikiran konsumen. Jadi saat terdapat bisnis atau usaha yang baru dirilis, maka hal pertama yang biasanya akan diingat oleh konsumen yaitu mengenai nama brandnya.
Setelah itu, biasanya konsumen baru akan mempelajari lebih dalam mengenai produk yang dijual. Apabila pengenalan nama bisa berhasil, maka konsumen bisa lebih mudah dalam mengingatnya.
Contoh yang sering ditemui yaitu pada brand untuk minuman Aqua. Seperti yang sudah diketahui bahwa sekarang ini sudah ada banyak merk air mineral selain Aqua, namun terkadang masih banyak orang yang membeli air mineral dengan menyebut Aqua.
Maka dari itu, pemilihan nama usaha yang bagus untuk sebuah usaha penting dilakukan. Pastikan untuk memperhatikan penggunaan nama tersebut dengan nama yang menarik dan bisa diingat oleh konsumen dengan mudah.
3. Nama yang Unik Berpotensi Dibicarakan oleh Banyak Orang
Ketika pertama kali Go-Jek diperkenalkan, aplikasi ini banyak sekali dibicarakan oleh banyak orang hingga booming. Orang-orang bahkan tidak hanya membicarakan mengenai kecanggihan dari inovasi yang dilakukan oleh startup satu ini, namun juga dengan keunikan nama yang digunakan.
Semakin banyak sebuah usaha diperbincangkan oleh banyak orang, maka bisa menjadi keuntungan tersendiri. Hal ini bisa membuat nama usaha tersebut semakin melekat dalam pikiran konsumen. Jadi orang-orang juga semakin tertarik untuk mencoba produk yang ditawarkan.
4. Untuk Membedakan dengan Usaha Lainnya
Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis atau usaha yang dijalankan memiliki pesaing bisnis yang serupa. Maka dari itu, penting sekali untuk menciptakan nama yang bagus untuk usaha yang akan dijalankan. Pilihlah nama-nama yang unik yang bisa membedakannya dengan usaha lainnya.
Selain itu, penggunaan nama usaha juga bisa digunakan nantinya untuk keperluan promosi. Apabila nama yang dibuat tepat dan sesuai, maka usaha tersebut bisa mencuri perhatian konsumen lebih banyak hanya dengan mendengar namanya.
Dengan demikian, konsumen bisa tertarik dan mencari tahu lebih lanjut mengenai berbagai produk yang tersedia atau ditawarkan pada usaha tersebut.
Tips Membuat Nama Usaha yang Bagus
Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa diterapkan jika ingin membuat nama pada usaha atau bisnis.
1. Usahakan untuk Menggunakan Nama yang Pendek
Tips pertama yaitu gunakan nama yang pendek. Jika diperhatikan di sekitar banyak berbagai jenis usaha yang menggunakan nama yang pendek atau kurang dari tiga suku kata. Hal ini dilakukan tentu bukan tanpa alasan, yaitu agar konsumen bisa lebih mudah untuk mengingatnya.
Selain itu, penggunaan nama yang pendek juga bisa mempermudah untuk penulisan terutama untuk media sosial. Karena media sosial sekarang ini juga menjadi salah satu hal penting yang bisa dijadikan sebagai media untuk melakukan marketing.
Nah, pada media sosial untuk membuat sebuah akun maka penulisan nama dibatasi dengan jumlah karakter tertentu. Maka dari itu, membuat nama usaha yang pendek bisa menjadi solusi.
2. Berhubungan dengan Usaha yang Dijalankan
Membuat nama usaha yang bagus tidak hanya memperhatikan dari keunikan nama tersebut, namun juga harus memperhatikan mengenai penggunaan nama yang digunakan. Dalam memberi nama usaha, pastikan bahwa nama tersebut masih berhubungan dengan usaha yang dijalankan.
Karena nama usaha bisa menjadi representasi dari sebuah usaha agar usaha tersebut lebih mudah dikenali bagi calon konsumen. Jika tidak berhubungan, maka setidaknya terdapat benang merah yang bisa menghubungkan dengan bisnis tersebut.
3. Unik dan Jarang Digunakan oleh Perusahaan Lain
Pertimbangan lainnya yang harus diperhatikan ketika membuat sebuah nama usaha yaitu gunakan nama yang unik serta masih jarang digunakan. Hal ini bisa membantu untuk memperkuat branding dari usaha tersebut.
Selain itu, penggunaan nama yang sama dengan usaha lainnya juga bisa membuat calon konsumen kebingungan. Jadi untuk menghindari hal tersebut maka jangan gunakan nama yang sudah ada dengan usaha lainnya.
4. Memiliki Alasan yang Kuat dari Penggunaan Nama Tersebut
Nama usaha yang bagus tentu dibuat dengan cara yang tidak asal-asalan. Untuk itu pastikan nama yang digunakan memiliki alasan yang kuat dibaliknya, baik itu karena memiliki arti yang bagus atau yang lainnya.
Contoh Nama yang Bagus untuk Usaha
Membuat nama yang bagus bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai bahasa, baik itu Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris maupun Bahasa Sansekerta. Namun, sebelum membuatnya lebih baik untuk melakukan riset mengenai arti dari nama tersebut.
Berikut ini merupakan beberapa contoh nama usaha yang bisa menjadi inspirasi untuk membuat berbagai pilihan jenis usaha:
- Bajuku Murah
- Tunik Aneka
- Cahari Textile
- Aswani Putra
- Sae Raos
- Kawiwara Cendekia
- Asmaraloka Decoration
- Adhi Rajasa Group
- Pangan Adhikari
Penutup
Membuat nama usaha yang bagus menjadi hal yang perlu diperhatikan ketika mendirikan usaha. Beberapa tips di atas bisa menjadi cara untuk menghasilkan nama yang bagus dan bisa membangung branding yang kuat, sehingga nama tersebut bisa melekat dalam pikiran konsumen.