Nama Usaha Es Jeruk Peras agar Bisa Laris Manis

Di cuaca panas, minuman dingin segar menjadi pilihan banyak orang, termasuk es jeruk peras. Ini dapat menjadi ide jualan menguntungkan, yaitu Anda bisa membuat nama usaha es jeruk peras yang anti-mainstream untuk menarik pelanggan.

Jeruk menjadi salah satu buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, seperti Indonesia sehingga tidak akan kesulitan menemukannya di berbagai daerah. Jenis jeruk peras merupakan bahan untuk membuat bisnis minuman tidak lekang waktu.

Usaha minuman jeruk peras ini memang bukan hal baru, sehingga Anda harus membuat strategi agar mampu bersaing. Selain memberikan nama bisnis yang keren dan unik, ada beberapa cara pembuatan minuman agar rasanya lebih enak serta beda dari lainnya.

Apa itu Usaha Jeruk Peras?

Apa Itu Usaha Jeruk Peras

Usaha jeruk peras merupakan jenis bisnis yang masuk ke dalam bidang minuman segar yang banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Meskipun sudah banyak bisnis satu ini, Anda masih bisa mencobanya dengan menerapkan strategi terbaik dan tepat untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Rasa segar alami yang dihasilkan menjadi cita rasa tersendiri sehingga banyak sekali yang suka. Ditambah dengan bahan gula asli tanpa pemanis buatan membuat minuman satu ini digemari tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Kandungan nutrisi di dalam buah jeruk sendiri sangat bagus untuk kesehatan karena mengandung vitamin C yang kaya. Hal tersebut menjadi cara dalam melengkapi kebutuhan gizi sehingga gaya hidup tetap sehat.

Musim panen buah kaya vitamin c ini memang musiman, tetapi bukan berarti sulit untuk didapatkan karena metode pasokan serta teknologi penyimpanan canggih. Dengan demikian, bisnis dapat selalu beroperasi sepanjang tahun.

Segmen pasar yang jelas, strategi tepat, serta pemberian nama usaha unik dapat menjadi daya tarik agar mampu bersaing dengan kompetitor dimana jumlahnya tidak sedikit. Anda bisa memulai usaha dengan menyiapkan beberapa hal, termasuk modal dan cara pembuatan.

Konsep

Usaha jualan es jeruk peras paling umum memang mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Dengan menggunakan alat pemeras canggih, maka bisa menghasilkan sari-sari minuman yang banyak serta alami sehingga rasanya terjaga.

Jeruk peras adalah ide jualan yang mempunyai konsep kesegaran serta rasa alami dari bahan baku segar sehingga pelanggan merasa terpuaskan dahaganya. Selain itu, menjaga kualitas kesegaran dan alami harus terus diperhatikan, agar pelanggan datang lagi dan lagi.

Banyak preferensi yang bisa ditawarkan kepada pembeli dengan memberikan variasi, misalkan rasa murni berisi jus, es batu, dan gula, rasa campur berisi tambahan sirup aneka rasa, sampai tambahan topping lain, misalkan es krim yang krimi.

Para penjual juga dapat menambahkan sejumlah ide kreatif berupa ragam variasi lainnya disesuaikan dengan target pasar atau tempat jualan. Dengan membuat es jeruk peras kekinian, maka bisa dengan mudah dikenal orang-orang.

Selalu utamakan kesegaran, kualitas bahan baku, serta kebersihan dalam menjual minuman sehat ini. selain rasanya yang harus selalu enak, kepercayaan dari pelanggan atas pelayanan Anda juga sangat penting diperhitungkan.

Peluang dengan Melihat Kompetitor

Berbicara peluang dari bisnis jual es jeruk peras memang cukup menggiurkan jika dilakukan dengan persiapan dan pertimbangan secara matang. Hal ini mengingat banyaknya kompetitor atau pesaing.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan dalam menganalisis kompetitor, seperti berikut.

1. Identifikasi Langsung

Cara pertama adalah dengan melakukan identifikasi langsung terjun ke lapangan melihat ke bisnis para kompetitor. Pahami beberapa hal, termasuk merek/nama, gerai/lokasi, pelayanan, promo, bahan baku, variasi menu, dan lainnya.

2. Lihat Produknya

Menu yang ditawarkan setiap penjual di daerah tertentu tentu saja berbeda-beda. Selain variasi menu, identifikasi hal-hal berkaitan lainnya, seperti kemasan, harga, alat-alat, diskon/promo, serta pilihan paket yang disediakan.

3. Lihat Kepuasan Konsumen

Hal berikutnya yang harus dilihat dari pesaing adalah kepuasan dari konsumen yaitu berupa kepuasan, saran, dan kritik. Gunakan review dari kompetitor untuk dijadikan bahan pertimbangan membuat rencana strategi sendiri.

4. Membuat Strategi Sendiri

Setelah mengindetifikasi beberapa poin sebelumnya, maka sekarang waktunya membuat strategi dengan melihat peluang yang ada. Buat keunggulan tersendiri sesuai kebutuhan target pasar serta terapkan prinsip berkompetisi secara sehat.

Cara Membuat

Cara membuat jeruk peras sendiri dan untuk jualan tentu saja memiliki resep berbeda. Berikut beberapa cara membuat es jeruk peras untuk jualan yang anti-mainstream untuk memberikan menu berbeda dan unik dari lainnya.

1. Jeruk Peras Kelapa Muda

Jika sudah biasa saja dengan variasi original, cobalah memberikan menu jeruk peras kelapa muda yang dijamin tidak kalah segar dan lezatnya. Bahan yang perlu disiapkan antara lain, jeruk peras, kelapa muda diserut, air kelapa muda, sirup jeruk, vanilla, dan es batu.

2. Jeruk Peras Susu

Untuk mendapatkan target pasar anak-anak, maka rasa susu bisa menjadi opsi yang hanya dengan memberikan tambahan kental manis saja. Meskipun sederhana, ini tetap memberikan rasa segara dan khas dari si jeruk peras.

3. Jeruk Peras Yakult

Tren minuman kekinian banyak dicari ini untuk es jeruk warung atau jualan di pinggir jalan bisa menambahkan Yakult. Keunikan rasa paduan dari jeruk katsuri dan yakult akan membuat pembeli ingin lagi dan lagi.

4. Jeruk Peras Blewah

Cara membuat es jeruk variasi satu ini menggunakan jenis jeruk keprok dengan rasa manis kemudian tambahkan potongan daging blewah yang sudah diserut. Setelah itu, berikan es batu dan gula dan jadilah kombinasi rasa super menyegarkan.

Strategi Bisnis

Nama Usaha Jeruk Peras

Dengan merencanakan strategi yang tepat, maka tidak hanya akan bisa bersaing, tetapi Anda juga mampu bertahan pada bisnis ini dalam waktu cukup lama. Strategi usaha minuman jeruk peras yang dapat diterapkan seperti berikut ini.

1. Menentukan Target Pasar

Lakukan analisis pasar yang akan menjadi target untuk melihat preferensi dan kebutuhan mereka terhadap minuman jeruk peras ini. Kenali kesukaan calon konsumen di sekitar lokasi tempat berjualan agar penjualan efektif.

2. Branding

Branding sangat penting untuk mengenalkan dan memberikan kepercayaan pada usaha. Lakukan pengembangan brand bisnis secara percaya diri serta penuh komitmen dengan menjaga kualitas, kesegaran, kebersihan, dan harga.

3. Memilih Saluran Distribusi

Tentukan saluran distribusi untuk bisnis dengan memilih lokasi strategis, pembuatan nama usaha, dan logo es jeruk peras yang unik.

4. Promosi

Jangan lupa membuat promosi dengan cara kekinian yaitu memanfaatkan media sosial.

Ide Nama Bisnis

Dalam membuat nama bisnis supaya unik dan mudah diingat orang-orang, dapat menggunakan bahasa inggris es jeruk, menambahkan nama sendiri, tidak terlalu panjang, dan tidak terlalu susah diucapkan. Sebagai referensi, berikut ide untuk Anda.

  • Orange Juice Mahadewa
  • Ayo Nge-Jus Jeruk
  • Mini Orange Juice
  • Jeruk Peras Janita
  • My Moody Orange Juice
  • Orange Juice Booster

Menerapkan ide bisnis jeruk peras dapat memberikan keuntungan besar jika menggunakan strategi tepat mengingat cukup besarnya peminat pada usaha ini. Selain itu, penting memberikan nama usaha es jeruk agar dapat diingat konsumen karena keunikannya.

Tidak hanya keunikan brand saja, namun komitmen menjaga rasa, kualitas, pelayanan, kebersihan, dan harga harus selalu dijaga untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Bagikan Postingan: