Contoh Kliping Globalisasi : Pengertian, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Kliping Globalisasi

Apa Itu Kliping Globalisasi?

Kliping Globalisasi ~ Kliping globalisasi adalah potongan beberapa informasi yang berupa berita maupun artikel, yang berisi tentang peristiwa globalisasi. Potongan informasi tersebut, dikumpulkan secara rapi menjadi satu kesatuan.

Sedangkan globalisasi sendiri diartikan sebagai peristiwa atau proses menuju suatu dunia, tanpa ada batas-batas tertentu, baik negara, ras, budaya, warna kulit dan lainnya. Ini berarti, era globalisasi adalah peristiwa yang ditandai dengan keterbukaan (transparansi), yang semua pengaruh dari luar akan masuk ke kehidupan.

blackgarlic

Cara Membuat Kliping Globalisasi

Siap membuat kliping globalisasi?

  1. Siapkan media massa (koran/tabloid/majalah) dan peralatan untuk kliping.
  2. Cari informasi seputar globalisasi.
  3. Gunting informasi yang sudah Anda temukan.
  4. Tempel dan susun informasi tersebut, pada media kliping yang sudah disiapkan.
  5. Lengkapi kliping globalisasi, dengan keterangan, ilustrasi maupun cover.

Beriku adalah contoh yang bisa kalian ketahui dari kliping globalisasi.

Contoh Kliping Globalisasi
Contoh Kliping Globalisasi 2

Ciri-Ciri Globalisasi

Globalisasi

Jika Anda bingung informasi apa yang akan dibuat menjadi kliping globalisasi, maka bisa mengambil bacaan tentang ciri-ciri globalisasi. Jadi, globalisasi memiliki ciri-ciri seperti:

iklan gaji

1. Menipis atau hilangnya batas antar negara

Hal ini dibuktikan dengan sesuatu yang tidak disadari. Seperti berkembangnya teknologi dan komunikasi, yang membuat semua orang dari berbagai negara dapat terhubung satu sama lain tanpa bertemu secara fisik.

2. Perkembangan Teknologi

Berkembangnya teknologi dan komunikasi juga yang menyebabkan semua informasi begitu cepat dan mudah tersebar ke berbagai penjuru dunia.

3. Perdagangan Meluas

Impor dan ekspor terasa lebih mudah dan meluas jaringannya. Atau bahkan jual beli dari marketplace yang bisa Anda rasakan.

4. Teknologi dan Transportasi Semakin Canggih

Dalam globalisasi, teknologi dan transportasi adalah 2 hal yang secara nyata, terus mengalami kemajuan, bahkan di Indonesia sendiri. Misalnya saja, ponsel pintar layar sentuh dengan GPS (sistem satelit navigasi), Kereta Rel Listrik (KRL), Light Rail Transit (LRT) dan sebagainya.

5. Meningkatnya Permasalahan

Di masa sekarang ini, tentu Anda sudah sering mendengar berita tentang tindak kriminal misalnya. Banyak permasalahan yang terjadi di era yang katanya semakin modern ini.

6. Ketergantungan dalam ekonomi

Dampak Globalisasi

Teknologi

Selain melihat ciri-cirinya, globalisasi menimbulkan banyak dampak, baik yang positif maupun negatif. Di antaranya adalah:

Dampak Positif

  • Teknologi dan informasi semakin canggih dan berkembang pesat
  • Barang-barang elektronik dan moda transportasi semakin berkembang dan mudah didapat
  • Semakin terbukanya ruang sosial
  • Mobilitas tinggi
  • Pertukaran budaya antar negara
  • Meluasnya pasar global
  • Meningkatnya semangat bekerja atau pun meningkatkan potensi dari diri individu

Dampak Negatif

  • Maraknya produk impor (luar negeri)
  • Sikap konsumtif masyarakat
  • Ketergantungan kepada negara maju
  • Kurangnya filter terhadap semua informasi dan perilaku budaya negara lain yang masuk ke negara kita
  • Hilangnya nilai-nilai sosial dan budaya di masyarakat
  • Lapangan kerja sempit

Contoh Kliping Globalisasi

Gedung

Dari ciri-ciri dan dampak globalisasi saja, Anda sudah dapat membuat kliping globalisasi dari berbagai subtema. Berikut contoh kliping globalisasi yang dapat membantu Anda.

1. Supermarket dan Pusat Perbelanjaan Lainnya

Hampir di semua wilayah terutama kota-kota besar, memiliki supermarket, mall maupun pusat-pusat perbelanjaan dengan bentuk lain.

2. Hilangnya Nilai Sosial dan Budaya Asli Indonesia

Seiring globalisasi yang semakin terasa, semakin terkikis pula nilai-nilai sosial dan budaya pada masyarakat Indonesia. Contohnya memudarnya rasa toleransi, gotong royong, kebersamaan dan lain-lain. Termasuk juga hal yang dahulu dianggap tabu, yaitu perempuan yang bekerja.

Budaya Indonesia pun mulai luntur karena asimilasi kebudayaan dari luar negeri. Misalnya saja, musik negara lain yang lebih disukai oleh kebanyakan pemuda Indonesia. Sedangkan budayanya sendiri, seperti tarian hingga pakaian daerah, seakan tertelan masa.

3. Munculnya Kemajuan Teknologi

Pasti Anda pernah membaca di kolom/rubrik teknologi atau pada headline news, berita-berita terkait teknologi. Misalnya media sosial tertentu yang semakin memanjakan penggunanya melalui layanan atau menu-menu terbarunya. Belum lagi berita tentang hadirnya tipe/model terbaru dari merek ponsel pintar yang semakin canggih.

Apalagi, dari berbagai survei, masyarakat Indonesia masuk dalam jajaran pengguna media sosial terbanyak di dunia. Masyarakat Indonesia yang konsumtif, menjadikan telepon genggam seolah adalah kebutuhan primernya.

iklan gaji