Modal Periklanan – Beriklan bisa melalui media cetak, media elektronik, dan juga media siber. Tentu modal yang dibutuhkan untuk membuat iklan akan berbeda-beda tergantung di media mana anda beriklan.
Untuk memudahkan anda memilih media mana yang cocok untuk anda beriklan, maka simak penjelasan berikut ini tentang rincian modal yang harus anda keluarkan untuk beriklan di setiap media yang ada.
Modal Iklan melalui Media Sosial
Modal beriklan melalui Facebook Ads:
Mari simak rincian estimasi modal yang harus anda keluarkan untuk beriklan di Fb Ads:
Waktu | Sasaran | Biaya |
---|---|---|
1 hari | Puluhan orang | Rp. 10.000 |
1 hari | Puluhan orang | Rp. 50.000 |
1 hari | Ratusan orang | Rp 75.000 |
1 minggu | Puluhan orang | Rp. 70.000 |
1 minggu | Ratusan orang | Rp. 700.000 |
1 minggu | Ribuan orang | Rp. 7.000.000 |
Beriklan dengan Fb Ads tidak bisa dikatakan murah dan juga tidak bisa dikatakan mahal. Itu semua kembali lagi kepada target sasaran yang ingin anda capai dan berapa lama anda beriklan.
Semakin lama anda beriklan tentu biaya yang akan anda habiskan juga semakin besar. Begitu juga dengan target sasarannya. Semakin banyak sasaran yang ingin anda target, maka semakin besar juga biaya iklan yang harus anda keluarkan.
Dengan kata lain beriklan dengan Fb Ads besaran biayanya bisa disesuaikan dengan manajemen iklan yang anda buat.
Ingat rincian biaya di atas adalah estimasi biaya yang harus anda persiapkan untuk modal beriklan menggunakan Fb Ads.
Estimasi tersebut tentunya bisa berubah-ubah tergantung kebijakan dari Fb Ads dan juga belum termasuk biaya pemotongan pajak iklan yang ada Facebook.
Modal beriklan melalui Google Ads:
Berikut ini adalah rincian estimasi biaya yang harus anda keluarkan untuk beriklan di Google Ads:
Biaya Untuk Klik | Biaya Untuk Display | Biaya Untuk View |
---|---|---|
Rp. 800 | Rp. 150 | Rp. 30 |
Biaya tersebut adalah biaya minimal yang harus anda keluarkan untuk setiap klik iklan, display, dan tiap view pada video yang muncul.
Sebenarnya, biaya yang harus anda keluarkan untuk beriklan melalui Google Adswords cukup bervariasi.
Hal itu bisa ditentukan dari manajemen iklan yang anda buat. Anda bisa membuat biaya iklan yang anda keluarkan minim. Misalnya anda membuat biaya 100 rupiah untuk per klik. Tapi itu akan membuat iklan anda kecil kemungkinan bisa dilihat oleh sasaran.
Dengan kata lain anda perlu memanage biaya iklan anda dengan biaya yang tidak murah sekali dan tidak mahal sekali yang memberatkan anda.
Modal beriklan melalui Youtube Ads:
Berikut ini adalah estimasi rincian biaya yang harus anda keluarkan untuk beriklan melalui Youtube Ads:
Durasi Waktu Iklan | Biaya |
---|---|
2 minggu | Rp. 300.000 – Rp. 1.500.000 |
3 bulan | Rp. 2.400.000 – Rp. 5.400.000 |
Biaya tersebut bisa berubah sesuai kebijakan dari Youtube. Besarnya biaya yang harus anda keluarkan akan kembali lagi berdasarkan kebijakan anda dalam beriklan di Youtube Ads.
Biasanya iklan yang ada di Youtube Ads berupa video singkat iklan yang Anda buat.
Modal beriklan melalui Instagram Ads:
Sama dengan beriklan melalui Fb Ads. Besar biaya iklan yang bisa anda keluarkan untuk beriklan melalui Instagram Ads berkisar antara 10.000 ribu sampai jutaan bahkan ratusan juta rupiah per harinya.
Besar kecilnya biaya yang dikeluarkan disesuaikan dengan target iklan yang anda pilih dan berapa lama anda menggunakan jasa iklan Instagram Ads.
Untuk estimasi rincian biaya yang harus anda keluarkan kurang lebih sama seperti saat anda beriklan di Fb Ads karena Instagram Ads dan Facebook Ads saling terintegrasi. Berikut ini estimasi rincian biayanya:
Waktu | Sasaran | Biaya |
---|---|---|
1 hari | Puluhan orang | Rp. 10.000 |
1 hari | Puluhan orang | Rp. 50.000 |
1 hari | Ratusan orang | Rp 75.000 |
1 minggu | Puluhan orang | Rp. 70.000 |
1 minggu | Ratusan orang | Rp. 700.000 |
1 minggu | Ribuan orang | Rp. 7.000.000 |
Ingat, biaya di atas hanya estimasi. Kurang lebih itu biaya yang harus anda persiapkan untuk beriklan di Instagram Ads
Modal Iklan melalui Media Cetak
Modal beriklan melalui koran:
Bagi anda yang ingin memasang iklan melalui koran inilah biaya yang harus anda persiapkan:
Biaya iklan di koran Kompas
Berikut ini adalah biaya yang harus anda persiapkan untuk beriklan di koran Kompas:
Jenis Iklan | Ukuran | Biaya |
---|---|---|
Iklan baris | Minimal 3 baris | Rp. 58.000 per baris |
Iklan kolom | 1 mmk | Rp. 105.000 |
Iklan display | Minimal 810 mmk | Rp. 85.000 per mmk |
Iklan advertorial | Minimal 310 mmk | Rp. 169.000 per mmk |
Biaya iklan di koran Poskota
Berikut ini adalah biaya yang harus anda persiapkan untuk beriklan di koran Poskota:
Jenis Iklan | Ukuran | Biaya |
---|---|---|
Iklan baris | Minimal 5 baris | Rp. 17.000 per baris |
Iklan kolom | Minimal 35 mmk | Rp. 25.000 per mmk |
Iklan display | Minimal 60 mmk | Rp. 50.000 per mmk |
Itulah estimasi biaya yang harus anda keluarkan apabila anda tertarik untuk beriklan melalui koran.
Modal beriklan melalui majalah:
Bagi anda yang ingin memasang iklan melalui koran inilah biaya yang harus anda persiapkan:
Biaya iklan di majalah Tempo:
Jenis Iklan | Ukuran | Biaya |
---|---|---|
Iklan display | 1 halaman (210×275 mmk) | Rp. 92.000.000 |
Iklan display | 1/2 halaman (186 mm x 124 mm) horizontal | Rp. 41.000.000 |
Biaya iklan di majalah Hai:
Jenis Iklan | Ukuran | Biaya |
---|---|---|
Iklan display | 1 halaman (210 mm x 275 mm) | Rp. 21.000.000 |
Iklan display | 1/2 halaman (190 mm x 120 mm) | Rp. 13.000.000 |
Itulah estimasi biaya yang harus anda keluarkan apabila anda tertarik untuk beriklan melalui majalah.
Solusi beriklan tanpa modal bagi anda yang minim dana:
Memanfaatkan relasi pertemanan:
Apabila anda tidak memiliki cukup modal untuk mengiklankan produk usaha anda secara berbayar, maka memanfaatkan relasi pertemanan bisa anda pertimbangkan untuk mengiklankan produk anda melalui teman anda.
Anda bisa meminta bantuan teman anda untuk mengiklankan atau mempromosikan produk usaha anda kepada kenalan dari teman anda tersebut.
Melalui sosial media:
- Solusi berikutnya apabila anda tidak memiliki cukup modal untuk beriklan adalah dengan memanfaatkan sosial media. Anda bisa memanfaatkan sosial media yang anda miliki untuk mengiklankan produk usaha anda.
- Anda bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di sosial media seperti Whatsapp story, Facebook story, Instagram story dan lainnya.