Contoh Kliping Sejarah : Berita, Hari Pahlawan, Hari Kemerdekaan

Kliping Sejarah

Apa Itu Kliping Sejarah?

Kliping Sejarah ~ Kliping sejarah adalah kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh informasi penting terkait tema yang diinginkan. Dalam pembuatan kliping Anda akan melakukan kegiatan pemotan dan penempelan informasi yang penting  pada media yang ditentukan.

Sedangkan untuk tema dalam pembuatan kliping kali ini adalah tentang sejarah, yang berupa informasi masa lampau terkait peristiwa yang pernah terjadi dan memberikan perubahan yang besar dalam kehidupan manusia

blackgarlic

Daftar Isi Kliping Sejarah

Daftar isi kliping digunakan dan dibuat untuk mempermudah pembaca dalam menemukan navigasi informasi yang ingin dibacanya. Sebab dalam daftar isi memuat beberapa hal penting seperti tema pembahasan kliping dan juga halamannya.

Contoh susunan daftar isi kliping sejarah yang baik adalah memuat informasi yang diperlukan pembaca dan menyangkut seluruh isi dari kliping, yaitu halaman sampul, halaman penjelasan kliping sejarah, sejarah singkat hari kemerdekaan, sejarah singkat hari pahlawan.

Cara Membuat Kliping Sejarah yang Benar

Silahkan untuk mengikuti cara di bawah ini, bagi Anda yang ingin bisa membuat kliping sejarah dengan benar, yaitu:

iklan gaji

1. Tentukanlah topik yang berkaitan dengan tema yang sudah Anda tentukan

Anda bisa menentukan topik yang berkaitan dengan tema kliping Anda bisa meliputi berita sejarah, sejarah singkat kemerdekaan Indonesia, sejarah hari pahlawan dan lainnya.

2. Kumpulkanlah data yang sesuai dengan topik kliping Anda

Berikutnya adalah dengan mengumpulkan data dan bahan informasi yang sesuai dengan topik kliping Anda. Anda bisa menemukan data tersebut melalui berbagai macam sumber seperti buku, majalah, surat kabar, koran atau pun internet.

3. Guntinglah bahan pembuatan kliping di bagian paling penting

Lanjutkan dengan menggunting bahan informasi yang sudah didapatkan tadi dengan menggunakan alat yang ada. Hal tersebut berfungsi untuk mendapatkan informasi terpenting dari kliping tersebut.

4. Tempelkanlah bahan pembuatan kliping pada tempat yang sudah tersedia

Langkah terakhir adalah dengan menempelkan bahan kliping yang sudah dipotong tadi pada tempat yang diminta, bisa berupa kertas hvs, folio ataupun media datar lainnya. Kliping tentang sejarah sudah selesai dibuat.

Di bawah ini adalah contoh pembuatan kliping sejarah yang bisa Anda ketahui.

Contoh Kliping Sejarah
Contoh Kliping Sejarah 2

Contoh Kliping Sejarah

1. Kliping Berita Sejarah

Kliping Berita Sejarah

Candi Borobudur merupakan salah satu warisan bersejarah yang dimiliki oleh Indonesia. Bahkan Candi Borobudur termasuk salah satu warisan dunia yang sudah diakui oleh dunia dan ditetapkan oleh UNESCO.

Candi Borobudur menjadi warisan dunia yang dihasilkan dari kehidupan jaman kerajaan yang pernah terjadi di Indonesia. Hal ini menjadikan Candi Borobudur sebagai warisan dan kekayaan sejarah dan budaya yang tidak ternilai harganya.

2. Kliping Sejarah Singkat Hari Pahlawan

Kliping Sejarah Pahlawan

Hari Pahlawan adalah peringatan untuk peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 10 November 1945. Hal ini merupakan pertempuran yang terjadi di Surabaya dan dilakukan oleh arek-arek Suroboyo bersama dengan Bung Tomo dan beberapa pahlawan lainnya.

Peristiwa bersejarah 10 November ini dilakukan dengan merobek bendera merah putih biru, yang terletak di Hotel Yamato di tanggal 19 September 1945. Peristiwa itu menjadi awal peristiwa 10 November.

3. Kliping Sejarah Singkat Hari Kemerdekaan

Kliping Sejarah Hari Kemerdekaan

Hari Kemerdekaan Indonesia diperingati pada tanggal 17 Agustus. Sedangkan peritiwa kemerdekaan Indonesia ini terjadi di tanggal yang sama pada tahun 1945. Peristiwa hari kemerdekaan juga biasa disebut dengan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan.

Peristiwa ini merupakan wujud dari usaha persiapan dalam memerdekakan Indonesia yang sudah dijajah dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut juga bisa menjadi pembukti bahwa bangsa indonesia sudah lepas dari penjajahan negara lain.

iklan gaji