7 Contoh Kliping Rumah Adat : 34 Provinsi, Penjelasan dan Gambar

Kliping Rumah Adat

Apa Itu Kliping Rumah Adat?

Kliping Rumah Adat ~ Kliping adalah aktivitas mengumpulkan suatu informasi, yang diperoleh dari berbagai sumber yang ada. Informasi tersebut kemudian akan dipotong dan ditempelkan pada media tertentu dalam rangka pembuatan kliping.

Untuk tema kliping kali ini yang akan dibuat adalah tentang kliping rumah adat.

blackgarlic

Bagaimana Proses Pembuatan Kliping Rumah Adat?

Silahkan untuk melihat tata cara di bawah ini bagi Anda yang ingin mengetahui cara pembuatan kliping rumah adat, yaitu:

1. Ketahuilah topik yang ingin dibuat pada kliping Anda

Langkah pertama adalah silahkan untuk mengetahui topik, yang ingin dibuat pada kliping Anda. Untuk kliping rumah adat Anda bisa menentukan topik seperti 34 provinsi, penjelasan dan juga gambarnya

2. Kumpulkanlah informasi terkait topik yang melalui berbagai sumber

Berikutnya silahkan untuk mengumpulkan informasi, sesuai dengan topik kliping yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Anda bisa mencari informasi melalui berbagai sumber yang bisa digunakan.

iklan gaji

3. Guntinglah informasi yang sudah didapatkan pada bagian terpenting

Selanjutnya adalah silahkan untuk menggunting artikel yang sudah didapatkan pada bagian yang penting saja. Pastikan informasi pada kliping Anda tepat sasaran.

4. Rekatkan potongan informasi tadi pada media yang ada

Terakhir adalah silahkan untuk merekatkan potongan informasi yang sudah dipotong sebelumnya pada media yang telah ditentukan. Akhirnya kliping tentang rumah adat sudah selesai dibuat.

Di bawah adalah beberapa contoh “Kliping Rumah Adat” yang bisa Anda ketahui.

Contoh Kliping Rumah Adat
Contoh Kliping Rumah Adat 2

Contoh Kliping Rumah Adat 34 Provinsi

Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan bentuk kepulauan yang memiliki banyak sekali daerah. Hal ini tentu saja berpengaruh pada berbagai macam hal seperti jumlah rumah adat yang dimiliki. Di Indonesia sendiri terdapat 34 provinsi dengan jumlah rumah adat yang sama.

Tiap-tiap provinsi yang ada pada umumnya mempunyai bentuk rumah adatnya sendiri. Hal ini membuktikan bahwa kekayaan Indonesia bukan hanya dalam hal budaya, suku, keberagaman, ras dan agama. Namun juga dalam jumlah rumah adat yang dimiliki.

Contoh Kliping Penjelasan dan Gambar Rumah Adat

1. Kliping Rumah Adat Gadang – Sumatera Barat

Rumah Gadang

Rumah adat yang disebut dengan gadang adalah rumah adat yang berasal dari provinsi Sumatera Barat. Rumah ini memiliki kesan yang nampak mewah dengan bagian atap yang menjulang ke atas dan runcing.

Gadang ini biasanya terbuat dari ijuk yang sudah dibentuk menyerupai tanduk kerbau. Hal tersebut tentunya menyimpan makna kemenangan yang dimiliki oleh suku Minang dalam adu kerbau di Jawa.

2. Kliping Rumah Adat Panggung – Jambi

Rumah Adat Panggung

Provinsi jambi memiliki rumah adat yang disebut sebagai rumah panggung. Rumah adat ini memiliki bentuk seperti persegi panjang dan dilengkapi dengan tangga pada depan rumah. Banyak masyarakat yang menyebut bagian atap dari rumah ini sebagai “Gajah Mabuk”

Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang mirip dengan perahu yang ujungnya melengkung. Rumah ini bisa digunakan untuk tempat tinggal atau musyawarah.

3. Kliping Rumah Adat Joglo – Jawa

Rumah Adat Joglo

Rumah adat joglo merupakan jenis rumah adat yang dimiliki oleh provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan DI Yogyakarta. Bentuk rumah joglo pada tiap provinsinya memiliki bentuk yang sama yaitu dengan tiap penopang sebanyak 4 buah.

Sedangkan rumah ini terdiri atas 2 bagian, yaitu rumah tambahan dan rumah induk. Kedua bagian rumah tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan digunakan dengan   tujuan yang beda oleh pemiliknya.

4. Kliping Rumah Adat Baduy – Banten

Rumah Adat Baduy

Rumah baduy merupakan rumah adat yang dimiliki oleh provinsi Banten. Rumah ini banyak digunakan sebagai tempat tinggal dari suku aslinya yaitu suku Baduy. Pembuatan rumah ini menggunakan ijuk sebagai atap dan bambu.

Perlu diketahui bahwa suku baduy memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi. Hal inilah yang mendasari pendirian rumah Baduy dengan cara gotong royong.

5. Kliping Rumah Adat Panjang – Kalimantan Barat

Rumah Adat Panjang
Rumah Adat Panjang via Wikipedia

Rumah adat ini berasal dari provinsi Kalimantan Barat dan memiliki ukruan yang sangat besar. Hal ini karena rumah ini mempunyai 2 bagian yaitu bagian bawah dan bagunan atas.

6. Kliping Rumah Adat Honai – Papua

Rumah Adat Honai

Rumah adat ini memiliki bentuk yang mengerucut di bagian atas dan ditutup dengan jerami yang kering. Rumah adat ini termasuk dalam salah satu rumah adat yang dimiliki oleh provinsi Papua.

Begitulah penjelasan lengkap “Kliping Rumah Adat”. Silahkan memberikan saran di kolom yang tersedia dan terima kasih sudah membaca.

iklan gaji