Kebutuhan akan pakaian saat ini kian berkembang pesat. Terlebih lagi bagi mereka para influencer media sosial yang dituntut berpenampilan good looking. Agar bisa menarik minat para follower, dukungan beragam pakaian baru memang harus dipenuhi. Belum lagi banyaknya orang yang berlomba – lomba untuk menjadi influencer dan memamerkan konten menariknya. Melihat hal tersebut, peluang bisnis distro pun semakin meyakinkan untuk dikembangkan.
Untuk mulai merambah ke usaha distro, setidaknya Anda sudah punya bayangan dan pandangan terkait dengan rincian modal awal yang harus disiapkan hingga peralatan apa saja yang wajib ada terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda pun bisa mulai membeli peralatan sedikit demi sedikit secara bertahap.
Lantas berapa sih sebenarnya modal awal untuk memulai usaha distro? Modal awal untuk buka usaha Distro berkisar antara Rp 30.000.000 hingga Rp 80.000.000. Dengan modal awal segitu, tentu saja sudah include sewa ruko.
Modal Awal Bisnis Distro
Modal awal satu distro satu dengan distro yang lain tak bisa dijadikan sebagai patokan ya. Karena setiap individu pasti memiliki selera dan keinginan masing – masing sehingga sangat mempengaruhi yang namanya nominal. Disini, kami akan mencoba memberikan rincian modal awal usaha distro versi kami ya.
Kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mulai usaha distro :
Peralatan | Harga |
Sewa tempat per tahun | Rp 15.000.000 |
Meja Kerja dan Kasir Profesional | Rp 2.000.000 |
Laptop, Printer dan Software Distro | Rp 5.000.000 |
Website Pemasaran Distro | Rp 1.500.000 |
Rak Pakaian | Rp 1.000.000 |
Gantungan Pakaian | Rp 1.000.000 |
Manekin | Rp 500.000 |
Etalase | Rp 3.000.000 |
ATK | Rp 50.000 |
Hanging Tag Merk Distro 200 pcs | Rp 500.000 |
Spanduk, standing display, papan nama | Rp 500.000 |
Desain interior | Rp 2.000.000 |
Pasang CCTV | Rp 1.500.000 |
Budget Listrik & Air | Rp 200.000 |
Budget internet, telpon dan pulsa | Rp 300.000 |
Budget Maintenance | Rp 100.000 |
Total secara keseluruhan perkiraan modal awal untuk usaha distro ialah Rp 34.150.000.
Nominal bisa saja fluktuatif ya, bisa naik bisa juga turun. Silahkan disesuaikan saja dengan kebutuhan Anda masing – masing. Perlu Anda ingat, setiap peralatan di atas juga akan ada perbedaan harga di setiap daerah.
Pengeluaran Per Bulan Pada Bisnis Distro
Tak hanya fokus pada modal awal saja ya, Anda juga harus memikirkan kebutuhan belanja bulanannya. Karena belanja bulanan juga menjadi bagian dari keseluruhan modal yang harus disediakan saat awal mulai usaha distro.
Perkiraan jualan dalam satu bulan pada usaha distro contohnya seperti kemeja panjang 200 pcs, kemeja pendek 200 pcs, kaos pendek 200 pcs, kaos panjang 100 pcs, celana panjang jeans 100 pcs, celana panjang chinos 200 pcs, jacket 50 pcs, topi 25 pcs, hand bag 50 pcs, waist bag 50 pcs dan barang lainnya 100 pcs.
Detail rincian penjualan distro :
- Kemeja panjang 200 pcs x Rp 120.000 = Rp 24.000.000
- Kemeja pendek 200 pcs x Rp 100.000 = Rp 20.000.000
- Kaos pendek 200 pcs x Rp 50.000 = Rp 10.000.000
- Kaos panjang 100 pcs x Rp 75.000 = Rp 7.500.000
- Celana panjang jeans 100 pcs x Rp 250.000 = Rp 25.000.000
- Celana panjang chinos 200 pcs x Rp 150.000 = Rp 30.000.000
- Jacket 50 pcs x Rp 150.000 = Rp 7.500.000
- Topi 25 pcs x Rp 80.000 = Rp 2.000.000
- Hand bag 50 pcs x Rp 120.000 = Rp 6.000.000
- Waist Bag 50 pcs x 200.000 = Rp 10.000.000
- Barang lain 100 pcs = Rp 20.000.000
Estimasi hasil penjualan dari distro Rp 162.000.000
Barang yang harus dibeli setiap bulannya pada usaha distro :
Barang | Biaya |
Kemeja panjang | Rp 20.000.000 |
Kemeja pendek | Rp 16.000.000 |
Kaos pendek | Rp 7.000.000 |
Kaos panjang | Rp 6.000.000 |
Celana panjang jeans | Rp 22.000.000 |
Celana panjang chinos | Rp 24.000.000 |
Jacket | Rp 6.000.000 |
Topi | Rp 1.625.000 |
Hand Bag | Rp 5.000.000 |
Waist Bag | Rp 9.000.000 |
Barang lain | Rp 18.000.000 |
ATK | Rp 50.000 |
Gaji 2 orang karyawan | Rp 3.000.000 |
Biaya Listrik dan Air | Rp 200.000 |
Biaya internet, telpon dan pulsa | Rp 300.000 |
Biaya maintenance | Rp 100.000 |
Jadi pengeluaran per bulan usaha distro mencapai Rp 138.275.000
Bagaimana Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Distro
Setiap orang yang membuka usaha, pastinya ingin penjualannya meningkat secara signifikan. Lantas bagaimana caranya?
- Punya karyawan yang bisa fokus mengelola media sosial
- Pengembangan web sebagai media pemasaran harus terus dilakukan secara berkala, termasuk optimasi keyword agar lebih banyak pengunjung
- Sebulan sekali bisa mengadakan give away untuk menarik minat follower
- Pastikan distro Anda didesain khusus sehingga meninggalkan kesan yang menarik dan nyaman
- Memberikan pelayanan yang baik sebelum dan sesudah
Perhitungan Estimasi Keuntungan Bisnis Distro
- Kemeja panjang 200 pcs x Rp 120.000 = Rp 24.000.000
- Kemeja pendek 200 pcs x Rp 100.000 = Rp 20.000.000
- Kaos pendek 200 pcs x Rp 50.000 = Rp 10.000.000
- Kaos panjang 100 pcs x Rp 75.000 = Rp 7.500.000
- Celana panjang jeans 100 pcs x Rp 250.000 = Rp 25.000.000
- Celana panjang chinos 200 pcs x Rp 150.000 = Rp 30.000.000
- Jacket 50 pcs x Rp 150.000 = Rp 7.500.000
- Topi 25 pcs x Rp 80.000 = Rp 2.000.000
- Hand bag 50 pcs x Rp 120.000 = Rp 6.000.000
- Waist Bag 50 pcs x 200.000 = Rp 10.000.000
- Barang lain 100 pcs = Rp 20.000.000
- Total penghasilan kotor = Rp 162.000.000
- Pengeluaran per bulan = Rp 138.275.000
- Pendapatan bersih = Rp 23.725.000
Resiko dari Usaha Distro dan Cara Mengatasi
Jika Anda memutuskan untuk terjun langsung buka usaha distro, berbagai tantangan dan resiko itu pasa ada saja. Apa saja resiko yang mungkin timbul?
- Anda harus siap dengan perubahan tren yang drastis.
- Kompetitor ada dimana – mana, jika Anda tak kreatif, peluang tersingkir pasti bisa terjadi
- Pekerjaan rumah yang masih belum banyak dilakukan oleh para pengusaha distro adalah membuat para pelanggannya setia dan repeat order.
Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah segala resiko tersebut?
- Mempunyai kreatifitas yang tinggi, Anda bisa merevisi pakaian – pakaian yang dianggap tidak tren menjadi lebih menarik sehingga tetap memiliki nilai jual.
- Hindari membuka distro di lokasi yang banyak pesaingnya.
- Memberikan pelayanan yang baik, kirimkan survey pelanggan dan rajin berinteraksi dengan para pelanggan.